Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi

>Halo Sohib EditorOnline! Bagi kamu yang sering menggunakan smartphone, pasti sudah tidak asing lagi dengan masalah baterai yang cepat habis. Salah satu hambatan terbesar bagi pengguna smartphone adalah baterai yang lemah. Tentu saja ini bisa sangat mengganggu dan menyebalkan terutama jika kamu harus terus-menerus mengisi ulang baterai setiap saat. Berikut adalah beberapa cara mengatasi baterai lama terisi yang bisa kamu coba:

Baca Cepat show

1. Matikan aplikasi yang tidak diperlukan

Salah satu cara paling sederhana untuk menghemat daya baterai adalah dengan mematikan aplikasi yang tidak diperlukan. Kamu bisa menonaktifkan aplikasi yang sedang tidak digunakan dengan cara menekan tombol home dan kemudian swipe ke kiri atau kanan pada iOS atau lakukan swipe-up pada Android. Pastikan kamu mengakhiri semua aplikasi yang sedang berjalan. Dengan cara ini, daya baterai kamu akan lebih tahan lama.

Bagaimana cara menonaktifkan aplikasi di iOS?

Pertama tekan tombol home untuk kembali ke layar utama. Kemudian swipe ke atas untuk menampilkan daftar aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Kemudian swipe ke kiri atau kanan pada aplikasi yang ingin kamu tutup. Akhirnya, tap pada tombol “X” untuk menutup aplikasi.

Bagaimana cara menonaktifkan aplikasi di Android?

Tekan tombol “Recent Apps” pada Android kamu. Kemudian swipe aplikasi yang ingin kamu tutup ke kiri atau kanan. Akhirnya, tap pada tombol “Close” atau “X” untuk menutup aplikasi.

2. Kurangi kecerahan layar

Layar smartphone kamu adalah salah satu pengeluar daya baterai terbesar. Dengan merendahkan kecerahan layar kamu, kamu dapat menghemat daya baterai secara signifikan. Kamu dapat menyesuaikan kecerahan layar pada pengaturan smartphone kamu.

Bagaimana cara mengatur kecerahan layar?

Untuk mengatur kecerahan layar di iOS, kamu dapat pergi ke pengaturan > display & brightness > adjust brightness. Di Android, kamu dapat mengatur kecerahan layar melalui pengaturan > display > brightness level. Atau kamu juga bisa menggunakan mode otomatis untuk menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis berdasarkan cahaya sekitar.

3. Nonaktifkan fitur yang tidak diperlukan

Smartphone kamu juga memiliki banyak fitur yang terus berjalan, sepertinya sekedar berjaga-jaga. Padahal, fitur-fitur ini bisa menyedot daya baterai. Beberapa fitur yang sebaiknya kamu matikan ketika tidak digunakan antara lain adalah GPS, Bluetooth, dan Wi-Fi.

Bagaimana cara menonaktifkan GPS di iOS?

Pertama, masuk ke pengaturan > privasi > lokasi. Kemudian, aktifkan atau nonaktifkan lokasi di setiap aplikasi. Atau kamu juga bisa menonaktifkan GPS secara keseluruhan dengan mematikan fitur locational services di pengaturan.

Bagaimana cara menonaktifkan GPS di Android?

Pertama, masuk ke pengaturan > lokasi. Kemudian, ketuk mode lokasi dan ubah menjadi mode “off”. Atau kamu juga bisa menonaktifkan fitur GPS dengan cara mematikan locational services di pengaturan.

Bagaimana cara menonaktifkan Bluetooth di iOS?

Pertama, masuk ke pengaturan > Bluetooth. Kemudian, geser toggle switch ke kiri untuk menonaktifkan Bluetooth.

Bagaimana cara menonaktifkan Bluetooth di Android?

Pertama, masuk ke pengaturan > Bluetooth. Kemudian, ketuk toggle switch untuk menonaktifkan Bluetooth.

Bagaimana cara menonaktifkan Wi-Fi di iOS?

Pertama, masuk ke pengaturan > Wi-Fi. Kemudian, geser toggle switch ke kiri untuk menonaktifkan Wi-Fi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Akta Kematian

Bagaimana cara menonaktifkan Wi-Fi di Android?

Pertama, masuk ke pengaturan > Wi-Fi. Kemudian, ketuk toggle switch untuk menonaktifkan Wi-Fi.

4. Gunakan mode hemat daya

Banyak smartphone yang menyediakan fitur hemat daya atau mode Ultra Power Saving. Dengan mengaktifkan mode ini, kamu dapat menghemat daya baterai smartphone kamu hingga 50%. Namun, mode ini juga akan membatasi akses kamu ke beberapa aplikasi sehingga kamu hanya bisa menggunakan aplikasi esensial saja.

