Cara Membuka Chat WA yang Sudah Dihapus

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu pernah menghapus chat penting di WhatsApp dan merasa kesulitan untuk mengembalikannya? Tenang saja, kamu tidak sendiri. Banyak pengguna WhatsApp yang mengalami hal serupa dan beruntungnya ada cara untuk mengakalinya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuka chat WA yang sudah dihapus.

1. Apa yang Dimaksud dengan Chat WA yang Sudah Dihapus?

Sebelum kita membahas cara mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus, kita harus memastikan bahwa kita memahami apa yang dimaksud dengan chat WA yang sudah dihapus. Saat kamu menghapus chat di WhatsApp, chat tersebut akan hilang dari layar obrolan. Namun, chat tersebut masih tersimpan di penyimpanan WhatsApp di ponselmu.

Jadi, ketika kamu menghapus chat, kamu tidak benar-benar menghapusnya. Chat tersebut hanya disembunyikan dari layar obrolan. Namun, kamu masih dapat mengembalikan chat tersebut.

2. Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus

Kami akan memberikan dua cara untuk mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus. Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur cadangan WhatsApp dan cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi recovery.

2.1. Menggunakan Fitur Cadangan WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur cadangan otomatis yang memungkinkan kamu mengembalikan chat yang sudah dihapus. Fitur ini akan membuat cadangan chat kamu setiap hari dan menyimpannya di Google Drive atau penyimpanan internal ponsel kamu.

Untuk mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Keterangan
1 Buka WhatsApp dan masuk ke Pengaturan.
2 Pilih Pengaturan Chat.
3 Pilih Cadangan Chat.
4 Ketuk Cadangan Sekarang.
5 Tunggu hingga proses cadangan selesai.
6 Setelah selesai, hapus WhatsApp dan instal ulang aplikasi tersebut.
7 Buka WhatsApp dan masuk ke menu Verifikasi Nomor.
8 Setelah nomor kamu diverifikasi, WhatsApp akan menampilkan layar untuk mengembalikan chat dari cadangan. Pilih Pulihkan untuk mengembalikan chat yang sudah dihapus.

Dengan cara ini, kamu dapat mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus dengan mudah. Namun, kamu harus memastikan bahwa cadangan chat kamu sudah dibuat sebelum kamu menghapus chat tersebut.

2.2. Menggunakan Aplikasi Recovery

Cara kedua untuk mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus adalah dengan menggunakan aplikasi recovery. Aplikasi recovery adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk mengembalikan data yang sudah dihapus dari ponselmu.

Ada banyak aplikasi recovery yang tersedia di Google Play Store, seperti DiskDigger, EaseUS MobiSaver, atau Dr.Fone. Namun, kami merekomendasikan menggunakan DiskDigger karena aplikasi ini mudah digunakan dan gratis.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan DiskDigger untuk mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus:

Langkah Keterangan
1 Unduh dan instal DiskDigger di ponselmu.
2 Buka DiskDigger dan pilih penyimpanan internal atau kartu SD ponselmu.
3 Pilih Jenis File yang akan dicari (misalnya, JPG, MP4, atau DOC).
4 Tunggu hingga DiskDigger menyelesaikan pemindaian.
5 Cari file chat_history.db di hasil pemindaian DiskDigger. File ini berisi chat WhatsApp yang sudah dihapus.
6 Salin file chat_history.db ke penyimpanan ponsel atau ke komputermu.
7 Unduh dan instal aplikasi DB Browser for SQLite di ponsel atau komputermu.
8 Buka aplikasi DB Browser for SQLite dan pilih Open Database.
9 Pilih file chat_history.db yang sudah kamu salin.
10 Buka tabel pesan dan cari chat yang ingin kamu pulihkan.
TRENDING 🔥  Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta

Dengan cara ini, kamu dapat mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus menggunakan aplikasi recovery. Namun, kamu harus memperhatikan bahwa menggunakan aplikasi recovery dapat memakan waktu dan beberapa aplikasi recovery mungkin tidak dapat mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus.

3. Pertanyaan Umum tentang Cara Membuka Chat WA yang Sudah Dihapus

3.1. Apakah Saya Dapat Mengembalikan Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus Tanpa Cadangan?

Tidak. Jika kamu tidak memiliki cadangan chat WhatsApp, kamu tidak akan dapat mengembalikan chat yang sudah dihapus. Oleh karena itu, penting untuk selalu membuat cadangan chat WhatsApp secara teratur.

3.2. Apakah Saya Harus Menggunakan Aplikasi Recovery untuk Mengembalikan Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus?

Tidak. Jika kamu telah membuat cadangan chat WhatsApp, maka kamu dapat mengembalikan chat yang sudah dihapus dengan menggunakan fitur cadangan WhatsApp. Namun, jika kamu tidak memiliki cadangan chat atau cadangan chat tidak berhasil mengembalikan chat yang sudah dihapus, kamu dapat menggunakan aplikasi recovery sebagai alternatif.

3.3. Apakah Aplikasi Recovery Aman Digunakan?

Ya. Aplikasi recovery umumnya aman digunakan, tetapi kamu harus memperhatikan bahwa menggunakan aplikasi recovery dapat membahayakan privasi data ponselmu. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya mengunduh aplikasi recovery dari sumber yang terpercaya.

3.4. Apakah Saya Dapat Mengembalikan Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus Jika Saya Telah Menghapus Akun WhatsApp Saya?

Tidak. Jika kamu telah menghapus akun WhatsAppmu, maka kamu tidak akan dapat mengembalikan chat yang sudah dihapus dari ponselmu. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kamu telah membuat cadangan chat WhatsApp sebelum menghapus akunmu.

3.5. Apakah Saya Dapat Mengembalikan Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus Jika Saya Telah Mengganti Nomor Telepon Saya?

Ya. Jika kamu telah mengganti nomor teleponmu, tetapi kamu masih menggunakan ponsel yang sama dan nomor teleponmu masih terdaftar di WhatsApp, maka kamu masih dapat mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus.

Penutup

Itulah cara membuka chat WA yang sudah dihapus. Ada dua cara untuk mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus: menggunakan fitur cadangan WhatsApp dan menggunakan aplikasi recovery. Pastikan kamu selalu membuat cadangan chat secara teratur untuk menghindari kehilangan chat penting.

Cara Membuka Chat WA yang Sudah Dihapus