Cara Mencari KPK dengan Pohon Faktor

>Hello Sohib EditorOnline, in this article we will discuss about the method to find the Greatest Common Divisor (KPK) using Factor Tree in relaxed Indonesian language. KPK is an important mathematical concept, especially when it comes to solving equations involving fractions. To find KPK, we will use the Factor Tree method which is an easier and quicker way to find the KPK of two numbers. Let’s dive in!

Apa itu Faktor dan Pohon Faktor?

Prior to discussing the Factor Tree method, we need to have a clear understanding of what are factors and factor trees. Factors are numbers that divide evenly into another number without leaving a remainder. For example, 2 and 5 are factors of 10 as they divide evenly into 10. A Factor Tree is a graphical representation of the factors of a number where each branch represents a factor of the number. For instance, the Factor Tree of 24 has 2 branches, one representing the factor 2 and the other representing the factor 12 which can be further divided into 2 and 6, and so on.

Contoh Penggunaan Pohon Faktor untuk Mencari KPK

Now, let’s use an example to explain how the Factor Tree method can be used to find the KPK of two numbers. Suppose we want to find the KPK of 6 and 18.

Pohon Faktor 6 Pohon Faktor 18
  • 6
  • 3 x 2
  • 18
  • 9 x 2
  • 3 x 3 x 2

As we can see from the Factor Trees above, the factors of 6 are 2 and 3, while the factors of 18 are 2, 3 and 9. To find the KPK of 6 and 18, we need to identify the common factors and non-common factors between the two Factor Trees. The common factors are 2 and 3, while the non-common factors are 9 in Factor Tree of 18. To find the KPK, we multiply all the common factors and non-common factors together. Therefore, the KPK of 6 and 18 is:

KPK(6,18) = 2 x 3 x 9 = 54

Langkah-Langkah Mencari KPK dengan Pohon Faktor

Now let’s go through the step-by-step process to find KPK using the Factor Tree method.

Langkah 1: Tentukan Bilangan yang Akan Dicari KPK-nya

Tentukan dua bilangan yang akan dicari KPK-nya. Misalnya, kita akan mencari KPK dari 12 dan 16.

Langkah 2: Buat Pohon Faktor untuk Setiap Bilangan

Buat pohon faktor untuk setiap bilangan. Misalnya, pohon faktor untuk 12 dan 16 adalah sebagai berikut:

TRENDING 🔥  Cara Mencari No NISN
Pohon Faktor 12 Pohon Faktor 16
  • 12
  • 6 x 2
  • 3 x 2 x 2
  • 16
  • 8 x 2
  • 4 x 2 x 2

Langkah 3: Identifikasi Faktor Umum

Identifikasi faktor umum dan faktor yang tidak umum pada setiap pohon faktor. Pada contoh ini, faktor umum dari pohon faktor 12 dan 16 adalah 2 dan 4 sedangkan faktor yang tidak umum dari pohon faktor 12 adalah 3 dan 2 sedangkan pohon faktor 16 adalah 8.

Langkah 4: Kalikan Faktor Umum dengan Faktor yang Tidak Umum

Kalikan faktor umum dengan faktor yang tidak umum dari setiap pohon faktor. Misalnya, faktor umum dari pohon faktor 12 dan 16 adalah 2 dan 4, maka pemfaktorannya adalah:

2 x 2 x 4 x 3 = 48

Langkah 5: KPK dari Bilangan Tersebut adalah Hasil Perkalian Faktor-Faktornya

Hasil perkalian faktor-faktor yang ditemukan pada langkah sebelumnya akan memberikan KPK untuk dua bilangan tersebut. KPK dari 12 dan 16 adalah 48.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara mencari KPK dengan Pohon Faktor. Pohon Faktor adalah metode untuk mencari faktor suatu bilangan yang digambarkan dalam bentuk pohon. Dalam kasus mencari KPK dari dua bilangan, Pohon Faktor dapat digunakan dengan mudah. Cara melakukannya adalah dengan membuat Pohon Faktor untuk setiap bilangan, mengidentifikasi faktor umum dan tidak umum, dan mengalikan faktor umum dengan faktor tidak umum. Hasil dari perkalian faktor-faktor tersebut akan memberikan KPK dari dua bilangan tersebut. Semoga artikel ini membantu Anda memahami cara mencari KPK dengan Pohon Faktor.

FAQ

Apa bedanya antara KPK dan FPB?

KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) adalah bilangan terkecil yang merupakan kelipatan dari dua bilangan tertentu, sedangkan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) adalah bilangan yang memiliki faktor yang sama dengan dua bilangan tertentu. Dengan kata lain, KPK adalah bilangan yang dapat dibagi habis oleh dua bilangan tertentu, sedangkan FPB adalah bilangan yang dapat membagi habis dua bilangan tertentu.

Apakah KPK selalu dapat ditemukan menggunakan Pohon Faktor?

Ya, selalu dapat ditemukan. Namun, dengan adanya metode Pohon Faktor, pencarian KPK menjadi lebih mudah dan praktis.

Apakah ada cara lain untuk mencari KPK?

Ya, selain metode Pohon Faktor, terdapat beberapa metode lain untuk mencari KPK seperti melalui FPB, faktorisasi prima dan algoritma Euclidean.

Apakah ada batasan jumlah bilangan yang dapat dicari KPK-nya menggunakan metode Pohon Faktor?

Tidak ada batasan jumlah bilangan yang dapat dicari KPK-nya menggunakan metode Pohon Faktor. Namun, semakin banyak bilangan yang harus dicari KPK-nya, semakin kompleks pohon faktor yang harus digambarkan.

Cara Mencari KPK dengan Pohon Faktor