Bagaimana cara mengaktifkan mode hemat daya di iOS?

Pertama, masuk ke pengaturan > battery. Kemudian, pilih mode hemat daya atau mode ultra hemat daya.

Bagaimana cara mengaktifkan mode hemat daya di Android?

Pertama, masuk ke pengaturan > battery. Kemudian, pilih mode hemat daya atau mode ultra hemat daya.

5. Gunakan charger yang tepat

Charger yang tidak tepat atau merk yang tidak terpercaya dapat merusak baterai dan memperpendek usia pakainya. Sebaiknya, gunakan charger yang asli dan direkomendasikan oleh produsen smartphone kamu.

Bagaimana cara mengetahui charger yang asli?

Charger yang asli biasanya memiliki logo dan merek smartphone yang jelas tercetak pada bodynya. Selain itu, charger asli juga akan memiliki label yang mengidentifikasi bahwa charger tersebut memang diproduksi oleh pabrikan resmi.

6. Mantapkan Sinyal Jaringan Internet

Pada umumnya, sinyal jaringan internet pada sebuah smartphone akan memengaruhi pemakaian baterai secara langsung. Hal ini terjadi karena smartphone akan terus-menerus mencari jaringan internet yang terbaik. Oleh karena itu, jika lingkungan sekitar yang kamu tempati memiliki sinyal yang buruk, maka tingkat konsumsi pun akan lebih tinggi. Pastikan kamu menggunakan ponsel di lingkungan yang memungkinkan koneksi internet stabil dan kuat.

Bagaimana cara meningkatkan sinyal jaringan internet?

Tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memajukan smartphone menggunakan fitur “Mode Pesawat” misal: di kantor yang sinyal sedang jelek, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat terlebih dahulu, lalu mengaktifkan kembali ketika kamu ingin menggunakan kembali smartphone. Hal ini juga dapat menghemat penggunaan baterai yang lebih efektif.

7. Hapus file yang tidak perlu

Smartphone kamu akan semakin lambat jika sudah terlalu banyak file yang disimpan pada memori internal. Seringkali, file yang tidak terpakai seperti dokumen, foto dan video yang sudah lama tidak dibuka menjadi semakin banyak. Hal ini tentu saja membuat kinerja smartphone kamu menjadi lemot dan menghabiskan daya baterai lebih cepat. Pastikan kamu menghapus file yang tidak diperlukan secara berkala.

Bagaimana cara menghapus file yang tidak diperlukan di iOS?

Pertama, masuk ke pengaturan > general > storage & iCloud usage. Kemudian, pilih “Manage Storage” untuk menampilkan daftar aplikasi yang memakan ruang penyimpanan terbanyak. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin dihapus dan tap pada tombol “Delete App”.

Bagaimana cara menghapus file yang tidak diperlukan di Android?

Secara umum, aplikasi yang digunakan di Android lebih fleksibel dalam membantu penggunanya mengontrol penggunaan daya baterai dan menampilkan aplikasi mana yang memakan daya baterai lebih banyak. Pada umumnya, aplikasi pembantu menampilkan aplikasi mana yang memakan daya baterai lebih tinggi sehingga kamu bisa secara langsung menghapus aplikasi tersebut.

8. Matikan fitur push email

Fitur push email mengirimkan notifikasi email secara langsung ke smartphone kamu. Hal ini tentu saja akan menguras daya baterai smartphone kamu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu matikan fitur ini jika tidak perlu atau mengatur untuk mengambil email dengan interval waktu tertentu.

Bagaimana cara menonaktifkan fitur push email di iOS?

Pertama, masuk ke pengaturan > mail, contacts, calendars. Kemudian, pilih akun email kamu dan atur pengaturan manual atau fetch setiap 15 menit.

Bagaimana cara menonaktifkan fitur push email di Android?

Pertama, masuk ke aplikasi email dan ketuk tombol tiga garis di sudut kiri atas layar. Kemudian, pilih “Settings” dan pilih akun email kamu. Selanjutnya, atur interval waktu untuk mengambil email.

9. Gunakan wallpaper yang gelap

Memilih wallpaper yang gelap dapat membantu menghemat daya baterai smartphone kamu. Hal ini terjadi karena smartphone kamu akan lebih banyak menggunakan piksel hitam pada tampilan wallpaper gelap. Piksel hitam dapat membantu menghemat daya baterai karena piksel ini tidak memakan tenaga baterai.

Bagaimana cara mengatur wallpaper di iOS?

Pertama, masuk ke pengaturan > wallpaper. Kemudian, pilih gambar yang ingin dijadikan wallpaper. Akhirnya, geser dan sesuaikan ukuran gambar untuk menyesuaikan dengan layar.

Bagaimana cara mengatur wallpaper di Android?

