Cara Membuat IG Ads

>Hello Sohib EditorOnline, jika kamu ingin memperluas jangkauan bisnis atau produkmu, Instagram Ads (IG Ads) bisa menjadi pilihan tepat. IG Ads memungkinkan kamu menampilkan iklanmu di platform Instagram yang memiliki lebih dari 1 milyar pengguna aktif setiap harinya. Namun, bagaimana cara membuat IG Ads? Berikut langkah-langkahnya.

1. Membuat Akun Bisnis di Instagram

Langkah pertama dalam membuat IG Ads adalah dengan membuat akun bisnis di Instagram. Untuk membuat akun bisnis, kamu hanya perlu mengubah akun Instagram pribadimu menjadi akun bisnis. Cara mengubahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone kamu
  2. Pilih “Edit Profile”
  3. Scroll ke bawah dan pilih “Try Instagram Business Tools”
  4. Ikuti instruksi untuk membuat akun bisnis

Setelah akun bisnismu selesai dibuat, kamu akan memiliki akses ke Instagram Ads Manager. Instagram Ads Manager adalah platform untuk mengatur kampanye iklanmu di Instagram.

2. Menentukan Tujuan Kampanye

Sebelum membuat kampanye iklanmu, kamu perlu menentukan tujuan dari kampanye tersebut. Apakah ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan jumlah pengikut, atau meningkatkan kesadaran merek? Tujuan kampanye akan mempengaruhi jenis iklan yang akan dibuat nanti.

Terdapat beberapa tujuan kampanye yang bisa dipilih di Instagram Ads Manager, antara lain:

  • Awareness: Tujuan kampanye untuk meningkatkan kesadaran merek
  • Reach: Tujuan kampanye untuk menjangkau sebanyak mungkin pengguna Instagram
  • Traffic: Tujuan kampanye untuk mengarahkan pengguna ke website atau aplikasimu
  • App installs: Tujuan kampanye untuk mendownload aplikasimu
  • Engagement: Tujuan kampanye untuk meningkatkan interaksi pengguna dengan akunmu (misalnya like, comment, atau save post)
  • Video views: Tujuan kampanye untuk meningkatkan jumlah views pada video
  • Conversions: Tujuan kampanye untuk meningkatkan penjualan atau tindakan tertentu di website atau aplikasimu

3. Memilih Jenis Iklan

Setelah menentukan tujuan kampanye, kamu perlu memilih jenis iklan yang akan dibuat. Terdapat beberapa jenis iklan yang bisa dipilih di Instagram Ads Manager, antara lain:

  1. Photo Ads: Iklan berupa foto atau gambar yang menampilkan produk atau brand
  2. Video Ads: Iklan berupa video yang menampilkan produk atau brand
  3. Carousel Ads: Iklan berupa beberapa foto atau video dalam satu slide
  4. Collection Ads: Iklan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses produkmu langsung dari Instagram
  5. Explore Ads: Iklan yang muncul di halaman Explore Instagram
  6. IGTV Ads: Iklan yang ditampilkan pada video IGTV

4. Menentukan Target Audience

Setelah memilih jenis iklan, kamu perlu menentukan target audience dari kampanye iklanmu. Target audience adalah kelompok pengguna Instagram yang ingin kamu jangkau dengan iklanmu. Target audience bisa ditentukan berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, pekerjaan, dan banyak lagi.

Untuk menentukan target audience, kamu bisa memilih “Create New” pada bagian “Audience” di Instagram Ads Manager. Setelah itu, pilih kriteria yang ingin kamu gunakan untuk menentukan target audience.

TRENDING 🔥  Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Menurut Agama Islam

5. Menentukan Anggaran dan Jadwal

Setelah menentukan target audience, kamu perlu menentukan anggaran dan jadwal untuk kampanye iklanmu. Anggaran adalah jumlah uang yang ingin kamu keluarkan untuk kampanye iklanmu, sedangkan jadwal adalah waktu mulai dan berakhirnya kampanye iklanmu.

Untuk menentukan anggaran dan jadwal, pilih “Budget & Schedule” di Instagram Ads Manager. Setelah itu, tentukan jumlah uang yang ingin kamu keluarkan dan waktu mulai dan berakhirnya kampanye iklanmu.

6. Membuat Konten Iklan

Setelah menentukan semua hal di atas, kamu perlu membuat konten iklanmu. Konten iklan yang baik harus menarik perhatian, informatif, dan sesuai dengan tujuan kampanye. Pastikan konten iklanmu sesuai dengan jenis iklan yang kamu pilih sebelumnya.

Konten iklan bisa berupa gambar, video, atau teks. Pastikan konten iklanmu tidak melanggar kebijakan Instagram dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi.

7. Memposting Kampanye Iklan

Setelah semua hal di atas selesai, kamu bisa memposting kampanye iklanmu di Instagram. Pastikan kamu memilih opsi “Publish” atau “Submit” untuk memposting kampanye iklan.

Jika kampanye iklanmu ditolak oleh Instagram, perbaiki konten iklanmu sesuai dengan feedback dari Instagram dan coba posting kembali.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya harus membuat akun bisnis untuk membuat IG Ads? Ya, kamu harus membuat akun bisnis di Instagram untuk membuat IG Ads.
Apakah saya bisa mengubah tujuan kampanye setelah membuatnya? Ya, kamu bisa mengubah tujuan kampanye setelah membuatnya di Instagram Ads Manager.
Apakah saya bisa membatalkan kampanye iklan setelah mempostingnya? Ya, kamu bisa membatalkan kampanye iklan setelah mempostingnya di Instagram Ads Manager.
Apakah saya bisa menggunakan IG Ads jika tidak punya akun Instagram? Tidak, kamu harus memiliki akun Instagram untuk menggunakan IG Ads.

Cara Membuat IG Ads