Cara Membuat Huruf Besar di Excel

>Hello Sohib EditorOnline! Apa kabar? Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat huruf besar di Excel. Excel adalah salah satu program pengolah angka yang paling populer yang digunakan untuk mengatur dan membuat data. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara memformat teks di Excel, termasuk cara membuat huruf besar. Simaklah panduan ini untuk mempelajari cara melakukannya.

Menggunakan Fungsi UPPER

Fungsi UPPER adalah salah satu cara termudah untuk membuat huruf besar di Excel. Fungsi ini digunakan untuk mengonversi semua huruf dalam teks menjadi huruf besar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Excel yang ingin Anda format.
  2. Pilih sel atau rentang sel yang berisi teks yang ingin Anda ubah menjadi huruf besar.
  3. Ketik =UPPER(cell) pada sel baru di luar rentang sel yang dipilih. Sel ini akan menunjukkan teks yang baru dalam huruf besar.
  4. Tekan Enter pada keyboard Anda.

Selamat! Sekarang Anda tahu cara menggunakan fungsi UPPER di Excel. Namun, mungkin ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mulai menggunakannya.

Kapan harus Menggunakan Fungsi UPPER

Fungsi UPPER digunakan ketika Anda ingin mengubah teks dalam sel atau rentang sel menjadi huruf besar. Ini sangat berguna ketika teks yang Anda gunakan terdiri dari huruf kecil dan Anda ingin menyorotnya dengan format huruf besar. Namun, perlu diingat bahwa fungsi UPPER tidak memperhitungkan huruf besar atau kecil saat membandingkan teks. Jadi, jika Anda mencari nilai-nilai sel dalam rumus, metode ini mungkin tidak cocok. Sebaliknya, Anda harus menggunakan fungsi lain seperti EXACT atau LOWER.

Contoh Penggunaan Fungsi UPPER

Sebelum Sesudah
hello world HELLO WORLD
goodbye GOODBYE
1 2 3 1 2 3

Penggunaan Fungsi UPPER sangat sederhana dan mudah dipahami. Itulah mengapa ini adalah metode yang sangat populer di kalangan pengguna Excel. Sekarang, mari kita lihat cara membuat huruf besar dengan metode lain.

Menggunakan Tombol Caps Lock

Selain menggunakan fungsi Excel, cara lain untuk membuat teks menjadi huruf besar adalah dengan menggunakan tombol Caps Lock di keyboard Anda. Caps Lock adalah tombol yang berfungsi untuk mengubah semua huruf dalam teks menjadi huruf besar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih sel atau rentang sel yang berisi teks yang ingin Anda ubah menjadi huruf besar.
  2. Tekan tombol Caps Lock di keyboard Anda.

Caps Lock akan berubah menjadi aktif. Sekarang, ketik teks yang ingin Anda ubah menjadi huruf besar. Jika Anda selesai mengetik, tekan tombol Caps Lock lagi untuk menonaktifkan fungsi Caps Lock.

Meskipun penggunaan tombol Caps Lock sangat mudah, metode ini seringkali tidak efektif ketika Anda hanya ingin mengubah bagian dari teks menjadi huruf besar. Misalnya, jika teks Anda telah di-capitalize sebelumnya dan Anda hanya ingin mengubah satu bagian teks menjadi huruf besar, Anda akan membutuhkan cara lain untuk melakukannya.

Menggunakan Fungsi PROPER

Fungsi PROPER digunakan untuk mengubah setiap huruf pertama dalam kata atau frasa menjadi huruf besar. Ini sangat berguna ketika Anda ingin mengubah teks menjadi format judul, seperti di halaman depan dokumen atau laporan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Excel yang ingin Anda format.
  2. Pilih sel atau rentang sel yang berisi teks yang ingin Anda ubah menjadi huruf besar.
  3. Ketik =PROPER(cell) pada sel baru di luar rentang sel yang dipilih. Sel ini akan menunjukkan teks yang baru dalam format judul.
  4. Tekan Enter pada keyboard Anda.
TRENDING 🔥  Cara Mengatasi Permasalahan Pubertas dari Segi Sikap

Sekarang, teks di sel atau rentang sel dipilih telah diubah menjadi huruf besar untuk setiap huruf pertama dalam kata atau frasa. Meskipun fungsi PROPER sangat mudah digunakan, Anda harus memperhatikan bahwa fungsi ini tidak mengubah semua huruf dalam teks menjadi huruf besar, hanya setiap huruf pertama dalam kata atau frasa. Jika Anda ingin mengubah semua huruf dalam teks menjadi huruf besar, Anda harus menggunakan fungsi UPPER seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Menggunakan Fungsi TEXT

Fungsi TEXT berguna untuk memformat sel dengan berbagai bentuk format angka, tanggal, teks, dan waktu yang berbeda. Salah satu format yang dapat digunakan adalah untuk mengubah teks menjadi huruf besar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Excel yang ingin Anda format.
  2. Pilih sel atau rentang sel yang berisi teks yang ingin Anda ubah menjadi huruf besar.
  3. Ketik =TEXT(cell,”UPPERCASE”) pada sel baru di luar rentang sel yang dipilih. Sel ini akan menunjukkan teks yang baru dalam huruf besar.
  4. Tekan Enter pada keyboard Anda.

Sekarang, Anda telah berhasil mengubah teks menjadi huruf besar menggunakan fungsi TEXT. Selain “UPPERCASE”, fungsi ini juga mendukung banyak format lain yang dapat digunakan untuk memformat sel Anda. Ini adalah metode yang sangat berguna ketika Anda ingin memformat sel atau rentang sel dengan berbagai format yang berbeda.

Contoh Penggunaan Fungsi TEXT

Sebelum Sesudah
hello world HELLO WORLD
goodbye GOODBYE
123 123

Sekarang, Anda telah mempelajari empat metode yang berbeda untuk membuat huruf besar di Excel. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan tergantung pada situasi yang Anda hadapi, metode mana yang sebaiknya Anda gunakan. Meskipun begitu, keempat metode ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk memformat teks di Excel, terutama ketika Anda ingin membuat data Anda lebih terorganisir dan mudah dibaca.

FAQ

1. Apa itu Excel?

Excel adalah salah satu program pengolah angka yang paling populer dan umum digunakan. Program ini memungkinkan pengguna untuk mengatur dan menghitung data dengan cara yang mudah dan efisien. Excel termasuk dalam Microsoft Office Suite dan dapat diakses di banyak PC di seluruh dunia.

2. Apa itu fungsi UPPER?

Fungsi UPPER adalah sebuah fungsi di Excel yang digunakan untuk mengubah semua huruf dalam teks menjadi huruf besar. Fungsi ini sangat berguna ketika teks Anda terdiri dari huruf kecil dan Anda ingin mengubahnya menjadi huruf besar untuk menyorotnya.

3. Apa itu Tombol Caps Lock?

Tombol Caps Lock adalah tombol di keyboard yang berfungsi untuk mengubah semua huruf dalam teks menjadi huruf besar. Ketika tombol Caps Lock aktif, semua huruf yang Anda ketik akan berubah menjadi huruf besar.

4. Apakah fungsi PROPER bisa mengubah semua huruf dalam teks menjadi huruf besar?

Tidak, fungsi PROPER hanya mengubah setiap huruf pertama dalam kata atau frasa menjadi huruf besar. Jika Anda ingin mengubah semua huruf dalam teks menjadi huruf besar, Anda harus menggunakan fungsi UPPER.

5. Apa itu fungsi TEXT?

Fungsi TEXT adalah sebuah fungsi di Excel yang digunakan untuk memformat sel dengan berbagai bentuk format angka, tanggal, teks, dan waktu yang berbeda. Fungsi ini sangat berguna ketika Anda ingin memformat sel atau rentang sel dengan format khusus.

TRENDING 🔥  Cara Kerja PLTB: Memahami Listrik Tenaga Bayu Lebih Dalam

Cara Membuat Huruf Besar di Excel