Cara Menanam Bonggol Aglonema Agar Cepat Bertunas

>Halo Sohib EditorOnline, artikel ini akan membahas tentang cara menanam bonggol aglonema agar cepat bertunas. Aglonema adalah tanaman hias yang sangat populer di Indonesia karena memiliki banyak varian dan mudah perawatannya. Namun, menjadi tantangan saat menanam bonggol aglonema agar cepat bertunas. Nah, simak artikel ini ya Sohib EditorOnline.

Apa itu Bonggol Aglonema?

Bonggol aglonema adalah umbi-umbian yang tumbuh pada akar tanaman aglonema. Biasanya, para penjual tanaman hias menggunakan bonggol aglonema untuk melakukan perbanyakan tanaman aglonema. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara menanam bonggol aglonema agar cepat bertunas tidak semudah mengucapkan kata-kata. Yuk kita simak penjelasan selengkapnya.

FAQ: Apakah semua jenis aglonema bisa ditanam dengan bonggol?

Menanam bonggol aglonema hanya bisa dilakukan pada jenis aglonema tertentu. Contohnya aglonema silver bay dan aglonema red anthurium. Kedua jenis ini telah terbukti bisa ditanam dengan bonggol dan cepat bertunas. Pemberian nutrisi yang cukup dan perawatan yang baik juga menjadi faktor penunjang berhasilnya cara menanam bonggol aglonema agar cepat bertunas.

Langkah-langkah Menanam Bonggol Aglonema agar Cepat Bertunas

1. Pilih Bonggol Aglonema yang Sehat

Sebelum menanam bonggol aglonema, pastikan untuk memilih bonggol yang sehat dan bebas dari hama dan penyakit. Pastikan juga bonggol aglonema tersebut memiliki tunas dan akar yang cukup.

2. Siapkan Media Tanam yang Sesuai

Pilihlah media tanam yang sesuai untuk menanam bonggol aglonema agar cepat bertunas. Media tanam yang bisa digunakan antara lain campuran antara tanah, pupuk kandang, cocopeat, dan arang sekam.

3. Potong Bonggol Aglonema

Potong bonggol aglonema dengan menggunakan pisau yang sudah disterilkan sebelumnya. Pastikan potongan bonggol memiliki ukuran yang sama dengan ukuran pot.

4. Tanam Bonggol Aglonema

Tanam bonggol aglonema pada media tanam dengan posisi yang benar. Pastikan bonggol tidak tertutupi media tanam secara keseluruhan agar proses pertumbuhan bisa berlangsung dengan baik.

5. Beri Nutrisi yang Cukup

Beri nutrisi yang cukup pada tanaman agar bisa tumbuh dengan baik. Pemupukan bisa dilakukan dengan memberikan pupuk kandang atau pupuk organik lainnya.

Tips Merawat Aglonema agar Berhasil Bertunas

1. Jangan Terlalu Sering Memupuk

Pemberian nutrisi yang berlebihan bisa membuat tanaman aglonema tidak maksimal dalam proses pertumbuhannya. Oleh karena itu, jangan terlalu sering memberikan pupuk pada tanaman aglonema.

TRENDING 🔥  Cara Blok Di Laptop: Panduan Lengkap untuk Proteksi Data PC Anda

2. Letakkan Tanaman di Tempat yang Tepat

Letakkan tanaman aglonema di tempat yang memiliki cahaya yang cukup. Hindari tempat yang terkena sinar matahari langsung karena bisa membuat daun tanaman aglonema terbakar.

3. Rajin Memangkas Tanaman

Rajin memangkas tanaman aglonema agar tidak tumbuh terlalu lebat. Selain itu, memangkas juga bisa merangsang pertumbuhan tunas yang baru.

FAQ: Berapa Lama Aglonema Bisa Bertunas Setelah Ditanam dengan Bonggol?

Waktu yang diperlukan agar aglonema bisa bertunas setelah ditanam dengan bonggol sekitar 1-2 bulan. Namun, hal tersebut tergantung dari perawatan yang diberikan pada tanaman aglonema tersebut. Pastikan memberikan nutrisi yang cukup dan lingkungan yang tepat agar proses bertunas bisa berlangsung dengan baik.

Penutup

Itulah cara menanam bonggol aglonema agar cepat bertunas yang bisa Sohib EditorOnline coba praktekkan di rumah. Jangan lupa perhatikan tips merawat aglonema agar berhasil bertunas ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan berhasil dalam menanam bonggol aglonema.

Cara Menanam Bonggol Aglonema Agar Cepat Bertunas