Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone

>Hello Sohib EditorOnline! Jika kamu sering menggunakan iPhone, pasti sering menghadapi masalah penyimpanan iCloud penuh. Masalah ini cukup mengganggu karena bisa membuatmu kesulitan untuk melakukan backup data ataupun mengunduh aplikasi baru. Tenang saja, dalam artikel kali ini kami akan memberikan 20 cara untuk mengatasi iCloud penuh di iPhonemu. Yuk, simak selengkapnya!

1. Hapus File di iCloud

Jika kamu memilih untuk menyimpan foto, video, dan file lainnya di iCloud, tentu saja penyimpananmu akan lebih cepat penuh. Oleh karena itu, sebaiknya kamu secara rutin menghapus file yang tidak diperlukan di iCloud. Caranya, cukup buka aplikasi iCloud Drive dan pilih file yang ingin dihapus. Pilih opsi “Delete” untuk menghapusnya secara permanen.

Setelah menghapus file di iCloud, pastikan kamu juga menghapusnya di perangkat iOS maupun Mac yang terhubung dengan iCloud. Caranya, kamu bisa membuka aplikasi Foto atau Finder di perangkatmu dan pilih folder yang berisi file tersebut.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah file yang dihapus di iCloud juga akan hilang di perangkat? Tidak, kamu harus menghapusnya secara terpisah di perangkatmu.
Apakah file yang dihapus dari perangkat juga akan terhapus di iCloud? Ya, ketika kamu menghapus file di perangkatmu, maka file tersebut juga akan terhapus dari iCloud.

2. Nonaktifkan Backup Foto di iCloud

Salah satu penyebab penyimpanan iCloud cepat penuh adalah backup foto yang diaktifkan. Jika kamu memilih untuk menggunakan layanan iCloud Photo Library, maka foto dan video di perangkatmu akan secara otomatis diunggah ke iCloud. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya menyimpan foto dan video yang benar-benar penting di iCloud saja.

Untuk menonaktifkan backup foto di iCloud, kamu bisa membuka menu “Settings” di iPhone. Pilih “Photos” dan matikan opsi “iCloud Photos”.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah foto yang sudah diunggah ke iCloud juga akan terhapus jika opsi “iCloud Photos” dimatikan? Tidak, foto tersebut akan tetap tersimpan di iCloud.
Apakah saya tetap bisa melihat foto yang sudah diunggah ke iCloud jika opsi “iCloud Photos” dimatikan? Ya, foto tersebut masih bisa dilihat di aplikasi Foto di iPhone.

3. Hapus Pesan di iCloud

Jika kamu mengaktifkan fitur “Messages in iCloud”, pesan yang kamu kirim atau terima akan disimpan di iCloud secara otomatis. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi penyimpanan iCloud. Oleh karena itu, pastikan kamu menghapus pesan yang tidak diperlukan secara rutin.

Caranya, cukup buka aplikasi “Messages” di iPhone dan pilih pesan yang ingin dihapus. Tekan lama pada pesannya dan pilih opsi “More”. Kamu bisa memilih beberapa pesan sekaligus untuk dihapus. Setelah itu, pilih ikon tong sampah dan konfirmasi penghapusan.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah pesan yang dihapus di iPhone juga akan terhapus di iCloud? Ya, jika kamu mengaktifkan fitur “Messages in iCloud”, maka pesan yang dihapus di iPhone juga akan terhapus di iCloud.
Apakah pesan yang sudah dihapus di iCloud juga akan terhapus di iPhone? Ya, jika kamu mengaktifkan fitur “Messages in iCloud”, maka pesan yang dihapus di iCloud juga akan terhapus di iPhone.

