Cara Membuat Room Google Meet

>Selamat datang, Sohib EditorOnline! Di tengah pandemi saat ini, banyak orang beralih ke cara-cara baru untuk tetap terhubung dengan orang lain, termasuk dengan cara mengadakan rapat atau pertemuan online. Salah satu platform yang paling populer untuk melakukan ini adalah Google Meet. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat room Google Meet. Mari kita mulai!

Masuk ke Akun Google Anda

Langkah pertama untuk membuat room Google Meet adalah dengan masuk ke akun Google Anda. Pastikan Anda menggunakan akun Google yang telah terhubung ke Google Meet. Jika Anda belum memiliki akun Google, buat akun baru terlebih dahulu.

Setelah Anda masuk ke akun Google Anda, buka aplikasi Google Meet. Anda dapat menemukan aplikasi ini di menu drop-down di sudut kanan atas halaman Google. Jika Anda tidak melihat aplikasi Google Meet di sana, klik “Lebih banyak” untuk menemukannya.

Masuk ke Google Meet

Ketika Anda membuka Google Meet untuk pertama kalinya, Anda akan diminta untuk memasukkan detail akun Google Anda. Setelah Anda memasukkan detail akun Anda, klik “Masuk”. Anda akan diarahkan ke halaman “Kumpulkan” Google Meet.

Buat Room Baru

Untuk membuat room baru di Google Meet, klik tombol “Mulai Rapat Baru” di bagian bawah layar. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memberikan nama untuk room Anda. Pilihlah nama yang mudah diingat dan dapat dikenali oleh anggota rapat Anda.

Setelah Anda memberikan nama room Anda, klik “Teruskan”. Halaman baru akan muncul, menampilkan suatu kode dan tautan yang dapat digunakan untuk bergabung dengan rapat Anda.

Tentukan Pengaturan untuk Room Anda

Sebelum memulai rapat, pastikan untuk menentukan pengaturan untuk room Anda. Pengaturan ini akan memastikan bahwa rapat berjalan lancar dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengelola Bagian yang Bergabung ke Rapat Anda

Untuk mengelola bagian yang dapat bergabung ke rapat Anda, klik “Pengaturan Rapat” di bawah tajuk rapat Anda. Di sinilah Anda dapat menentukan siapa saja yang dapat bergabung ke rapat Anda. Anda dapat memilih untuk menyetujui atau menolak pengguna yang ingin bergabung, atau memilih untuk mengizinkan pengguna bergabung secara otomatis.

Merekam Rapat

Jika Anda ingin merekam rapat Anda, klik “Mulai Rekaman” di bawah tajuk rapat Anda. Rapat Anda akan direkam dan dapat diakses kembali di Google Drive Anda setelah rapat selesai. Pastikan untuk memberikan tahu semua anggota rapat bahwa rapat akan direkam dan mendapatkan persetujuan mereka sebelum memulai rekaman.

TRENDING 🔥  Cara Mengecilkan Volume Video Call WhatsApp

Mengubah Tampilan Layar

Selama rapat berlangsung, Anda dapat mengubah tampilan layar Anda. Anda dapat memilih untuk menampilkan orang yang sedang berbicara di layar utama atau menampilkan semua peserta rapat. Anda juga dapat menampilkan presentasi atau bagikan layar komputer Anda.

Mengakhiri Rapat

Setelah rapat selesai, klik “Selesaikan Rapat” untuk keluar dari rapat. Pastikan untuk menekan tombol ini setelah rapat selesai agar tidak terus merekam rapat atau memberikan akses ke orang yang tidak diinginkan.

FAQ Tentang Cara Membuat Room Google Meet

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya perlu membayar untuk menggunakan Google Meet? Tidak, Google Meet gratis untuk semua pengguna akun Google.
Berapa banyak orang yang dapat bergabung ke rapat di Google Meet? Google Meet dapat menampung hingga 250 orang dalam satu rapat, tergantung pada paket yang Anda gunakan.
Bisakah saya merekam rapat Google Meet? Ya, Anda dapat merekam rapat Google Meet dan mengaksesnya kembali di Google Drive Anda.
Apakah saya dapat mengubah pengaturan rapat setelah rapat dimulai? Ya, Anda dapat mengubah pengaturan rapat setelah rapat dimulai dengan mengklik “Pengaturan Rapat”.
Apakah saya dapat menggunakan Google Meet di ponsel saya? Ya, Anda dapat mengunduh aplikasi Google Meet di ponsel Anda dan menggunakannya untuk rapat di mana saja.

Cara Membuat Room Google Meet