Pertama, masuk ke pengaturan > display > wallpaper. Kemudian, pilih kategori wallpaper yang kamu inginkan dan pilih gambar yang ingin kamu jadikan wallpaper.

10. Hapus cache aplikasi

Aplikasi yang seringkali kita gunakan akan menyimpan data cache pada memori smartphone. Cache yang sudah memenuhi memori akan membuat smartphone kamu menjadi lebih lambat dan memakan daya baterai. Oleh karena itu, pastikan kamu sering membersihkan cache aplikasi yang tidak diperlukan.

Bagaimana cara membersihkan cache aplikasi di iOS?

Untuk membersihkan cache aplikasi di iOS, kamu dapat menghapus aplikasi tersebut dan menginstal ulang. Atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi penghapus cache seperti Battery Doctor.

Bagaimana cara membersihkan cache aplikasi di Android?

Pada Android, kamu bisa membersihkan data dan cache aplikasi tersebut. Caranya adalah masuk ke pengaturan > aplikasi, pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache dan data-nya. Kemudian, pilih “Clear Data” dan “Clear Cache”.

TRENDING 🔥  Cara Agar Haid Cepat Selesai dalam Waktu 1 Hari

11. Aktifkan fitur Battery Saver

Fitur ini akan membantu mengatur penggunaan daya baterai pada smartphone kamu. Ketika daya baterai mulai menipis, fitur ini akan mengubah beberapa pengaturan smartphone kamu menjadi mode hemat daya. Sehingga, kamu bisa terus menggunakan smartphone kamu dengan sisa daya baterai yang masih ada.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur Battery Saver di iOS?

Pertama, masuk ke pengaturan > battery. Kemudian, aktifkan fitur Battery Saver atau mode hemat daya.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur Battery Saver di Android?

Pertama, masuk ke pengaturan > battery. Kemudian, aktifkan fitur Battery Saver atau mode hemat daya.

12. Gunakan mode pesawat

Jika kamu berada di daerah yang memiliki jaringan yang buruk atau kamu tidak memerlukan koneksi internet pada saat tertentu, kamu bisa menggunakan mode pesawat. Dengan menggunakan mode ini, kamu bisa menghemat penggunaan daya pada smartphone kamu.

Bagaimana cara mengaktifkan mode pesawat di iOS?

Untuk mengaktifkan mode pesawat di iOS, kamu bisa swiping dari bawah layar, sehingga muncul Control Center. Kemudian, ketuk ikon pesawat untuk mengaktifkan mode pesawat.

Bagaimana cara mengaktifkan mode pesawat di Android?

Untuk mengaktifkan mode pesawat di Android, kamu bisa swiping menu dari atas layar kebawah, kemudian ketuk ikon pesawat untuk mengaktifkan mode pesawat.

13. Gunakan headset

Saat kamu sedang mendengarkan musik atau menjawab panggilan, sebaiknya menggunakan headset. Hal ini akan membantu menghemat penggunaan daya baterai pada smartphone kamu.

Bagaimana cara menggunakan headset di iOS?

Untuk menggunakan headset di iOS, kamu bisa memasukkan headset ke jack audio pada smartphone kamu. Kemudian, pilih aplikasi musik atau panggilan yang kamu inginkan.

Bagaimana cara menggunakan headset di Android?

Untuk menggunakan headset di Android, kamu bisa memasukkan headset ke jack audio pada smartphone kamu. Kemudian, pilih aplikasi musik atau panggilan yang kamu inginkan.

14. Aktifkan mode Low Power Mode di iPhone

Mode ini akan membantu mengatur penggunaan daya baterai pada smartphone kamu. Ketika daya baterai mulai menipis, fitur ini akan mengubah beberapa pengaturan smartphone kamu menjadi mode hemat daya. Sehingga, kamu bisa terus menggunakan smartphone kamu dengan sisa daya baterai yang masih ada.

Bagaimana cara mengaktifkan mode Low Power di iPhone?

Pertama, masuk ke pengaturan > battery. Kemudian, aktifkan fitur Low Power Mode atau mode hemat daya.

15. Mengaktifkan Night Shift di iPhone

Mode Night Shift akan mengatur penggunaan warna layar pada smartphone kamu. Dengan menggunakan mode ini, warna yang muncul pada layar akan lebih nyaman dipandang dan tidak akan terlalu merangsang mata. Hal ini akan membantu menghemat penggunaan daya baterai pada smartphone kamu.

Bagaimana cara mengaktifkan mode Night Shift di iPhone?

Pertama, masuk ke pengaturan > display & brightness. Kemudian, pilih Night Shift dan atur jadwal penggunaan Night Shift.

16. Hindari memainkan game yang berat

Memainkan game yang berat akan membuat smartphone kamu menguras daya baterai dengan cepat. Oleh karena itu

Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi