Cara Memutihkan Sepatu yang Kuning

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kamu memiliki sepatu kesayangan yang warnanya sudah menguning? Jangan khawatir, di artikel ini saya akan memberikan cara mudah untuk memutihkan sepatu yang kuning. Tidak perlu repot membawa ke tukang cuci sepatu, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

Apa yang Menyebabkan Sepatu Menjadi Kuning?

Sebelum kita membahas cara memutihkan sepatu yang kuning, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa yang menyebabkan sepatu menjadi kuning. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sepatu menjadi kuning di antaranya:

No. Faktor
1 Paparan sinar matahari langsung
2 Penggunaan yang terlalu sering dan tidak dibersihkan dengan baik
3 Terkena cairan atau bahan kimia tertentu

Setelah mengetahui faktor penyebab sepatu menjadi kuning, kita bisa langsung membahas cara untuk memutihkannya.

Cara Memutihkan Sepatu yang Kuning

1. Membersihkan Sepatu dengan Sabun Pembersih

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan sepatu dengan sabun pembersih. Caranya cukup mudah, kamu bisa mencampurkan sabun cuci piring dengan air hangat kemudian menggosokkan pada bagian yang kotor atau kuning dengan sikat gigi.

Setelah itu, bilas sepatu dengan air bersih dan lap dengan kain yang lembut. Jangan lupa untuk mengeringkan sepatu di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

2. Menggunakan Baking Soda

Baking soda memiliki kandungan alkaline yang mampu menghilangkan noda dan kotoran pada sepatu. Caranya cukup mudah, campurkan baking soda dengan air sampai membentuk pasta, lalu oleskan pada bagian yang kuning dengan sikat gigi atau spons.

Biarkan sepatu selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih dan lap hingga kering. Kamu bisa melakukannya beberapa kali jika kuning pada sepatu masih belum hilang sepenuhnya.

3. Menggunakan Pasta Gigi

Siapa sangka pasta gigi juga bisa digunakan untuk memutihkan sepatu yang kuning? Caranya sama seperti menggunakan baking soda, oleskan pasta gigi pada bagian yang kuning kemudian gosok dengan sikat gigi. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan lap hingga kering.

4. Menggunakan Cairan Pemutih

Untuk kasus yang lebih parah, kamu bisa menggunakan cairan pemutih yang biasanya digunakan untuk pakaian. Campurkan cairan pemutih dengan air kemudian celupkan sepatu selama beberapa menit.

Setelah itu, bilas dengan air bersih dan jangan lupa untuk mengeringkan sepatu di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

TRENDING 🔥  Cara Menanam Bunga Telang

5. Mencuci di Mesin Cuci

Untuk sepatu yang mempunyai label bahan yang boleh dicuci dengan mesin cuci, kamu bisa mencuci sepatu tersebut dengan mesin cuci. Namun, pastikan untuk memilih program pencucian yang tepat dan menggunakan deterjen yang aman untuk sepatu.

Setelah selesai dicuci, jangan lupa untuk mengeringkan sepatu di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

FAQ

1. Apakah semua jenis sepatu dapat dimutihkan?

Tidak semua jenis sepatu dapat dimutihkan, terutama sepatu dari bahan suede atau nubuck. Pastikan untuk memeriksa label bahan pada sepatu sebelum mencoba menghilangkan kuning pada sepatu tersebut.

2. Apakah semua cara di atas aman untuk sepatu?

Ada beberapa cara di atas yang mungkin tidak aman untuk sepatu, terutama untuk sepatu dari bahan yang sensitif. Pastikan untuk memeriksa label bahan pada sepatu dan melakukan tes kecil pada bagian yang tidak kelihatan sebelum mencoba cara di atas.

3. Apakah sepatu akan tetap putih setelah dimutihkan?

Tidak selalu. Terkadang, warna sepatu akan sedikit berubah setelah dimutihkan. Namun, warna yang berubah biasanya tidak signifikan dan masih dapat diterima.

4. Bagaimana cara menjaga sepatu agar tidak kuning?

Mencuci sepatu secara rutin dan tidak terlalu sering digunakan adalah cara terbaik untuk mencegah sepatu menjadi kuning. Selain itu, hindari paparan sinar matahari langsung dan jangan terlalu sering terkena air atau bahan kimia yang dapat merusak sepatu.

5. Apakah memutihkan sepatu dapat dilakukan berkali-kali?

Sebaiknya tidak. Memutihkan sepatu terlalu sering dapat merusak bahan pada sepatu dan mempercepat proses penuaan pada sepatu. Lakukan hanya jika benar-benar diperlukan.

Cara Memutihkan Sepatu yang Kuning