Cara Membuat Kering Tempe – Panduan Lengkap dari Sohib EditorOnline

>Salam pembaca setia Sohib EditorOnline! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat kering tempe yang enak dan gurih. Tempe merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer di Indonesia, dan kering tempe pun menjadi salah satu camilan yang paling digemari. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kering tempe sendiri di rumah, tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan panduan lengkapnya. Simak terus artikel ini ya!

Apa Itu Kering Tempe?

Sebelum kita mulai membahas cara membuat kering tempe, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu kering tempe. Kering tempe merupakan salah satu jenis camilan yang terbuat dari tempe yang dikeringkan. Proses pengeringan ini bertujuan untuk menjaga keawetan dan kualitas dari tempe sehingga dapat bertahan lebih lama. Berbeda dengan tempe biasa yang memiliki rasa yang tajam dan berbau, kering tempe memiliki rasa yang gurih dan renyah serta terasa lebih ringan di mulut.

Apa Saja Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Kering Tempe?

Sebelum kita mulai membuat kering tempe, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan-bahan Jumlah
Tempe 500 gram
Kecap manis 3 sendok makan
Cabai bubuk 1 sendok teh
Gula pasir 1 sendok makan
Tepung beras 2 sendok makan
Garam secukupnya
Air matang secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bagaimana Cara Membuat Kering Tempe?

Setelah semua bahan-bahan sudah disiapkan, kita bisa mulai membuat kering tempe. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Membuat Perendam

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat perendam untuk tempe. Caranya adalah dengan mencampurkan kecap manis, cabai bubuk, gula pasir, tepung beras, dan air matang dalam sebuah wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Tips:

Untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih, Anda bisa menambahkan bumbu lain seperti daun salam atau serai.

Langkah 2: Mengolah Tempe

Setelah perendam sudah siap, potong tempe menjadi ukuran yang diinginkan. Kemudian celupkan ke dalam perendam dan pastikan semua bagian terendam dengan baik. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit.

Tips:

Agar tempe lebih mudah meresap, sebaiknya digoreng terlebih dahulu sebelum direndam ke dalam perendam.

Langkah 3: Mengeringkan Tempe

Setelah tempe sudah direndam, kita bisa mulai mengeringkannya. Caranya adalah dengan menggoreng tempe dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, tiriskan tempe dan biarkan dingin.

TRENDING 🔥  Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain

Tips:

Untuk menghasilkan kering tempe yang lebih enak, sebaiknya digoreng dua kali dengan durasi yang berbeda.

Langkah 4: Mengemas Kering Tempe

Setelah semua tempe sudah diolah dan dikeringkan, langkah terakhir adalah mengemas kering tempe ke dalam wadah yang bersih dan kering. Sajikan kering tempe dengan cara yang Anda suka.

FAQ

1. Bagaimana Cara Menyimpan Kering Tempe?

Untuk menyimpan kering tempe, letakkan dalam wadah yang tertutup rapat dan simpan di tempat yang sejuk dan kering. Kering tempe dapat bertahan selama beberapa minggu jika disimpan dengan baik.

2. Apakah Bisa Menggunakan Tempe yang Sudah Tua?

Tidak disarankan menggunakan tempe yang sudah terlalu tua karena kualitasnya sudah menurun dan teksturnya tidak lagi renyah.

3. Bisakah Mengganti Bahan-bahan yang Digunakan?

Tentu saja. Anda dapat menyesuaikan bahan-bahan yang digunakan sesuai dengan selera masing-masing.

Itulah cara membuat kering tempe yang enak dan mudah. Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa berbagi resep ini dengan keluarga dan teman-teman ya. Terima kasih sudah membaca artikel ini, Sohib EditorOnline mengucapkan selamat mencoba!

Cara Membuat Kering Tempe – Panduan Lengkap dari Sohib EditorOnline