Cara Mendaftar CPNS Online 2019

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kamu sedang mencari informasi tentang cara mendaftar CPNS secara online di tahun 2019? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah dan persyaratan yang harus kamu penuhi untuk bisa menjadi seorang Calon Pegawai Negeri Sipil melalui jalur online.

Persiapan Awal

Sebelum memulai proses pendaftaran CPNS online, ada beberapa persiapan awal yang harus kamu lakukan. Pertama, pastikan kamu memiliki akses ke internet yang stabil dan memadai. Kedua, persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah, transkrip nilai, dan dokumen lainnya yang diminta. Ketiga, pertimbangkan baik-baik jurusan dan instansi mana yang kamu inginkan sebelum memilih jabatan yang akan kamu daftar.

Akses Internet yang Memadai

Sebelum melakukan pendaftaran CPNS online, penting untuk memperhatikan kondisi internet yang kamu gunakan. Pastikan kamu memiliki akses internet yang stabil dan cepat agar tidak terjadi masalah saat mengunggah dokumen dan mengisi formulir pendaftaran. Jangan lupa untuk membayar tagihan internet terlebih dahulu agar tidak terputus selama proses pendaftaran.

Persiapan Dokumen-dokumen Penting

Sebelum memulai proses pendaftaran CPNS online, kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen penting seperti KTP, ijazah, transkrip nilai, dan dokumen lainnya yang diminta. Pastikan dokumen yang kamu siapkan dalam keadaan yang baik, jelas, dan terbaca dengan mudah. Jika ada dokumen yang hilang atau rusak, segera perbaiki atau ajukan permohonan penggantian.

Mempertimbangkan Jurusan dan Instansi

Sebelum memilih jabatan yang akan kamu daftarkan, pertimbangkan baik-baik jurusan dan instansi mana yang sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu. Hal ini penting agar kamu bisa mengikuti seleksi dengan maksimal dan memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima. Cari tahu informasi terkait jabatan yang kamu pilih seperti tugas, kualifikasi, dan persyaratan lainnya.

Cara Mendaftar CPNS Online 2019

Setelah melakukan persiapan awal, kamu sudah siap untuk memulai proses pendaftaran CPNS secara online. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menjadi seorang Calon Pegawai Negeri Sipil melalui jalur online di tahun 2019:

Langkah 1: Pergi Ke Website Resmi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah pergi ke website resmi pendaftaran CPNS. Website ini bisa diakses melalui alamat https://sscn.bkn.go.id/. Pastikan kamu mengakses website ini dari komputer atau ponsel yang aman dan tidak terinfeksi virus atau malware.

Langkah 2: Buat Akun Baru

Setelah sampai di website resmi pendaftaran CPNS, kamu harus membuat akun baru terlebih dahulu sebelum bisa melakukan pendaftaran. Klik tombol “Buat Akun” untuk memulai proses pembuatan akun. Isi formulir yang disediakan dengan data yang benar dan lengkap, termasuk alamat email dan nomor telepon yang masih aktif.

Langkah 3: Verifikasi Akun

Setelah selesai membuat akun, kamu akan menerima email atau SMS yang berisi kode verifikasi. Masukkan kode tersebut ke dalam form yang disediakan untuk memverifikasi akun kamu. Setelah akun berhasil terverifikasi, kamu bisa langsung masuk ke dalam halaman pendaftaran CPNS.

TRENDING 🔥  Cara Menurunkan Berat Badan 5kg dalam 1 Minggu

Langkah 4: Pilih Jabatan dan Instansi

Pada halaman pendaftaran, kamu harus memilih jabatan dan instansi yang ingin kamu daftar. Pilihlah dengan cermat dan teliti agar tidak salah memilih. Pastikan kamu memilih jabatan yang sesuai dengan kualifikasi dan kemampuanmu.

Langkah 5: Isi Formulir Pendaftaran

Setelah memilih jabatan dan instansi, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Isi formulir ini dengan data yang benar dan lengkap, termasuk data pribadi dan riwayat pendidikanmu. Pastikan isi formulir dengan hati-hati dan detail agar tidak terjadi kesalahan atau ketidaktepatan data.

Langkah 6: Unggah Dokumen-dokumen Penting

Setelah mengisi semua formulir, kamu harus mengunggah dokumen-dokumen penting seperti KTP, ijazah, transkrip nilai, dan dokumen lainnya yang diminta. Unggah dokumen ini dengan hati-hati dan pastikan tidak ada yang terlewatkan. Jangan lupa untuk memastikan ukuran dan format file yang kamu unggah sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan.

Langkah 7: Selesaikan Pendaftaran

Setelah mengisi formulir dan mengunggah dokumen, pastikan semua data yang kamu input sudah benar dan lengkap. Jangan lupa untuk mengecek kembali kesalahan atau ketidaktepatan data sebelum mengirimkan formulir pendaftaran. Jika sudah yakin, klik tombol “Kirim” untuk menyelesaikan proses pendaftaranmu.

Persyaratan dan Ketentuan Pendaftaran CPNS Online 2019

Untuk bisa mendaftar CPNS secara online di tahun 2019, ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus kamu penuhi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Persyaratan Umum

– Warga negara Indonesia
– Berusia maksimal 35 tahun pada saat mendaftar
– Tidak pernah dihukum penjara atau kurang ajar secara hukum
– Tidak memiliki kebiasaan yang buruk seperti narkoba atau minuman keras

Persyaratan Khusus

– Sesuai dengan formasi jabatan yang kamu pilih
– Lulusan perguruan tinggi yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
– Mempunyai keahlian dan kemampuan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh instansi yang kamu pilih

Ketentuan Pendaftaran

– Pendaftaran CPNS online dilakukan melalui website resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)
– Setiap calon pelamar hanya diperkenankan mendaftar satu kali dan hanya bisa memilih satu formasi jabatan
– Dokumen-dokumen yang diunggah harus dalam bentuk file dengan format PDF dan ukuran maksimal 2 MB untuk setiap dokumen
– Pendaftaran CPNS online tidak dipungut biaya apapun

FAQ (Frequently Asked Questions)

No. Pertanyaan Jawaban
1. Berapa batas usia maksimal untuk mendaftar CPNS online? 35 tahun pada saat mendaftar.
2. Apa saja persyaratan umum untuk mendaftar CPNS online? – Warga negara Indonesia
– Berusia maksimal 35 tahun pada saat mendaftar
– Tidak pernah dihukum penjara atau kurang ajar secara hukum
– Tidak memiliki kebiasaan yang buruk seperti narkoba atau minuman keras
3. Berapa kali saya bisa mendaftar untuk CPNS online? Setiap calon pelamar hanya diperkenankan mendaftar satu kali dan hanya bisa memilih satu formasi jabatan.
4. Apakah pendaftaran CPNS online dipungut biaya? Tidak, pendaftaran CPNS online tidak dipungut biaya apapun.
5. Bagaimana cara mengunggah dokumen-dokumen penting pada saat pendaftaran? Cukup klik tombol “Unggah Dokumen” pada form pendaftaran dan pilih file yang ingin kamu unggah. Pastikan ukuran dan format file yang kamu unggah sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah dan persyaratan yang telah dijelaskan di atas, kamu sudah bisa segera memulai proses pendaftaran CPNS online di tahun 2019. Pastikan kamu melakukan persiapan awal dengan baik sehingga proses pendaftaran bisa berjalan lancar dan sukses. Jangan lupa untuk terus memperbarui informasi terkait CPNS online dan persyaratan pendaftaran agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

TRENDING 🔥  Cara Mengurangi Asam Urat

Cara Mendaftar CPNS Online 2019