Cara Memindah Kontak ke HP Baru

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kamu baru saja membeli HP baru dan ingin memindahkan kontakmu dari HP lama ke HP baru? Jangan khawatir, dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara yang bisa kamu lakukan. Simak terus ya!

1. Backup Kontak di HP Lama

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membackup kontak di HP lama. Dengan begitu, kontakmu tetap aman dan tidak hilang. Ada beberapa cara untuk backup kontak di HP lama, di antaranya:

1. Melalui Akun Google

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan membackup kontakmu melalui akun Google. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu:

Langkah-langkah Keterangan
Buka aplikasi Kontak di HP lama
Pilih opsi Import/Export
Pilih Export to storage
Pilih Akun Google kamu
Klik OK

Dengan begitu, kontakmu akan otomatis tersimpan di akun Google kamu dan siap untuk dipindahkan ke HP baru.

2. Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Selain melalui akun Google, kamu juga bisa backup kontakmu melalui aplikasi pihak ketiga seperti My Contacts Backup, Super Backup & Restore, dan sebagainya. Aplikasi tersebut dapat kamu unduh di Google Play Store dan cukup mudah digunakan. Setelah itu, kamu bisa mengirimkan filenya ke emailmu sebagai cadangan.

2. Sinkronisasi Kontak ke HP Baru

Setelah kamu membackup kontak di HP lama, selanjutnya adalah memindahkannya ke HP baru. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Sinkronisasi Melalui Akun Google

Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan sinkronisasi kontak melalui akun Google yang sama dengan HP lama. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah-langkah Keterangan
Buka aplikasi Kontak di HP baru
Pilih opsi Import/Export
Pilih Import from storage
Pilih Akun Google kamu
Klik OK

Dengan begitu, kontakmu akan otomatis masuk ke HP baru kamu.

2. Melalui Bluetooth

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memindahkan kontak melalui Bluetooth. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu:

Langkah-langkah Keterangan
Buka aplikasi Kontak di HP lama
Pilih opsi Share
Pilih opsi Bluetooth
Buka aplikasi Kontak di HP baru
Pilih opsi Receive via Bluetooth
Setujui permintaan pairing
Pilih kontak yang akan dipindahkan
Klik OK

Dengan begitu, kontakmu akan terkirim melalui Bluetooth dan masuk ke HP baru kamu.

TRENDING 🔥  Cara Mensucikan Diri Setelah Minum Alkohol

FAQ

1. Bagaimana jika HP lama dan HP baru menggunakan sistem operasi yang berbeda?

Jika HP lama dan HP baru menggunakan sistem operasi yang berbeda, kamu bisa backup kontakmu melalui akun Google atau aplikasi pihak ketiga seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Setelah itu, kamu bisa sinkronisasi kontak melalui akun Google di HP baru.

2. Apa yang harus dilakukan jika ada kontak yang tidak bisa dipindahkan?

Jika ada kontak yang tidak bisa dipindahkan, kemungkinan besar kontak tersebut tersimpan di memori internal HP lama atau di kartu SIM. Kamu bisa coba backup kontakmu melalui dua cara ini, kemudian masukkan memori internal atau kartu SIM ke HP baru dan lakukan sinkronisasi.

3. Apakah perlu membackup kontak secara teratur?

Ya, sangat disarankan untuk membackup kontak secara teratur agar data kontakmu tetap aman dan tidak hilang. Kamu bisa membackupnya ke akun Google atau aplikasi pihak ketiga seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

4. Apakah ada batas jumlah kontak yang bisa dipindahkan?

Tidak ada batas jumlah kontak yang bisa dipindahkan, namun perlu diingat bahwa semakin banyak kontak yang dipindahkan, semakin lama proses sinkronisasinya. Oleh karena itu, pastikan koneksi internetmu stabil dan HP baru kamu memiliki kapasitas yang cukup.

5. Apakah perlu menggunakan aplikasi khusus untuk memindahkan kontak?

Tidak perlu, karena HP sudah menyediakan aplikasi Kontak yang bisa digunakan untuk memindahkan kontakmu dari HP lama ke HP baru. Namun, jika kamu merasa kesulitan atau ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu bisa melakukannya.

Cara Memindah Kontak ke HP Baru