Cara Membuat Halaman Skripsi

>Hello Sohib EditorOnline, jika kamu seorang mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir, pastinya kamu sudah sangat familiar dengan halaman skripsi. Halaman skripsi adalah salah satu bagian penting dalam penyusunan tugas akhir yang menunjukkan struktur dan isi dari skripsimu. Namun, tidak semua orang tahu betul bagaimana cara membuat halaman skripsi yang baik dan benar. Nah, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai cara membuat halaman skripsi yang tepat.

Pengertian Halaman Skripsi

Sebelum membahas mengenai cara membuat halaman skripsi, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu pengertian dari halaman skripsi itu sendiri. Halaman skripsi adalah halaman awal yang terdapat pada tugas akhir yang memberikan informasi mengenai judul tugas akhir, nama penulis, pembimbing, dan sebagainya. Halaman skripsi juga berisi penghargaan atau ucapan terima kasih dan daftar isi dari tugas akhir tersebut.

Apa Saja Yang Harus Ada di Halaman Skripsi?

Sebelum kita membahas mengenai cara membuat halaman skripsi, ada baiknya kita mengetahui apa saja yang harus ada di dalam halaman skripsi. Beberapa informasi penting yang harus ada di dalam halaman skripsi di antaranya adalah:

Informasi Penjelasan
Judul Tugas Akhir Menjelaskan topik atau masalah yang dibahas dalam tugas akhir tersebut.
Nama Penulis Menunjukkan siapa yang membuat tugas akhir tersebut.
NIM Nomor Induk Mahasiswa, menunjukkan identitas mahasiswa yang membuat tugas akhir.
Nama Pembimbing Menunjukkan dosen pembimbing yang menangani tugas akhir tersebut.
Program Studi Menunjukkan jurusan atau program studi yang diambil oleh mahasiswa.
Fakultas Menunjukkan fakultas tempat mahasiswa menempuh kuliah.
Penghargaan/Ucapan Terima Kasih Berisi rasa terima kasih kepada orang-orang yang membantu dalam menyelesaikan tugas akhir.
Daftar Isi Berisi daftar bab atau bagian-bagian utama dari tugas akhir yang dipisahkan secara sistematis.

Cara Membuat Halaman Skripsi

1. Gunakan Template

Jika kamu kesulitan dalam membuat halaman skripsi, kamu bisa menggunakan template atau contoh halaman skripsi yang sudah tersedia. Ada banyak template yang bisa kamu temukan di internet atau kamu bisa menggunakan template yang disediakan oleh universitasmu. Dengan menggunakan template, kamu bisa lebih mudah dalam mengatur format dan tampilan halaman skripsi.

2. Gunakan Format yang Sesuai

Pastikan kamu menggunakan format yang sesuai dengan aturan yang dibuat oleh universitasmu. Setiap universitas memiliki aturan yang berbeda-beda terkait format penulisan halaman skripsi. Oleh karena itu, sebelum kamu mulai menulis halaman skripsimu, pastikan kamu telah membaca dan memahami aturan-aturan yang berlaku.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Bintik Merah di Wajah Bayi

3. Gunakan Font yang Tepat

Font yang digunakan di dalam halaman skripsi juga harus dipilih dengan hati-hati. Pilihlah font yang formal dan mudah dibaca, seperti Times New Roman atau Arial dengan ukuran 12. Hindari menggunakan font yang terlalu kecil atau terlalu besar.

4. Gunakan Margin yang Sesuai

Atur margin halaman skripsimu dengan benar, sehingga dapat terlihat rapi dan mudah dibaca. Beberapa universitas memiliki aturan sendiri tentang margin, namun secara umum, margin yang digunakan adalah 2,5 cm untuk margin kiri dan atas, dan 2 cm untuk margin kanan dan bawah.

5. Atur Penomoran Halaman dengan Baik

Halaman skripsi harus diberi nomor halaman yang urut dan teratur. Nomor halaman biasanya diletakkan di bagian bawah halaman atau di bagian tengah atas. Selain itu, pastikan kamu menggunakan angka yang benar untuk nomor halaman, misalnya menggunakan angka romawi untuk halaman awalnya dan angka arab untuk halaman berikutnya.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah penting untuk membuat halaman skripsi?

Sangat penting! Halaman skripsi adalah bagian penting dari tugas akhir yang menunjukkan struktur dan isi dari skripsimu. Halaman skripsi juga berisi penghargaan atau ucapan terima kasih dan daftar isi dari tugas akhir tersebut.

2. Apakah saya harus menggunakan template dalam membuat halaman skripsi?

Tidak harus, tapi menggunakan template bisa sangat membantu dalam mengatur format dan tampilan halaman skripsi. Selain itu, template juga dapat memudahkan kamu dalam menyesuaikan dengan format yang disyaratkan oleh universitasmu.

3. Apa yang harus saya lakukan jika aturan format halaman skripsi universitasku berbeda dengan yang lain?

Pastikan kamu membaca dan memahami aturan-aturan yang berlaku di universitasmu. Jika kamu kesulitan atau tidak yakin, tanyakan kepada pembimbing atau dosen yang menangani tugas akhirmu.

4. Apa yang harus saya lakukan jika saya kesulitan dalam membuat halaman skripsi?

Jangan ragu untuk menanyakan kepada pembimbing atau dosen yang menangani tugas akhirmu. Mereka pasti akan membantu dan memberikan petunjuk yang diperlukan.

5. Apakah saya harus mengetik halaman skripsi dengan tangan atau menggunakan komputer?

Lebih disarankan untuk mengetik halaman skripsi dengan menggunakan komputer, karena akan lebih rapi dan mudah dibaca. Namun, jika kamu lebih nyaman mengetik dengan tangan, pastikan tulisanmu rapi dan jelas.

Cara Membuat Halaman Skripsi