Cara Memperkecil Ukuran PDF di Laptop

>Hello Sohib EditorOnline, jika kamu sering bekerja dengan file PDF, pasti kamu tahu bagaimana sulitnya saat file PDF yang kamu miliki terlalu besar. Saat kamu ingin mengirim file tersebut melalui email, terkadang file tersebut terlalu besar sehingga menghambatmu dalam mengirim file. Namun, jangan khawatir karena kali ini kita akan membahas tentang cara memperkecil ukuran PDF di laptop. Simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian PDF

Sebelum membahas tentang cara memperkecil ukuran PDF di laptop, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu file PDF. PDF atau Portable Document Format adalah format file yang sering digunakan untuk menyimpan dokumen yang berisi teks, gambar, dan grafik. Format file ini bisa dibuka melalui aplikasi Adobe Reader atau aplikasi PDF Reader lainnya. Namun, file PDF yang terlalu besar bisa menyulitkanmu dalam mengirim file tersebut. Berikut ini adalah cara memperkecil ukuran PDF di laptop.

Cara Memperkecil Ukuran PDF dengan Adobe Acrobat

Adobe Acrobat merupakan software yang sering digunakan untuk membuat dan mengedit file PDF. Software ini juga memiliki fitur untuk memperkecil ukuran file PDF. Berikut ini adalah cara memperkecil ukuran PDF dengan Adobe Acrobat.

Menghapus Halaman yang Tidak Dibutuhkan

Pertama, kamu bisa menghapus halaman pada file PDF yang tidak dibutuhkan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka file PDF yang ingin kamu edit di Adobe Acrobat, kemudian pilih menu “Tools” dan pilih “Organize Pages”. Selanjutnya, pilih halaman pada file PDF yang ingin kamu hapus dan klik “Delete”. Setelah itu, jangan lupa untuk menyimpan file PDF tersebut.

Langkah Keterangan
1 Membuka file PDF yang ingin di edit
2 Pilih menu “Tools” dan pilih “Organize Pages”
3 Pilih halaman pada file PDF yang ingin dihapus dan klik “Delete”
4 Simpan file PDF

Mengganti Kualitas Gambar

Selain menghapus halaman pada file PDF, kamu juga bisa mengganti kualitas gambar pada file PDF tersebut. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu membuka file PDF yang ingin kamu edit di Adobe Acrobat, kemudian pilih menu “Tools” dan pilih “Optimize PDF”. Selanjutnya, pilih “Screen” pada opsi “PDF Optimizer Settings” dan klik “OK”. Setelah itu, jangan lupa untuk menyimpan file PDF tersebut.

Langkah Keterangan
1 Membuka file PDF yang ingin di edit
2 Pilih menu “Tools” dan pilih “Optimize PDF”
3 Pilih “Screen” pada opsi “PDF Optimizer Settings” dan klik “OK”
4 Simpan file PDF

Mengubah Format Font

Jika file PDF yang kamu miliki terlalu besar karena penggunaan font yang berlebihan, kamu bisa mengubah format font pada file PDF tersebut. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu membuka file PDF yang ingin kamu edit di Adobe Acrobat, kemudian pilih menu “Tools” dan pilih “Edit PDF”. Selanjutnya, pilih font yang ingin kamu ubah dan klik “Replace”. Setelah itu, pilih font yang baru dan klik “OK”. Jangan lupa untuk menyimpan file PDF tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Pakai Pil KB: Panduan Lengkap Untuk Menggunakan Pil Kontrasepsi
Langkah Keterangan
1 Membuka file PDF yang ingin di edit
2 Pilih menu “Tools” dan pilih “Edit PDF”
3 Pilih font yang ingin diubah dan klik “Replace”
4 Pilih font yang baru dan klik “OK”
5 Simpan file PDF

Cara Memperkecil Ukuran PDF dengan Aplikasi Third-Party

Selain menggunakan Adobe Acrobat, kamu juga bisa memperkecil ukuran file PDF dengan menggunakan aplikasi third-party. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran file PDF.

PDFsam Basic

PDFsam Basic adalah aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran file PDF. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, kamu hanya perlu membuka file PDF yang ingin kamu edit di aplikasi PDFsam Basic, kemudian pilih opsi “Compress” dan pilih kualitas yang kamu inginkan. Setelah itu, jangan lupa untuk menyimpan file PDF tersebut.

SmallPDF

SmallPDF adalah aplikasi online yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran file PDF. Kamu hanya perlu mengunjungi situs SmallPDF, kemudian klik opsi “Compress PDF”. Selanjutnya, seret dan jatuhkan file PDF pada halaman yang tersedia dan tunggu proses kompresi selesai. Setelah itu, kamu bisa mengunduh file PDF yang telah dikompresi tersebut.

FAQ

1. Apakah ada cara lain selain menghapus halaman, mengganti kualitas gambar, dan mengubah format font untuk memperkecil ukuran file PDF?

Ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memperkecil ukuran file PDF. Salah satunya adalah dengan mengubah settingan kualitas PDF pada aplikasi yang kamu gunakan untuk membuat file PDF.

2. Apakah file PDF yang telah dikompresi masih bisa dibuka?

Ya, file PDF yang telah dikompresi masih bisa dibuka. Namun, tergantung dari kualitas kompresi yang kamu pilih, terkadang file PDF yang telah dikompresi memiliki kualitas yang buruk.

3. Apakah ada aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran file PDF selain PDFsam Basic?

Iya, selain PDFsam Basic, ada beberapa aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran file PDF seperti Foxit Reader dan PDF Shaper Free.

Demikianlah beberapa cara memperkecil ukuran PDF di laptop yang bisa kamu coba. Pastikan kamu memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kamu. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sohib EditorOnline!

Cara Memperkecil Ukuran PDF di Laptop