Cara Membuat Website Jualan

>Halo Sohib EditorOnline, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat website jualan. Terutama di masa pandemi seperti ini, bisnis online semakin menjadi-jadi dan semakin banyak orang yang ingin memulai bisnis online nya sendiri. Beberapa dari mereka mungkin merasa kesulitan atau belum mengetahui cara membuat website jualan yang baik dan benar. Oleh karena itu, kami akan memberikan panduan lengkap untuk membuat website jualan mulai dari awal hingga dapat diakses oleh konsumen.

Persiapan

Sebelum mulai membuat website jualan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis produk yang akan dijual dan siapa target market dari produk tersebut. Apakah produk yang dijual berupa fashion, makanan, atau barang elektronik? Apakah target market nya pada kalangan remaja atau dewasa? Setelah menentukan jenis produk dan target market, maka tahap selanjutnya adalah memilih platform untuk membuat website jualan yang tepat.

Memilih Platform

Ada beberapa platform yang dapat digunakan untuk membuat website jualan seperti WordPress, Shopify, Magento, dan lain-lain. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Namun untuk pemula, kami sarankan untuk menggunakan platform WordPress karena lebih mudah digunakan dan gratis. Selain itu, WordPress juga memiliki banyak plugin dan tema yang dapat membantu mempercantik website anda.

Mendapatkan Domain dan Hosting

Setelah memilih platform yang tepat, maka tahap selanjutnya adalah mendapatkan domain dan hosting. Domain adalah alamat website anda seperti namawebsite.com sedangkan hosting adalah tempat untuk menyimpan data website anda. Beberapa platform seperti WordPress dan Shopify menyediakan domain dan hosting gratis, namun jika ingin website lebih profesional maka dianjurkan untuk membeli domain dan hosting sendiri.

Memilih Tema

Setelah mendapatkan domain dan hosting, tahap selanjutnya adalah memilih tema yang sesuai dengan jenis produk dan target market. Tema yang dipilih harus mudah untuk digunakan serta mobile-friendly untuk memudahkan pengunjung mengakses website dari perangkat mobile mereka. Ada banyak pilihan tema gratis dan berbayar yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Menambahkan Fitur-Fitur Penting

Setelah memilih tema yang tepat, maka tahap selanjutnya adalah menambahkan fitur-fitur penting pada website anda seperti form kontak, keranjang belanja, dan checkout. Fitur-fitur tersebut sangat penting untuk memudahkan konsumen melakukan transaksi pada website anda. Ada banyak plugin gratis dan berbayar yang dapat digunakan untuk menambahkan fitur-fitur tersebut pada website anda.

Mengunggah Produk

Setelah menambahkan fitur-fitur penting, tahap selanjutnya adalah mengunggah produk yang akan dijual pada website anda. Pastikan untuk memberikan deskripsi dan gambar yang jelas dan menarik untuk setiap produk yang diunggah. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan harga yang sesuai dengan produk yang dijual. Ada banyak plugin yang dapat digunakan untuk memudahkan anda mengunggah produk pada website anda.

Promosi

Setelah membuat dan mengunggah produk pada website jualan, tahap selanjutnya adalah melakukan promosi agar website anda dikenal dan dikunjungi oleh banyak orang. Berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan promosi pada website jualan anda.

TRENDING 🔥  Cara Mengaji: Panduan Lengkap untuk Pemula

Menggunakan Media Sosial

Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter dapat digunakan untuk mempromosikan website jualan anda. Buatlah akun media sosial yang terpisah untuk bisnis anda dan promosikan produk anda secara rutin melalui media sosial tersebut. Selain itu, anda juga dapat bekerja sama dengan influencer atau selebgram untuk mempromosikan produk anda pada akun media sosial mereka.

SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah teknik untuk meningkatkan posisi website anda pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Dengan SEO, website anda dapat lebih mudah ditemukan oleh konsumen. Beberapa teknik SEO yang dapat digunakan antara lain menggunakan kata kunci yang relevan pada setiap konten yang diunggah, memperbaiki kecepatan website, dan membuat backlink dari website lain.

Iklan Online

Iklan online dapat digunakan untuk mempromosikan website jualan anda pada platform seperti Google Ads dan Facebook Ads. Dengan iklan online, website anda dapat lebih mudah diketahui oleh konsumen potensial.

Beriklan di Media Cetak dan Elektronik

Jika ingin target market nya lebih luas, anda juga dapat beriklan di media cetak dan elektronik seperti koran, majalah, atau televisi. Namun, biaya beriklan di media-media tersebut biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan beriklan online.

FAQ

Apa itu website jualan?

Website jualan adalah website yang digunakan untuk menjual produk secara online.

Platform apa yang dapat digunakan untuk membuat website jualan?

Beberapa platform yang dapat digunakan untuk membuat website jualan antara lain WordPress, Shopify, dan Magento.

Apa yang harus dilakukan sebelum membuat website jualan?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis produk yang akan dijual dan siapa target market dari produk tersebut.

Apa yang harus diketahui sebelum mengunggah produk pada website jualan?

Sebelum mengunggah produk pada website jualan, pastikan untuk memberikan deskripsi dan gambar yang jelas dan menarik untuk setiap produk yang diunggah. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan harga yang sesuai dengan produk yang dijual.

Bagaimana cara mempromosikan website jualan?

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan website jualan antara lain menggunakan media sosial, SEO (Search Engine Optimization), iklan online, dan beriklan di media cetak dan elektronik.

Apa itu backlink?

Backlink adalah tautan dari website lain yang mengarah pada website anda. Backlink dapat membantu meningkatkan posisi website anda pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Kesimpulan

Itulah tadi panduan lengkap untuk membuat website jualan mulai dari awal hingga dapat diakses oleh konsumen. Menggunakan website jualan dapat membantu meningkatkan penjualan produk anda dan memperluas target market nya. Selain itu, beberapa cara promosi yang sudah kami jelaskan di atas dapat membantu website jualan anda lebih dikenal dan dikunjungi oleh banyak orang. Semoga panduan ini bermanfaat untuk anda yang ingin memulai bisnis online nya sendiri!

Cara Membuat Website Jualan