Cara Mengatasi Bekas Jerawat

>

Cara Mengatasi Bekas Jerawat

Halo Sohib EditorOnline, jerawat memang menjadi masalah bagi banyak orang, terutama bagi yang sering mengalami jerawat parah. Namun, setelah jerawat hilang, bekasnya masih bisa menjadi masalah tersendiri. Bagaimana cara mengatasi bekas jerawat? Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan bekas jerawat.

1. Gunakan Sunscreen

Bekas jerawat bisa semakin terlihat saat terkena sinar matahari. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen setiap harinya, terutama ketika berada di luar ruangan. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Selain melindungi dari sinar UV, sunscreen juga bisa membantu mencerahkan kulit dan mengurangi kadar melanin, sehingga bekas jerawat bisa lebih cepat memudar.

Beberapa merk sunscreen yang bagus untuk melawan bekas jerawat antara lain Biore UV Aqua Rich Watery Essence dan La Roche-Posay Anthelios XL Fluid.

Untuk hasil yang optimal, gunakan sunscreen setiap pagi sebelum keluar rumah.

Terkadang, sunscreen juga bisa menyebabkan jerawat. Jika kamu mengalami hal tersebut, cari sunscreen yang oil-free dan non-comedogenic.

2. Gunakan Produk Skincare yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C memiliki efek pemutih dan mencerahkan yang baik untuk mengatasi bekas jerawat. Produk skincare yang mengandung vitamin C bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga bekas jerawat lebih cepat memudar.

Beberapa contoh produk skincare yang mengandung vitamin C adalah serum The Body Shop Vitamin C dan The Ordinary Ascorbyl Tetraisopalmitate Solution 20% in Vitamin F.

Gunakan produk skincare yang mengandung vitamin C setiap malam sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

3. Gunakan Minyak Tea Tree

Minyak tea tree memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang bisa membantu mengatasi bekas jerawat. Minyak ini juga bisa membantu meredakan kemerahan dan peradangan pada kulit.

Caranya, aplikasikan sedikit minyak tea tree pada bekas jerawat sebelum tidur. Biarkan semalaman dan bilas dengan air hangat pada pagi hari.

Perlu diingat bahwa minyak tea tree bisa menyebabkan iritasi pada kulit, terutama jika digunakan terlalu banyak. Oleh karena itu, gunakan dengan bijak.

4. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan

Makanan yang mengandung antioksidan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat. Antioksidan bisa membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Makanan yang kaya antioksidan antara lain sayuran hijau, buah-buahan seperti blueberry, raspberry, dan strawberry, kacang-kacangan, dan ikan.

Perbanyak konsumsi makanan yang kaya antioksidan untuk membantu kulit mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat.

5. Gunakan Peeling

Peeling bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat proses pengelupasan kulit. Dengan demikian, bekas jerawat bisa lebih cepat memudar.

TRENDING 🔥  Cara TF dari Dana ke OVO

Peeling bisa dilakukan di klinik kecantikan atau dengan menggunakan produk yang mengandung AHA atau BHA. Namun, hati-hati dalam penggunaannya, jangan terlalu sering atau terlalu keras untuk menghindari iritasi atau peradangan pada kulit.

FAQ – Pertanyaan yang Sering Diajukan

Pertanyaan Jawaban
Apa penyebab bekas jerawat? Bekas jerawat disebabkan oleh proses peradangan pada kulit akibat jerawat. Proses peradangan ini bisa meninggalkan pigmentasi atau noda pada kulit.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan bekas jerawat? Waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan bekas jerawat bisa berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung dari kondisi kulit masing-masing. Namun, dengan perawatan yang tepat, bekas jerawat bisa memudar dalam waktu 3-6 bulan.
Apakah bekas jerawat bisa dihindari? Jerawat memang sulit dihindari, tetapi bekas jerawat bisa dihindari dengan cara tidak memencet atau menggaruk jerawat, dan dengan melakukan perawatan kulit yang tepat untuk mencegah terjadinya peradangan atau infeksi.
Apakah perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat bisa dilakukan sendiri di rumah? Ya, perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, perlu diingat untuk memilih produk yang tepat dan memperhatikan dosis dan cara penggunaannya agar tidak merusak kulit.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat