Cara Membuat Nugget Sayur

>Hello Sohib EditorOnline, dalam artikel ini kami akan membahas cara membuat nugget sayur yang lezat dan mudah dibuat di rumah. Nugget sayur adalah alternatif sehat dari nugget ayam yang biasa kita temukan di pasaran. Dengan bahan-bahan yang sehat, kita bisa membuat makanan ringan yang cocok untuk segala usia. Yuk, simak resepnya!

1. Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat nugget sayur, kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan Jumlah
Kentang 3 buah
Wortel 2 buah
Kacang Polong 1 cup
Selada Air 1 ikat
Tepung Terigu 3 sendok makan
Tepung Maizena 2 sendok makan
Telur Ayam 2 butir
Bawang Putih 2 siung
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Margarin 1 sendok makan

Bahan-bahan di atas dapat dengan mudah ditemukan di pasar terdekat. Pastikan bahan-bahan yang digunakan segar dan berkualitas baik untuk hasil yang maksimal.

2. Cara Membuat Nugget Sayur

2.1 Memotong dan Mencuci Bahan

Pertama-tama, cucilah semua bahan-bahan dengan bersih. Kupas kentang dan wortel, kemudian potong kecil-kecil. Cuci kacang polong dan selada air. Haluskan bawang putih dengan blender.

2.2 Merebus Kentang dan Wortel

Berikutnya, rebus kentang dan wortel hingga empuk. Setelah empuk, tiriskan dan haluskan dengan blender atau tangan. Campurkan dengan kacang polong dan selada air yang sudah dicincang halus.

2.3 Membuat Adonan Tepung Terigu

Siapkan mangkuk dan campurkan tepung terigu dan tepung maizena. Tambahkan telur, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, dan gula. Aduk hingga tercampur rata.

2.4 Menambahkan Sayuran ke Adonan Tepung

Masukkan sayuran yang sudah halus ke dalam adonan tepung tersebut. Aduk rata hingga tercampur merata. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.

2.5 Membentuk Nugget Sayur

Ambil satu sendok makan adonan sayuran, bentuk bulat pipih atau sesuai selera. Panaskan margarin di wajan. Goreng nugget sayur yang sudah dibentuk hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

3. FAQ (Frequently Asked Questions)

3.1 Apa yang membuat nugget sayur berbeda dengan nugget ayam?

Nugget sayur terbuat dari bahan-bahan yang sehat seperti kentang, wortel, kacang polong, dan selada air. Sementara nugget ayam terbuat dari daging ayam yang diolah dengan pengawet dan bahan kimia lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Memutar Uang 1 Juta

3.2 Bisakah nugget sayur dijadikan menu makan siang anak-anak?

Tentu saja! Nugget sayur adalah alternatif sehat dari nugget ayam yang biasa dikonsumsi oleh anak-anak. Bahan-bahan yang digunakan lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

3.3 Apa yang dapat dijadikan pelengkap untuk nugget sayur?

Nugget sayur dapat dijadikan pelengkap untuk nasi putih, mi instan, ataupun disantap langsung sebagai makanan ringan. Anda dapat menambahkan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap.

3.4 Berapa lama nugget sayur bisa disimpan?

Nugget sayur dapat disimpan dalam kulkas selama 3-4 hari. Jika ingin disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama, dapat disimpan di dalam freezer.

3.5 Bisakah nugget sayur diolah tanpa telur?

Bisa. Anda dapat mengganti telur dengan susu atau air untuk membentuk adonan tepung. Namun, telur berfungsi sebagai perekat untuk adonan tepung sehingga nugget menjadi padat dan tidak mudah hancur.

Demikianlah cara membuat nugget sayur yang mudah dan sehat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Cara Membuat Nugget Sayur