4. Nonaktifkan Synchronization di iCloud

Synchronization adalah proses sinkronisasi data antara perangkatmu dan iCloud. Jika kamu mengaktifkan banyak fitur sinkronisasi, seperti Kontak, Kalender, dan Catatan, maka penyimpanan iCloudmu akan cepat penuh. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya mengaktifkan fitur sinkronisasi yang benar-benar penting. Untuk menonaktifkan fitur sinkronisasi di iPhone, kamu bisa membuka menu “Settings”, pilih “iCloud”, dan matikan opsi yang tidak diperlukan.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah data yang sudah di-sync di iCloud juga akan terhapus jika opsi sinkronisasi dimatikan? Tidak, data tersebut tetap akan tersimpan di iCloud.
Apakah saya tetap bisa mengakses data yang sudah disync di iCloud jika opsi sinkronisasi dimatikan? Ya, data tersebut masih bisa diakses di perangkatmu.
TRENDING 🔥  Cara Download MPL untuk Menjadi Juara

5. Gunakan Eksternal Storage

Jika kamu masih membutuhkan penyimpanan tambahan selain iCloud, kamu bisa menggunakan eksternal storage seperti flashdisk atau harddisk eksternal. Caranya, kamu bisa memilih storage yang kompatibel dengan iPhone dan melampirkannya ke perangkatmu. Setelah itu, kamu bisa melakukan backup atau mentransfer file ke eksternal storage tersebut.

Perlu diingat, pastikan kamu menggunakan eksternal storage yang terpercaya dan aman untuk menghindari potensi malware atau virus.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah iPhone bisa langsung membaca file di eksternal storage? Tidak semua eksternal storage bisa langsung dibaca oleh iPhone. Kamu perlu memilih storage yang kompatibel dengan perangkatmu.
Apakah data di eksternal storage juga bisa diakses di perangkat lain? Ya, jika kamu menggunakan eksternal storage yang kompatibel dengan perangkat lain.

6. Gunakan Aplikasi Cleaner

Ada banyak aplikasi cleaner yang bisa membantumu mengoptimalkan penyimpanan iCloud di iPhone. Aplikasi ini akan memindai file-file yang tidak diperlukan dan memberikan opsi untuk menghapusnya dengan mudah. Beberapa aplikasi cleaner yang bisa kamu gunakan di iPhone adalah CCleaner, CleanMyPhone, dan DaisyDisk.

Sebelum mengunduh dan menggunakan aplikasi cleaner, pastikan kamu memilih yang terpercaya dan aman untuk menghindari potensi malware atau virus.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah aplikasi cleaner bisa menghapus file yang penting? Tergantung pada pengaturanmu sendiri. Pastikan kamu memeriksa file yang akan dihapus sebelum mengklik opsi delete.
Apakah aplikasi cleaner bisa mengoptimalkan kinerja iPhone selain menghapus file yang tidak diperlukan? Ya, beberapa aplikasi cleaner juga memiliki fitur untuk mengoptimalkan kinerja iPhone, seperti membersihkan cache dan mempercepat proses booting.

7. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Selain file-file di iCloud, kamu juga perlu memeriksa aplikasi-aplikasi yang terpasang di iPhone. Beberapa aplikasi mungkin hanya terinstall secara tidak sengaja atau sudah tidak digunakan lagi. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan bisa membantu kamu menghemat penyimpanan di iCloud.

Caranya, cukup tekan lama pada ikon aplikasi yang ingin dihapus dan pilih opsi “Delete”. Kamu juga bisa menghapus aplikasi secara massal di menu “Settings” dan pilih “General”, “iPhone Storage”. Pilih aplikasi yang ingin dihapus dan tekan opsi “Delete App”.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah aplikasi yang sudah dihapus masih bisa diunduh lagi di App Store? Ya, kamu bisa mengunduh aplikasi yang sudah dihapus di App Store kembali dengan mudah.
Apakah data yang sudah tersimpan di aplikasi akan terhapus jika aplikasi dihapus? Tergantung pada aplikasi itu sendiri. Beberapa aplikasi memiliki opsi backup data di iCloud, sehingga kamu tetap bisa mengaksesnya jika sudah menginstal ulang aplikasi tersebut.

8. Gunakan Fitur Optimize Storage

Jika kamu menggunakan layanan Apple Music atau Apple TV+, pastikan kamu mengaktifkan fitur Optimize Storage. Fitur ini akan secara otomatis menghitung space penyimpanan dan menghapus konten yang sudah tidak diperlukan. Sehingga kamu bisa lebih hemat penyimpanan iCloud.

Untuk mengaktifkan fitur Optimize Storage, kamu bisa membuka menu “Settings”, pilih “Music” atau “TV”, dan aktifkan opsi “Optimize Storage”.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah konten yang sudah dihapus oleh fitur Optimize Storage bisa dikembalikan? Tidak, konten tersebut sudah dihapus secara permanent.
Apakah fitur Optimize Storage bisa digunakan di perangkat selain iPhone? Ya, fitur Optimize Storage juga tersedia di perangkat Mac.

9. Pilih Foto dan Video dengan Bijak

Salah satu penyebab penyimpanan iCloud cepat penuh adalah kamu menyimpan terlalu banyak foto dan video. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih foto dan video dengan bijak. Simpan hanya foto dan video yang memang benar-benar penting, dan unggah yang lain ke layanan cloud storage lain atau harddisk eksternal.

Kamu juga bisa memilih opsi untuk menonaktifkan opsi “Live Photos” atau “HDR” pada kamera iPhone untuk menghemat penyimpanan iCloud.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya bisa memilih foto dan video yang ingin diunggah ke iCloud? Ya, kamu bisa memilih foto dan video yang ingin diunggah ke iCloud. Kamu juga bisa memilih untuk tidak mengunggahnya secara otomatis.
Apakah saya bisa menghapus foto dan video dari iCloud tetapi tetap menyimpannya di perangkat? Ya, kamu bisa memilih untuk hanya menghapus foto dan video dari iCloud tanpa menghapusnya dari perangkat dengan memilih opsi “Download and Keep Originals”.

10. Hapus Data di Aplikasi iCloud Lainnya

Selain file di iCloud Drive, ada beberapa aplikasi Apple lainnya yang bisa menggunakan penyimpanan iCloud, seperti Pages, Numbers, Keynote, dan Mail. Pastikan kamu menghapus data yang tidak diperlukan di aplikasi-aplikasi tersebut secara rutin.

TRENDING 🔥  Cara Melacak Akun FB Palsu Lewat HP

Caranya, cukup buka aplikasi yang ingin dihapus datanya dan pilih file yang tidak diperlukan. Pilih opsi “Delete” untuk menghapusnya secara permanen.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah data yang dihapus di aplikasi iCloud juga akan terhapus di perangkat? Tidak, kamu harus menghapusnya secara terpisah di perangkatmu.
Apakah data yang dihapus di perangkat juga akan terhapus di aplikasi iCloud? Tergantung pada aplikasi itu sendiri. Beberapa aplikasi memiliki opsi sinkronisasi terpisah antara perangkat dan iCloud.

11. Gunakan Fitur “Offload Unused Apps”

Jika kamu memiliki banyak aplikasi yang jarang digunakan, kamu bisa menggunakan fitur “Offload Unused Apps” untuk menghemat penyimpanan iCloud. Fitur ini akan secara otomatis menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan secara otomatis, tetapi menyimpan data-data penting seperti pengaturan dan dokumen.

Untuk mengaktifkan fitur “Offload Unused Apps”, kamu bisa membuka menu “Settings”, pilih “General”, “iPhone Storage”, dan aktifkan opsi “Offload Unused Apps”.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah data di aplikasi yang sudah di-offload akan hilang? Tidak, data tersebut masih tersimpan di iCloud. Ketika kamu menginstal ulang aplikasi tersebut, data tersebut akan kembali.
Apakah saya bisa memilih aplikasi yang tidak ingin di-offload? Ya, kamu bisa memilih aplikasi yang tidak ingin di-offload dengan menekan ikon “Keep App”.

12. Nonaktifkan Fitur “My Photo Stream”

Jika kamu masih menggunakan fitur “My Photo Stream”, pastikan kamu hanya memilih foto yang benar-benar penting. Fitur ini akan secara otomatis mengunggah foto-foto yang kamu ambil ke iCloud, sehingga akan mempengaruhi space penyimpanan iCloud.

Untuk menonaktifkan fitur “My Photo Stream”, kamu bisa membuka menu “Settings”, pilih “Photos”, dan matikan opsi “My Photo Stream”.

Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone