Cara Membuat Spaghetti

>Hello Sohib EditorOnline! Siapa yang tak suka spaghetti? Masakan Italia yang populer ini sangat simpel dan dapat disulap menjadi hidangan yang lezat. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep spaghetti, mulai dari bahan hingga tips untuk membuat spaghetti yang sempurna.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat spaghetti adalah sebagai berikut:

Bahan Jumlah
Spaghetti kering 250 gram
Daging sapi cincang 250 gram
Bawang bombay 1 buah
Bawang putih 3 siung
Tomat kaleng 400 gram
Gula 1 sendok makan
Garam secukupnya
Lada hitam secukupnya
Keju Parmesan parut secukupnya
Minyak zaitun 2 sendok makan

Langkah 1: Mempersiapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat spaghetti. Iris tipis bawang bombay dan bawang putih, kemudian lumatkan dengan menggunakan ulekan.

Tips #1: Memilih Spaghetti

Pilih spaghetti yang berkualitas baik, karena kualitas spaghetti akan mempengaruhi hasil masakan. Jangan tergiur dengan harga yang murah, tapi kualitasnya buruk.

Langkah 2: Memasak Spaghetti

Rebus spaghetti kering dalam air mendidih dengan sedikit garam hingga matang. Setelah matang, tiriskan dan siram dengan air dingin agar spaghetti tidak lengket.

Tips #2: Memasak Spaghetti

Untuk memasak spaghetti yang sempurna, gunakan panci yang cukup besar dan air yang banyak. Spaghetti harus direbus dalam air yang mendidih dengan sedikit garam selama 8-10 menit atau hingga matang.

Langkah 3: Membuat Saus

Panaskan minyak zaitun dalam wajan, kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Tambahkan daging sapi cincang, gula, garam, dan lada hitam. Aduk rata dan masak hingga daging sapi matang.

Tips #3: Membuat Saus

Jangan terlalu banyak menggunakan minyak zaitun saat menumis. Gunakan api kecil dan aduk terus menerus agar tidak gosong.

Langkah 4: Menambahkan Tomat Kaleng

Tambahkan tomat kaleng ke dalam saus dan masak hingga mendidih. Kemudian kecilkan api dan masak hingga saus mengental.

Tips #4: Menambahkan Tomat Kaleng

Pilih tomat kaleng yang berkualitas baik untuk menghasilkan saus yang lezat. Jangan lupa untuk mencicipi saus sebelum dihidangkan dan tambahkan gula atau garam jika diperlukan.

Langkah 5: Menyajikan Spaghetti

Tuangkan saus di atas spaghetti yang telah dimasak, taburkan keju parmesan parut di atasnya, dan hidangkan spaghetti dengan sepiring salad segar sebagai pelengkap.

TRENDING 🔥  Cara Mengaktifkan Nomor yang Sudah Tidak Aktif

Tips #5: Menyajikan Spaghetti

Jangan terlalu banyak menambahkan saus ke atas spaghetti, karena akan membuatnya terlalu lembek. Gunakan keju parmesan parut yang berkualitas untuk menghasilkan rasa yang lezat.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika spaghetti lengket?

Tiriskan spaghetti dan siram dengan air dingin agar spaghetti tidak lengket.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak spaghetti?

Waktu untuk memasak spaghetti sekitar 8-10 menit atau hingga matang.

3. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat spaghetti?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat spaghetti adalah spaghetti kering, daging sapi cincang, bawang bombay, bawang putih, tomat kaleng, gula, garam, lada hitam, keju parmesan, dan minyak zaitun.

4. Bagaimana cara menyajikan spaghetti?

Tuangkan saus di atas spaghetti yang telah dimasak, taburkan keju parmesan parut di atasnya dan hidangkan spaghetti dengan sepiring salad segar sebagai pelengkap.

5. Apa yang harus dilakukan jika saus terlalu masam atau tawar?

Jangan terlalu banyak menambahkan saus ke atas spaghetti, karena akan membuatnya terlalu lembek. Gunakan keju parmesan parut yang berkualitas untuk menghasilkan rasa yang lezat.

6. Apa yang membuat spaghetti lezat?

Spaghetti akan menjadi lezat jika menggunakan bahan yang berkualitas, memasak spaghetti yang benar, dan membuat saus yang enak dan kental.

7. Berapa porsi spaghetti yang direkomendasikan untuk satu orang?

Porsi spaghetti yang direkomendasikan untuk satu orang sekitar 100-150 gram.

8. Bagaimana cara memilih spaghetti yang baik?

Pilih spaghetti yang berkualitas baik, karena kualitas spaghetti akan mempengaruhi hasil masakan. Jangan tergiur dengan harga yang murah, tapi kualitasnya buruk.

9. Apa yang harus dilakukan jika saus terlalu encer?

Untuk mengatasi saus yang terlalu encer, masak saus lebih lama hingga mengental atau tambahkan tepung terigu yang telah dicampur dengan sedikit air ke dalam saus.

10. Bisakah spaghetti diolah menjadi makanan yang lain?

Ya, spaghetti bisa diolah menjadi makanan yang lain seperti spaghetti goreng, spaghetti carbonara, dan spaghetti bolognese.

Cara Membuat Spaghetti