Cara Membuat Tape Ubi

>Hello Sohib EditorOnline, today we will be talking about one of Indonesia’s traditional snacks, tape ubi. Made from fermented cassava, tape ubi is a sweet and tangy treat that has been enjoyed by Indonesians for generations. In this article, we will guide you through the process of making tape ubi at home. Follow these simple steps and you’ll be munching on homemade tape ubi in no time!

Bahan-Bahan

Untuk membuat tape ubi, kita membutuhkan beberapa bahan sebagai berikut:

Bahan Jumlah
Ubi kayu 1 kg
Gula pasir 300 gr
Ragi tape 1 bungkus
Air matang secukupnya

Masak ubi hingga empuk dan angkat. Biarkan selama 2 jam hingga uapnya hilang. Setelah itu, haluskan ubi kayu dengan blender atau cobek hingga menjadi pasta yang lembut.

Fermentasi

Setelah ubi kayu dihaluskan, tambahkan gula pasir dan ragi tape ke dalam adonan ubi kayu. Aduk hingga tercampur merata. Letakkan adonan dalam wadah yang bersih dan rapatkan. Tutup dengan plastik rapat dan biarkan selama 2-3 hari.

Setelah 2-3 hari, adonan akan terlihat bergelembung dan berbau asam. Ini menunjukkan bahwa proses fermentasi telah selesai. Aduk adonan hingga merata dan letakkan dalam wadah yang bersih. Tutup kembali dengan plastik rapat dan biarkan selama 1-2 hari lagi.

Pengeringan

Setelah proses fermentasi selesai, adonan siap untuk dikeringkan. Ambil adonan dan bentuk menjadi bola-bola kecil. Letakkan bola-bola tersebut di atas kain bersih dan biarkan selama 1-2 hari hingga adonan kering dan berubah warna.

Penyimpanan

Setelah adonan kering, tape ubi dapat disimpan dalam wadah yang bersih dan kering. Taruh dalam kulkas dan konsumsi dalam waktu 1-2 minggu.

FAQ

Q: Berapa lama proses fermentasi?

A: Proses fermentasi memakan waktu sekitar 2-3 hari.

Q: Apa yang harus dilakukan jika adonan tidak bergelembung setelah 2-3 hari?

A: Kemungkinan besar, adonan tidak cukup dikeringkan sebelum ditambahkan ragi tape. Pastikan ubi kayu sudah dikukus hingga benar-benar kering sebelum dihaluskan.

Q: Apa yang harus dilakukan jika tape ubi terlalu asam?

A: Untuk mengurangi rasa asam, tambahkan gula pasir ke dalam adonan saat proses fermentasi.

TRENDING 🔥  Cara Menjadikan Foto Menjadi PDF

Q: Bisakah tape ubi disimpan dalam suhu ruang?

A: Tidak disarankan. Tape ubi sebaiknya disimpan dalam kulkas untuk menjaga kelembabannya.

Q: Apa yang harus dilakukan jika tape ubi berjamur?

A: Jangan makan tape ubi yang berjamur. Buang dan jangan disimpan bersama tape ubi yang lain.

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat tape ubi yang enak dan sehat. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk berbagi resep ini dengan teman-temanmu ya!

Cara Membuat Tape Ubi