Cara Memulihkan Chat WhatsApp yang Terhapus

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu pernah mengalami kehilangan chat yang penting di WhatsApp? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Kebanyakan orang pasti pernah mengalami hal serupa. Namun, jangan panik dulu karena kamu masih bisa memulihkan chat yang terhapus. Di artikel ini, kita akan membahas cara-cara memulihkannya. Mari simak ulasan berikut.

1. Memulihkan Chat yang Terhapus dengan Backup

WhatsApp menyediakan fitur backup chat yang memungkinkan kamu untuk memulihkan chat yang terhapus. Fitur ini secara otomatis melakukan backup semua pesan kamu setiap hari pada pukul 2 pagi secara lokal atau di Google Drive jika kamu mengaktifkan fitur tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

No Langkah-langkah
1 Buka WhatsApp dan pergi ke Menu.
2 Pilih Pengaturan.
3 Pilih Chat.
4 Pilih Backup Chat.
5 Pilih Kembali & Pulihkan.

Dalam waktu singkat, kamu akan melihat pesan-pesanmu kembali di layar WhatsApp. Namun, backup chat terakhir hanya menampilkan pesan-pesan yang tersimpan setelah backup dilakukan. Jadi, jika kamu ingin memulihkan chat yang lebih lama, kamu harus mengambil langkah lain.

2. Memulihkan Chat yang Terhapus dengan Aplikasi Recovery

Jika backup chat tidak berhasil memulihkan semua pesanmu, kamu masih bisa mencoba aplikasi recovery. Aplikasi ini bisa membantumu memulihkan pesan-pesan yang telah terhapus. Beberapa aplikasi yang bisa dicoba adalah DiskDigger, EaseUS MobiSaver, dan Dr. Fone. Berikut adalah cara-cara memulihkan chat yang terhapus dengan menggunakan aplikasi recovery:

No Langkah-langkah
1 Download dan instal aplikasi recovery di smartphone kamu.
2 Buka aplikasi recovery.
3 Pilih opsi Scan atau Deep Scan.
4 Pilih folder WhatsApp dan tunggu hingga proses scanning selesai.
5 Pilih semua chat yang ingin kamu pulihkan dan klik tombol Recover.

Proses pemulihan dengan aplikasi recovery bisa memakan waktu cukup lama dan tidak selalu berhasil 100%. Oleh karena itu, pastikan kamu mengikuti langkah-langkah dengan benar.

3. Tips agar Chat WhatsApp Tidak Terhapus

Untuk menghindari kehilangan chat WhatsApp yang penting di masa depan, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

Melakukan Backup secara Berkala

Sebaiknya kamu melakukan backup chat secara berkala, misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali. Backup chat akan menjadi cadangan penting jika kamu mengalami masalah dengan smartphone, seperti hilang atau rusak.

Menyalin Chat ke Notepad atau Aplikasi Lain

Kamu juga bisa menyalin chat ke notepad atau aplikasi lain sebagai cadangan. Caranya, cukup pilih chat yang ingin disalin, lalu pilih opsi Bagikan > Salin ke Aplikasi Lain > Pilih aplikasi tujuan.

TRENDING 🔥  Cara Tarik Tunai LinkAja

Menonaktifkan Fitur Hapus Otomatis

Fitur hapus otomatis memang bisa menjaga privasi, tapi terkadang juga bisa membuat chat yang penting terhapus. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mematikan fitur ini jika kamu sering menghapus chat secara tidak sengaja.

Tidak Menghapus Chat yang Penting

Pastikan kamu tidak menghapus chat yang penting dengan sengaja atau tidak. Jika kamu ingin membersihkan chat yang tidak penting, pastikan untuk mengecek kembali pesan yang ingin dihapus.

FAQ

Q: Apakah backup chat mengambil ruang penyimpanan di smartphone?

A: Ya, backup chat memerlukan ruang penyimpanan. Jadi, pastikan smartphone kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup agar backup chat bisa dilakukan secara lancar.

Q: Bisakah saya memulihkan chat yang sudah dihapus oleh pengirim?

A: Tidak, kamu hanya bisa memulihkan chat yang terhapus dari smartphone kamu sendiri. Jika chat telah dihapus oleh pengirim, kamu tidak bisa memulihkannya lagi.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika tidak ada backup chat terakhir?

A: Jika backup chat terakhir tidak berhasil memulihkan semua chat yang dihapus, kamu bisa mencoba memulihkannya dengan menggunakan aplikasi recovery seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Q: Apakah semua aplikasi recovery bisa memulihkan chat WhatsApp?

A: Tidak semua aplikasi recovery bisa memulihkan chat WhatsApp. Kamu harus mencari aplikasi yang benar-benar bisa memulihkan chat WhatsApp dengan sempurna.

Q: Bisakah saya memulihkan chat yang sudah terhapus lebih dari 7 hari?

A: Jika kamu telah mengaktifkan fitur backup chat ke Google Drive, kamu bisa memulihkan chat yang sudah terhapus lebih dari 7 hari. Namun, jika backup chat hanya dilakukan secara lokal di smartphone, kamu hanya bisa memulihkan chat yang sudah terhapus dalam kurun waktu 7 hari terakhir.

Itulah beberapa cara untuk memulihkan chat WhatsApp yang terhapus. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Memulihkan Chat WhatsApp yang Terhapus