Cara Membuat Tinjauan Pustaka

>Hello Sohib EditorOnline, saat ini tinjauan pustaka merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah penelitian. Tinjauan pustaka yang baik dapat memberikan informasi yang akurat dan relevan untuk mendukung penelitian yang sedang dilakukan. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai cara membuat tinjauan pustaka yang efektif dan efisien. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis literatur atau sumber informasi lainnya yang relevan dengan topik penelitian yang sedang dilakukan. Tinjauan pustaka dilakukan dengan tujuan untuk memahami perkembangan dan kondisi terkini dari topik penelitian yang akan dilakukan.

Tinjauan pustaka juga dapat membantu peneliti dalam mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan yang mungkin ditemukan dalam penelitian sebelumnya, sehingga dapat ditingkatkan pada penelitian yang baru. Tinjauan pustaka juga dapat membantu peneliti dalam menentukan metodologi penelitian yang tepat dan memilih instrumen penelitian yang efektif.

Langkah-langkah Cara Membuat Tinjauan Pustaka

1. Menentukan Topik Penelitian

Langkah pertama dalam membuat tinjauan pustaka adalah menentukan topik penelitian yang ingin diambil. Hal ini sangat penting karena topik yang tepat akan memudahkan dalam pencarian sumber informasi yang relevan dan akurat.

Penentuan topik penelitian dapat dilakukan dengan melakukan brainstorming atau diskusi dengan rekan peneliti. Pastikan topik yang dipilih memiliki kejelasan, kesesuaian dengan minat dan kemampuan peneliti, serta kebaruan atau kontribusi terhadap pengetahuan yang sudah ada.

2. Mencari Sumber Informasi

Setelah menentukan topik penelitian, langkah selanjutnya adalah mencari sumber informasi. Sumber informasi dapat ditemukan dari berbagai media seperti jurnal akademik, buku, artikel, tesis, dan lain-lain.

Pencarian sumber informasi dapat dilakukan dengan menggunakan mesin pencari seperti Google Scholar, PubMed, atau ProQuest. Pastikan sumber informasi yang dipilih berkaitan erat dengan topik penelitian yang sedang dilakukan, memiliki kualitas yang baik, dan diterbitkan oleh publikasi yang terpercaya.

3. Menyeleksi dan Mengkaji Sumber Informasi

Setelah menemukan sumber informasi, langkah selanjutnya adalah menyeleksi dan mengkaji sumber informasi tersebut. Hal ini dilakukan untuk memilih sumber informasi yang relevan dan berkualitas dengan penelitian yang sedang dilakukan.

Penyeleksian sumber informasi dapat dilakukan dengan melihat abstrak atau ringkasan dari artikel atau buku tersebut. Pastikan sumber informasi tersebut memiliki konten yang sesuai dengan topik penelitian. Selanjutnya, lakukan pengkajian pada konten dari sumber informasi dengan cara membaca secara akurat dan teliti, serta mencatat setiap informasi yang relevan untuk penelitian.

4. Menulis dan Menyusun Tinjauan Pustaka

Setelah menganalisis sumber informasi, langkah selanjutnya adalah menulis dan menyusun tinjauan pustaka. Dalam menulis tinjauan pustaka, pastikan penulisan dilakukan dengan gaya bahasa yang baik dan mudah dipahami serta dengan menggunakan kalimat yang singkat dan jelas.

TRENDING 🔥  Cara Mengobati Kurap yang Sudah Parah

Adapun cara penyusunan tinjauan pustaka dapat dilakukan dengan membaginya menjadi beberapa bagian seperti latar belakang penelitian, masalah penelitian, kerangka konseptual, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan.

FAQ Mengenai Tinjauan Pustaka

1. Apa fungsi dari tinjauan pustaka?

Jawab: Tinjauan pustaka memiliki fungsi untuk memberikan informasi yang akurat dan relevan dalam mendukung penelitian yang sedang dilakukan. Tinjauan pustaka juga dapat membantu peneliti dalam mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan yang mungkin ditemukan dalam penelitian sebelumnya, sehingga dapat ditingkatkan pada penelitian yang baru.

2. Apa saja sumber informasi yang dapat digunakan untuk membuat tinjauan pustaka?

Jawab: Sumber informasi yang dapat digunakan untuk membuat tinjauan pustaka meliputi jurnal akademik, buku, artikel, tesis, dan lain-lain.

3. Bagaimana cara menyeleksi sumber informasi untuk tinjauan pustaka?

Jawab: Untuk menyeleksi sumber informasi, pastikan sumber informasi yang dipilih berkaitan erat dengan topik penelitian yang sedang dilakukan, memiliki kualitas yang baik, dan diterbitkan oleh publikasi yang terpercaya. Penyeleksian sumber informasi dapat dilakukan dengan melihat abstrak atau ringkasan dari artikel atau buku tersebut, serta melakukan pengkajian pada konten dari sumber informasi dengan cara membaca secara akurat dan teliti, serta mencatat setiap informasi yang relevan untuk penelitian.

4. Apa saja bagian-bagian dalam tinjauan pustaka?

Jawab: Bagian-bagian dalam tinjauan pustaka meliputi latar belakang penelitian, masalah penelitian, kerangka konseptual, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan.

5. Apa tips membuat tinjauan pustaka yang efektif?

Jawab: Beberapa tips membuat tinjauan pustaka yang efektif antara lain adalah menentukan topik penelitian yang tepat, mencari sumber informasi yang relevan dan berkualitas, menyeleksi dan mengkaji sumber informasi dengan teliti, serta menulis dan menyusun tinjauan pustaka dengan gaya bahasa yang baik dan mudah dipahami.

Contoh Tinjauan Pustaka

Berikut ini adalah contoh tinjauan pustaka tentang penelitian mengenai pengaruh pemanasan global pada keberadaan ikan di perairan laut.

No Sumber Informasi Konten
1 Jurnal Kelautan Menjelaskan dampak pemanasan global yang menyebabkan suhu laut meningkat dan mengakibatkan kehilangan habitat bagi ikan tertentu.
2 Buku Teknologi Kelautan Menjelaskan pengaruh pemanasan global pada lingkungan laut dan dampaknya terhadap keberadaan ikan.
3 Tesis S2 Biologi Kelautan Menganalisis pengaruh pemanasan global pada spesies ikan tertentu berdasarkan data observasi.

Dari hasil tinjauan pustaka tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemanasan global memiliki pengaruh signifikan terhadap keberadaan ikan di perairan laut. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai upaya mitigasi dan adaptasi terhadap dampak pemanasan global pada keberadaan ikan di perairan laut.

Cara Membuat Tinjauan Pustaka