Cara Menanam Rumput Gajah

>Hello Sohib EditorOnline, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara menanam rumput gajah. Rumput gajah adalah jenis rumput yang dapat tumbuh dengan cepat dan baik untuk digunakan sebagai pakan ternak. Mari kita pelajari cara menanam rumput gajah dengan benar.

Persiapan Lahan

Sebelum menanam rumput gajah, kamu harus mempersiapkan lahan terlebih dahulu. Berikut adalah cara untuk mempersiapkan lahan yang baik untuk menanam rumput gajah:

1. Pilih Lahan yang Cocok

Pilih lahan yang memiliki ketinggian kurang lebih 500mdpl, memiliki ketersediaan air yang cukup, pH tanah sekitar 6-7 dan berada di bawah naungan.

2. Bersihkan Lahan

Bersihkan lahan dari rerumputan yang ada, bebatuan dan juga kayu-kayu yang bisa mengganggu pertumbuhan rumput gajah. Membersihkan lahan dan memotong rumput yang ada dapat dilakukan dengan menggunakan sabit atau mesin pemotong rumput.

3. Olah Lahan

Setelah lahan bersih, langkah selanjutnya adalah mengolah lahan. Anda bisa melakukannya dengan cara menggemburkan tanah dengan alat bajak atau cangkul untuk memperbaiki struktur tanah dan mempermudah akar rumput gajah untuk menembus lapisan tanah.

4. Tambahkan Pupuk Kompos

Tambahkan pupuk kompos setelah selesai mengolah tanah, ini bertujuan untuk membantu nutrisi tanah agar tetap terjaga dan memberikan nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan rumput gajah.

5. Ratakan Lahan

Terakhir, ratakan lahan dengan menggunakan alat pembuat bedengan agar lahan terlihat rapi dan siap untuk ditanami rumput gajah.

Penanaman Rumput Gajah

Setelah melakukan persiapan lahan, saatnya untuk menanam rumput gajah. Berikut adalah cara menanam rumput gajah:

1. Pemilihan Bibit

Sebelum menanam rumput gajah, pastikan kamu sudah memilih bibit yang baik dan benar. Pilih bibit yang berasal dari jenis rumput gajah yang kuat dan memiliki kemampuan tumbuh yang baik.

2. Penyemaian

Setelah memilih bibit, langkah selanjutnya adalah menyemai bibit tersebut. Kamu bisa menggunakan metode penyemaian benih secara langsung pada lahan atau metode penyemaian benih pada polybag.

3. Penanaman

Setelah bibit tumbuh dengan baik, kamu bisa melakukan penanaman rumput gajah. Lakukan penanaman secara rapi dan merata dengan jarak tanam 30 cm x 30 cm atau sesuai dengan kebutuhan.

4. Pemeliharaan

Setelah menanam rumput gajah, jangan lupa untuk melakukan pemeliharaan. Pemeliharaan yang bisa dilakukan antara lain pengairan, pemupukan, pemangkasan, dan pengendalian hama dan penyakit.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

No Pertanyaan Jawaban
1 Apakah rumput gajah bisa tumbuh di segala jenis tanah? Tidak. Rumput gajah bisa tumbuh baik di tanah subur dan berpasir, namun tidak cocok untuk tanah yang terlalu lembab atau terlalu kering.
2 Kapan waktu yang tepat untuk menanam rumput gajah? Waktu yang tepat untuk menanam rumput gajah adalah pada musim penghujan atau awal musim kemarau.
3 Apakah rumput gajah bisa diberi pupuk secara berlebihan? Tidak. Pemberian pupuk yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada akar rumput gajah dan mengganggu pertumbuhan rumput.
4 Bagaimana cara mengendalikan hama dan penyakit pada rumput gajah? Anda bisa melakukan penyemprotan insektisida dan fungisida secara teratur untuk mencegah hama dan penyakit.
5 Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk panen rumput gajah? Waktu panen rumput gajah adalah sekitar 60-70 hari setelah tanam atau ketika rumput telah mencapai ketinggian 75-100 cm.
TRENDING 🔥  Cara Mengambil Foto Profil IG

Kesimpulan

Rumput gajah adalah jenis rumput yang baik untuk digunakan sebagai pakan ternak. Untuk menanam rumput gajah, kamu harus melakukan persiapan lahan terlebih dahulu seperti memilih lahan yang cocok dan membersihkan lahan. Setelah itu, kamu bisa menanam rumput gajah dengan benih yang baik dan melakukan pemeliharaan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Menanam Rumput Gajah