Cara Membuat Tanggal di Excel

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu sering mengalami masalah ketika membuat tanggal di Microsoft Excel? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini saya akan membahas cara membuat tanggal di Excel dengan mudah dan cepat. Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, dan memahami cara membuat tanggal di Excel adalah penting dalam mengelola data dan informasi. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Cara Membuat Tanggal di Excel

Sebagai seorang pengguna Excel, kamu pasti sudah familiar dengan penggunaan formula atau rumus. Untuk membuat tanggal di Excel, kamu bisa menggunakan formula berikut:

Formula Keterangan
=TODAY() Menghasilkan tanggal hari ini secara otomatis
=NOW() Menghasilkan tanggal dan waktu saat ini secara otomatis
=DATE(tahun; bulan; hari) Menghasilkan tanggal sesuai dengan input tahun, bulan, dan hari

Sangat mudah, bukan? Selanjutnya, kamu bisa memodifikasi formula tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, jika kamu ingin menampilkan tanggal sehari setelah tanggal hari ini, kamu bisa menggunakan formula =TODAY()+1. Atau jika kamu ingin menampilkan bulan dan tahun saja, kamu bisa menggunakan formula =TEXT(TODAY();”mmm-yyyy”).

Namun, terkadang kamu mungkin perlu mengetik tanggal secara manual, karena ada beberapa data yang tidak selalu dapat dihitung melalui formula. Berikut adalah cara membuat tanggal secara manual di Excel:

1.1. Cara Membuat Tanggal Manual di Excel

Langkah pertama adalah mengetik tanggal pada sel yang kamu inginkan, misalnya pada sel A1. Kemudian, kamu bisa mengubah format sel tersebut menjadi format tanggal. Caranya, klik kanan pada sel tersebut, pilih Format Cells, dan pilih kategori Date. Setelah itu, pilih format tanggal yang kamu inginkan, misalnya 31-Mar-2021 atau 31/03/2021.

Jika kamu ingin membuat rentang tanggal atau daftar tanggal yang berurutan, kamu bisa menggunakan fitur autofill di Excel. Caranya, ketik tanggal pertama pada sel yang kamu inginkan, misalnya pada sel A1. Kemudian, letakkan kursor pada pojok kanan bawah sel tersebut, dan seret ke bawah atau ke samping, sesuai dengan jumlah tanggal yang kamu inginkan. Excel akan secara otomatis menampilkan tanggal berikutnya sesuai dengan urutan yang kamu tentukan.

1.2. Cara Menghitung Selisih Tanggal di Excel

Setelah kamu berhasil membuat tanggal di Excel, kamu juga bisa menghitung selisih waktu atau tanggal di antara dua tanggal dengan mudah menggunakan formula. Berikut adalah contoh formula yang bisa kamu gunakan:

Formula Keterangan
=DATEDIF(tanggal_awal; tanggal_akhir; “jenis_unit”) Menghitung selisih waktu atau tanggal antara dua tanggal dengan jenis unit yang ditentukan (dalam hari, bulan, atau tahun)
=YEAR(tanggal) Menghasilkan tahun dari suatu tanggal
=MONTH(tanggal) Menghasilkan bulan dari suatu tanggal
=DAY(tanggal) Menghasilkan tanggal dari suatu tanggal
TRENDING 🔥  Cara Menggunakan Google Maps

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan rumus atau formula matematika lainnya untuk menghitung selisih waktu di Excel, seperti pengurangan atau penambahan tanggal secara manual.

2. FAQ (Frequently Asked Questions)

2.1. Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Program ini digunakan untuk mengelola data dan informasi, serta melakukan perhitungan matematika dasar dan lanjutan.

2.2. Apa saja fungsi Microsoft Excel?

Beberapa fungsi Microsoft Excel antara lain:

  • Mempermudah pengelolaan data dan informasi
  • Membantu dalam perhitungan matematika dan statistik
  • Membuat grafik dan chart dengan mudah
  • Menerapkan formula atau rumus untuk pengolahan data
  • Menggunakan macam-macam format, seperti format tanggal

2.3. Apakah Microsoft Excel bisa digunakan secara gratis?

Tidak, Microsoft Excel termasuk dalam paket Microsoft Office yang berbayar. Namun, tersedia juga versi trial atau percobaan untuk pengguna yang ingin mencobanya terlebih dahulu.

2.4. Apakah saya perlu belajar Microsoft Excel?

Ya, belajar Microsoft Excel sangat penting terutama jika kamu bekerja di bidang yang membutuhkan pengelolaan data dan informasi. Dengan menguasai Microsoft Excel, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga dalam mengolah data, serta meningkatkan produktivitas kerja.

2.5. Apa saja fitur-fitur Microsoft Excel yang lain?

Berikut adalah beberapa fitur Microsoft Excel yang lain:

  • Pivot Table
  • Conditional Formatting
  • Sorting dan Filtering
  • Goal Seek
  • Scenario Manager
  • Data Validation

3. Kesimpulan

Demikianlah cara membuat tanggal di Excel beserta beberapa contoh formula dan rumus yang bisa kamu gunakan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengelola data dan informasi menggunakan Microsoft Excel. Jangan lupa untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan dalam menggunakan program spreadsheet, agar lebih efektif dan efisien dalam bekerja. Terima kasih sudah membaca, Sohib EditorOnline.

Cara Membuat Tanggal di Excel