Cara Meminta EFIN Online

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah Anda seorang wajib pajak yang ingin meminta EFIN secara online? Jika iya, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan EFIN secara online dengan mudah.

Apa itu EFIN?

EFIN adalah akronim dari Electronic Filing Identification Number yang merupakan nomor identitas yang diberikan kepada wajib pajak yang ingin melakukan e-filing. E-filing adalah proses pengajuan laporan pajak secara elektronik. EFIN diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan digunakan sebagai tanda bahwa wajib pajak dapat melakukan e-filing.

1. Mendaftar di situs DJP Online

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar di situs DJP Online. Pastikan Anda telah memiliki NPWP dan data pribadi yang lengkap. Jika Anda belum memiliki NPWP, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai wajib pajak.

Pada halaman awal situs DJP Online, klik tombol “Daftar” untuk melakukan pendaftaran. Isi formulir pendaftaran yang disediakan secara lengkap dengan data pribadi Anda. Pastikan data yang Anda masukkan benar dan valid.

Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran, klik “Submit” untuk mengirimkan permohonan pendaftaran. Anda akan menerima email dari DJP yang berisi nomor registrasi Anda. Simpan nomor ini dengan baik karena nomor ini akan digunakan untuk proses selanjutnya.

2. Login ke aplikasi e-Filing

Setelah memiliki nomor registrasi, buka situs DJP Online dan klik tombol “Login”. Masukkan nomor registrasi dan kata sandi yang telah Anda buat saat pendaftaran. Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman aplikasi e-Filing.

3. Mengisi formulir permohonan EFIN

Di aplikasi e-Filing, pilih menu “Permohonan EFIN” di bagian atas halaman. Isi formulir permohonan yang disediakan secara lengkap dengan data pribadi dan informasi mengenai NPWP Anda. Pastikan data yang Anda masukkan benar dan valid.

Setelah selesai mengisi formulir permohonan, klik “Simpan” untuk menyimpan data dan “Kirim Permohonan” untuk mengirimkan permohonan EFIN Anda. Permohonan akan diproses oleh DJP dan Anda akan menerima email dari DJP yang berisi nomor EFIN Anda jika permohonan Anda disetujui.

4. Memperbarui EFIN

EFIN memiliki masa berlaku yang terbatas. Oleh karena itu, Anda perlu memperbarui EFIN Anda secara berkala. Untuk memperbarui EFIN, buka aplikasi e-Filing dan pilih menu “Perbarui EFIN”. Isi formulir permohonan yang disediakan secara lengkap dan kirimkan permohonan perbaruan EFIN Anda. DJP akan memproses permohonan Anda dan Anda akan menerima email dari DJP yang berisi nomor EFIN baru Anda jika permohonan disetujui.

TRENDING 🔥  Cara Keluar dari Safe Mode Windows 10

Tips dan FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah wajib pajak perlu memiliki EFIN? Ya, wajib pajak yang ingin melakukan e-filing wajib memiliki EFIN. E-filing adalah proses pengajuan laporan pajak secara elektronik yang memudahkan wajib pajak dalam mengajukan laporan pajak.
Berapa lama proses pendaftaran EFIN? Proses pendaftaran EFIN biasanya memakan waktu 1-2 minggu tergantung dari proses verifikasi data yang dilakukan DJP.
Berapa lama masa berlaku EFIN? Masa berlaku EFIN adalah 5 tahun.
Bagaimana cara memperbarui EFIN? Untuk memperbarui EFIN, buka aplikasi e-Filing dan pilih menu “Perbarui EFIN”. Isi formulir permohonan yang disediakan secara lengkap dan kirimkan permohonan perbaruan EFIN Anda. DJP akan memproses permohonan Anda dan Anda akan menerima email dari DJP yang berisi nomor EFIN baru Anda jika permohonan disetujui.

Cara Meminta EFIN Online