Cara Menawarkan Produk Lewat WhatsApp

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu sering menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarga? Ternyata, WhatsApp juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan produk yang kamu jual, lho. Bagi kamu yang ingin memperluas jaringan penjualan, berikut adalah beberapa cara menawarkan produk lewat WhatsApp.

1. Buatlah Pesan Promosi yang Menarik

Sebelum kamu mulai menawarkan produk lewat WhatsApp, pastikan kamu sudah membuat pesan promosi yang menarik dan informatif. Pesan promosi ini harus menyampaikan informasi penting tentang produk yang kamu jual, seperti harga, fitur, dan spesifikasi produk.

Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan gambar produk yang jelas dan menarik. Dengan begitu, calon pembeli bisa melihat dengan jelas produk yang kamu tawarkan dan bisa membuat mereka tertarik untuk membelinya.

Setelah kamu membuat pesan promosi yang menarik, kamu bisa memulai proses menawarkan produk lewat WhatsApp.

2. Tentukan Target Market

Sebelum kamu mulai menawarkan produk, tentukan terlebih dahulu target market yang ingin kamu sasar. Apakah target market kamu adalah remaja, dewasa, atau ibu rumah tangga? Dengan menentukan target market, kamu bisa menyesuaikan pesan promosi dan strategi penjualan kamu agar lebih efektif dan berhasil.

Misalnya, jika target market kamu adalah remaja, kamu bisa menawarkan produk dengan tema yang lebih kekinian dan trendy. Namun, jika target market kamu adalah ibu rumah tangga, kamu bisa menawarkan produk yang lebih berguna dalam kehidupan sehari-hari.

3. Buatlah Grup WhatsApp untuk Menawarkan Produk

Salah satu cara yang paling efektif untuk menawarkan produk lewat WhatsApp adalah dengan membuat grup WhatsApp khusus untuk penjualan. Dalam grup WhatsApp ini, kamu bisa membagikan pesan promosi, foto produk, dan informasi tentang promo atau diskon.

Grup WhatsApp juga memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan calon pembeli dan menjawab pertanyaan mereka dengan cepat. Jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum menambahkan calon pembeli ke dalam grup WhatsApp, ya.

4. Buatlah Akun WhatsApp Bisnis

Jika kamu serius dalam menjual produk lewat WhatsApp, kamu bisa membuat akun WhatsApp bisnis. Dengan akun WhatsApp bisnis, kamu bisa menambahkan informasi bisnis, seperti alamat website, lokasi bisnis, dan deskripsi bisnis.

Salah satu keuntungan dari akun WhatsApp bisnis adalah kamu bisa membuat pesan cepat yang berisi informasi tentang produk, seperti harga, ukuran, dan spesifikasi. Pesan cepat ini memudahkan kamu untuk menjawab pertanyaan calon pembeli dengan cepat dan efektif.

5. Gunakan Fitur Broadcast List

Jika kamu tidak ingin membuat grup WhatsApp khusus untuk penjualan, kamu bisa menggunakan fitur broadcast list. Fitur broadcast list memungkinkan kamu untuk mengirimkan pesan promosi ke banyak orang sekaligus tanpa harus membuat grup WhatsApp.

Namun, perlu diingat bahwa fitur broadcast list hanya bisa digunakan untuk mengirimkan pesan ke orang-orang yang sudah menyimpan nomor kamu di daftar kontak mereka.

6. Gunakan Kata-Kata yang Menarik dan Menjual

Untuk menarik perhatian calon pembeli, kamu bisa menggunakan kata-kata yang menarik dan menjual dalam pesan promosi. Misalnya, kamu bisa menggunakan kata-kata seperti “promo”, “diskon”, “limited edition”, atau “new arrival”.

Namun, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan kata-kata tersebut. Gunakan kata-kata yang relevan dengan produk yang kamu jual dan jangan sampai terkesan berlebihan dan memaksa.

7. Sertakan Testimoni dari Pelanggan

Untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli, kamu bisa sertakan testimonial atau ulasan dari pelanggan yang telah membeli produkmu sebelumnya. Testimonial ini bisa kamu tampilkan dalam pesan promosi atau di halaman profil bisnismu di WhatsApp bisnis.

Dengan sertifikat testimonial, calon pembeli bisa melihat bahwa produkmu memang berkualitas dan sesuai dengan yang diharapkan.

8. Tentukan Harga yang Kompetitif

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan penjualan produk melalui WhatsApp adalah harga yang kamu tawarkan. Jangan terlalu tinggi dalam menentukan harga produkmu karena bisa membuat calon pembeli enggan untuk membelinya.

TRENDING 🔥  Cara Cek Penerima PKH

Sebaliknya, tentukan harga yang kompetitif dan sesuai dengan kualitas produk yang kamu tawarkan. Perhatikan juga harga produk sejenis yang dijual di pasaran untuk memastikan harga yang kamu tawarkan tidak terlalu tinggi atau rendah.

9. Berikan Pelayanan yang Baik

Untuk meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan pelanggan, berikan pelayanan yang baik dan ramah dalam berkomunikasi dengan mereka. Jangan terlalu lama dalam merespon pesan dari calon pembeli dan usahakan untuk menjawab pertanyaan mereka dengan jelas dan informatif.

Jika ada keluhan atau masalah dengan produk yang kamu jual, tanggapi dengan cepat dan berikan solusi yang memuaskan pelanggan. Pelayanan yang baik bisa menjadi faktor penting dalam membangun kepercayaan dan kesetiaan pelangganmu.

10. Gunakan Kata-Kata yang Ramah dan Mengajak

Selain menggunakan kata-kata yang menarik dan menjual, kamu juga bisa menggunakan kata-kata yang ramah dan mengajak dalam proses menawarkan produkmu. Misalnya, kamu bisa menggunakan kata-kata seperti “sudah cek koleksi terbaru kami?”, “ayo segera dapatkan diskon menarik dari kami”, atau “jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki produk berkualitas dari kami”.

Kata-kata yang ramah dan mengajak bisa membangun koneksi yang baik antara kamu dan calon pembeli serta membuat proses penjualan menjadi lebih lancar dan mudah.

11. Jangan Terlalu Sering Mengirim Pesan Promosi

Jangan terlalu sering mengirimkan pesan promosi ke calon pembeli karena bisa membuat mereka merasa terganggu dan memilih untuk keluar dari grup atau menghapus nomor kamu dari daftar kontak mereka.

Cobalah untuk mengirimkan pesan promosi hanya pada saat-saat tertentu, seperti saat ada promo atau diskon khusus. Selain itu, pastikan pesan promosi yang kamu kirimkan memang relevan dan menarik bagi calon pembeli.

12. Gunakan Emoji untuk Menarik Perhatian

Emoji merupakan salah satu cara yang efektif untuk menarik perhatian calon pembeli dalam pesan promosi kamu. Kamu bisa menggunakan emoji yang relevan dengan produk yang kamu jual atau emoji yang bisa membuat pesan promosimu terlihat lebih menarik dan eye-catching.

Namun, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan emoji karena bisa mengganggu dan membuat pesan promosimu terlihat tidak serius dan tidak profesional.

13. Berikan Informasi Tentang Cara Pembelian dan Pengiriman

Agar proses pembelian produkmu menjadi lebih mudah dan lancar, berikan informasi tentang cara pembelian dan pengiriman. Misalnya, kamu bisa memberikan informasi tentang rekening bank yang dapat digunakan untuk pembayaran atau jasa kurir yang kamu gunakan untuk pengiriman produk.

Pastikan informasi yang kamu berikan jelas dan lengkap agar calon pembeli tidak bingung dalam melakukan pembelian dan pengiriman produkmu.

14. Berikan Diskon Khusus untuk Pembelian Pertama

Salah satu cara untuk memikat calon pembeli untuk membeli produkmu adalah dengan memberikan diskon khusus untuk pembelian pertama. Diskon ini bisa membuat calon pembeli merasa diuntungkan dan bisa membuat mereka tertarik untuk membeli produkmu.

Pastikan kamu memberikan diskon yang sesuai dan tidak terlalu tinggi sehingga bisa merugikan bisnismu. Selain itu, pastikan juga diskon yang kamu berikan tidak terlalu sering sehingga tidak membuat pelangganmu merasa bahwa produkmu tidak memiliki harga yang sebenarnya.

15. Gunakan Hashtag untuk Meningkatkan Visibilitas

Untuk meningkatkan visibilitas produkmu di WhatsApp, kamu bisa menggunakan hashtag yang relevan dengan produk yang kamu jual. Hashtag ini bisa membantu calon pembeli untuk menemukan produkmu saat mereka melakukan pencarian di WhatsApp.

Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan hashtag karena bisa membuat pesan promosimu terlihat tidak profesional. Gunakan hashtag yang relevan dan sesuai dengan produkmu saja.

16. Berikan Informasi tentang Promo dan Diskon Khusus

Jangan lupa untuk memberikan informasi tentang promo dan diskon khusus yang sedang berlangsung. Misalnya, kamu bisa memberikan informasi tentang promo beli satu gratis satu atau diskon tertentu untuk pembelian di atas jumlah tertentu.

Informasi tentang promo dan diskon ini bisa membuat calon pembeli tertarik dan memutuskan untuk membeli produkmu.

17. Tampilkan Produk Terbaru secara Berkala

Untuk menjaga minat pembeli, tampilkan produk terbaru secara berkala pada grup WhatsApp atau dalam pesan promosimu. Produk terbaru ini bisa menjadi daya tarik yang membuat calon pembeli tertarik untuk membeli produkmu.

Pastikan kamu memberikan informasi yang lengkap dan jelas tentang produk terbaru yang kamu tawarkan, seperti fitur, spesifikasi, dan harga. Sertakan juga gambar produk yang jelas dan menarik.

18. Berikan Pelayanan Pengiriman yang Cepat

Untuk memuaskan pelangganmu, berikan pelayanan pengiriman yang cepat dan tepat waktu. Pastikan produkmu dikirimkan sesuai dengan janji yang kamu berikan dan jangan terlalu lama untuk merespon pertanyaan tentang pengiriman atau status pesanan.

TRENDING 🔥  Cara Upload Video Short di YouTube

Pelayanan pengiriman yang cepat dan tepat waktu bisa membantu membangun kepercayaan dan kesetiaan pelangganmu.

19. Jangan Terlalu Fokus pada Profit

Saat menawarkan produk lewat WhatsApp, jangan terlalu fokus pada profit semata. Cobalah untuk membangun hubungan yang baik dengan calon pembeli dan berikan pelayanan yang baik serta informatif tentang produk yang kamu jual.

Jika kamu terlalu fokus pada profit, kamu bisa terkesan terlalu memaksa dan tidak peduli dengan kebutuhan calon pembeli. Cobalah untuk menyeimbangkan antara profit dan pelayanan yang baik agar bisnismu bisa bertahan dalam jangka panjang.

20. Selalu Perbarui Informasi Produk dan Promo

Terakhir, pastikan kamu selalu memperbarui informasi produk dan promo yang kamu tawarkan. Misalnya, jika ada penambahan produk terbaru atau promo baru, jangan lupa untuk memberitahu calon pembeli secepatnya.

Perbarui juga informasi harga dan stok produk agar calon pembeli tidak kecewa jika ternyata produk yang diinginkan sudah habis stok atau harganya berubah.

FAQ

No. Pertanyaan Jawaban
1 Apakah WhatsApp bisa digunakan untuk menjual produk? Ya, WhatsApp bisa digunakan untuk menjual produk dengan cara menawarkan produk melalui pesan promosi dan grup WhatsApp khusus untuk penjualan.
2 Bagaimana cara membuat pesan promosi yang menarik? Cara membuat pesan promosi yang menarik adalah dengan menyampaikan informasi penting tentang produk, menambahkan gambar produk yang jelas dan menarik, dan menggunakan kata-kata yang menarik dan menjual.
3 Berapa sering sebaiknya mengirimkan pesan promosi ke calon pembeli? Sebaiknya mengirimkan pesan promosi hanya pada saat-saat tertentu, seperti saat ada promo atau diskon khusus. Jangan terlalu sering mengirimkan pesan promosi agar calon pembeli tidak merasa terganggu dan memilih untuk keluar dari grup atau menghapus nomor kamu dari daftar kontak mereka.
4 Apakah emoji bisa digunakan dalam pesan promosi? Ya, emoji bisa digunakan dalam pesan promosi untuk menarik perhatian calon pembeli. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakannya.
5 Berapa sering sebaiknya memperbarui informasi produk dan promo? Sebaiknya memperbarui informasi produk dan promo secara berkala agar calon pembeli selalu mendapatkan informasi yang terbaru dan tidak kecewa karena informasi yang tidak akurat atau tidak lengkap.

Cara Menawarkan Produk Lewat WhatsApp