Cara Membuat Wajik Ketan

>Selamat datang Sohib EditorOnline! Apakah kamu mencari cara membuat wajik ketan yang lezat dan mudah? Kamu datang ke tempat yang tepat! Wajik ketan adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan yang manis, lengket, dan nikmat. Di artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat wajik ketan yang sempurna. Yuk, simak!

Bahan-bahan

Sebelum memulai proses membuat wajik ketan, pastikan kamu memiliki seluruh bahan-bahan berikut:

Bahan Jumlah
Ketan putih 500 gr
Gula merah 300 gr
Santan 500 ml
Garam 1 sdt
Pandan 2 lembar

Kamu dapat membeli semua bahan di pasar tradisional atau di toko bahan makanan terdekat di daerahmu. Pastikan bahan-bahan segar dan berkualitas untuk hasil yang maksimal.

Langkah 1: Mencuci dan Merendam Ketan

Langkah pertama dalam membuat wajik ketan adalah mencuci ketan dengan air bersih. Setelah itu, rendam ketan dalam air selama 2 jam hingga empuk. Setelah ketan empuk, tiriskan airnya dan diamkan ketan selama 30 menit.

FAQ:

Apakah saya bisa menggunakan ketan hitam?

Tentu saja! Kamu bisa menggunakan ketan hitam untuk membuat wajik ketan yang lebih unik dan cantik. Namun, perlu diingat bahwa rasa dan tekstur ketan hitam sedikit berbeda dengan ketan putih.

Langkah 2: Membuat Kuah Gula Merah

Setelah ketan direndam, saatnya membuat kuah gula merah. Pertama-tama, potong gula merah menjadi kecil-kecil dan masukkan ke dalam panci. Tambahkan santan, garam, dan daun pandan ke dalam panci. Panaskan panci dan aduk-aduk hingga gula merah larut dan santan tercampur rata. Setelah itu, angkat dan saring kuah gula merah agar tidak ada gumpalan gula merah yang tersisa.

Langkah 3: Mencampurkan Ketan dan Kuah Gula Merah

Langkah terakhir adalah mencampurkan ketan dan kuah gula merah. Campur ketan dengan kuah gula merah dan aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, masukkan campuran ketan dan kuah gula merah ke dalam wadah yang telah dioles minyak. Ratakan permukaannya dan diamkan selama beberapa jam atau hingga mengeras.

FAQ:

Apakah saya harus menggunakan minyak saat mencetak wajik?

Ya, minyak di gunakan agar wajik tidak lengket pada cetakan serta memudahkan ketika mencetak atau memotong.

Penyajian

Setelah wajik mengeras, potong wajik menjadi bentuk kecil-kecil sesuai selera. Wajik ketan siap untuk disajikan!

FAQ:

Berapa lama wajik ketan bisa disimpan?

TRENDING 🔥  Cara Membersihkan Sampah di HP Oppo

Wajik ketan bisa disimpan dalam lemari es selama 1 minggu. Simpan dalam wadah kedap udara agar tidak mudah basi atau terkontaminasi dengan bakteri.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat wajik ketan yang lezat dan mudah. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dan menikmatinya bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan ragu untuk memberikan komentar atau pertanyaan di bawah ini.

Cara Membuat Wajik Ketan