Cara Mengatasi Pengangguran Friksional

>Hello Sohib EditorOnline, pengangguran friksional merupakan kondisi dimana seseorang mengalami masa transisi dari pekerjaan lama ke pekerjaan baru atau sedang mencari pekerjaan untuk pertama kalinya. Hal ini memang sering terjadi di masyarakat dan dapat menjadi kendala dalam mencapai stabilitas ekonomi. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas beberapa cara mengatasi pengangguran friksional yang dapat Anda lakukan.

1. Meningkatkan Kemampuan Pencarian Pekerjaan

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi pengangguran friksional adalah dengan meningkatkan kemampuan pencarian pekerjaan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan atau kursus-kursus yang berkaitan dengan pekerjaan yang diinginkan. Selain itu, Anda juga dapat memperluas jaringan atau networking dengan bergabung dalam komunitas atau organisasi yang sejenis.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam meningkatkan kemampuan pencarian pekerjaan, diantaranya:

a. Membuat CV yang Menarik

CV atau curriculum vitae merupakan dokumen penting yang akan menunjukkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan kemampuan yang dimiliki. Oleh karena itu, penting untuk membuat CV yang menarik dan menjelaskan secara jelas mengenai kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki.

b. Bertemu dengan Penyedia Kerja

Selain mencari informasi melalui internet atau koran, bertemu langsung dengan penyedia kerja atau recruiter dapat memperluas peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Dalam pertemuan tersebut, Anda dapat menjelaskan mengenai kemampuan dan motivasi yang dimiliki untuk bekerja di perusahaan tersebut.

c. Mengikuti Pelatihan Kerja

Selain itu, mengikuti pelatihan kerja atau workshop yang disediakan oleh perusahaan dapat menjadi peluang untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam pekerjaan yang diinginkan. Pelatihan-pelatihan tersebut dapat membantu memperdalam atau meningkatkan pengetahuan mengenai bidang pekerjaan yang diinginkan.

d. Meningkatkan Keterampilan Bahasa Asing

Meningkatkan keterampilan bahasa asing seperti bahasa Inggris atau mandarin dapat membuka peluang untuk bekerja di perusahaan-perusahaan asing atau perusahaan yang berhubungan dengan negara tersebut.

e. Memperbarui Informasi Terbaru

Perlu memperbarui informasi terbaru mengenai lowongan kerja atau tren pekerjaan yang sedang berkembang, hal tersebut dapat dilakukan melalui media internet atau sosial media, serta mengikuti seminar atau lokakarya yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan.

2. Menyiapkan Diri dengan Pekerjaan Sementara

Selama menunggu pekerjaan yang diinginkan, menyiapkan diri dengan pekerjaan sementara dapat membantu mengatasi pengangguran friksional. Hal tersebut dapat mengurangi tekanan finansial yang timbul akibat tidak memiliki penghasilan dan juga dapat meningkatkan pengalaman dan keterampilan dalam bidang pekerjaan tertentu. Beberapa jenis pekerjaan sementara yang dapat dipertimbangkan di antaranya:

a. Freelance

Frelance atau pekerja lepas dapat menjadi alternatif pekerjaan sementara yang dapat dilakukan. Misalnya pekerjaan desain grafis, penulis lepas, atau bekerja sebagai pemasar digital. Dalam bekerja sebagai freelance, Anda dapat mengembangkan keterampilan dan jaringan yang dapat membantu di masa depan.

b. Magang

Magang atau internship dapat menjadi pilihan pekerjaan sementara yang memperoleh pengalaman dan peluang untuk memperluas jaringan. Selain itu, magang juga dapat membuka peluang untuk diterima sebagai karyawan tetap di perusahaan tersebut jika memang berjalan dengan baik.

TRENDING 🔥  Cara Menghentikan Iklan di HP Samsung

c. Bekerja sebagai Pegawai Kontrak

Beberapa perusahaan memberikan kesempatan kerja sebagai pegawai kontrak. Walaupun bersifat sementara, pekerjaan kontrak tersebut dapat memberikan pengalaman kerja serta memperluas jaringan untuk mendapatkan pekerjaan lainnya di masa depan.

3. Mengembangkan Keterampilan

Salah satu cara mengatasi pengangguran friksional adalah meningkatkan keterampilan. Meningkatkan keterampilan dapat membuka peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Beberapa keterampilan yang dapat dikembangkan di antaranya:

a. Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi sangat penting dalam dunia kerja. Selain berbicara dengan jelas dan tepat, kemampuan mendengarkan dan memahami pandangan orang lain juga diperlukan.

b. Keterampilan Manajemen Waktu

Keterampilan manajemen waktu sangat penting dalam bekerja. Dalam mengatur waktu yang tepat dapat meningkatkan produktivitas dan kemampuan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

c. Keterampilan Pemecahan Masalah

Keterampilan dalam pemecahan masalah sangat diperlukan dalam dunia kerja. Dalam menghadapi masalah, Anda harus mampu mencari solusi yang terbaik dengan cepat dan efektif.

d. Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis seperti pemrograman, pengelolaan database, atau desain grafis sangat dibutuhkan dalam beberapa bidang pekerjaan. Meningkatkan keterampilan teknis dapat membuka peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang berkaitan dengan bidang tersebut.

e. Keterampilan Bahasa

Keterampilan bahasa asing seperti bahasa Inggris atau mandarin sangat dibutuhkan dalam beberapa bidang pekerjaan. Meningkatkan keterampilan bahasa dapat membuka peluang untuk bekerja di perusahaan-perusahaan asing atau perusahaan yang berhubungan dengan negara tersebut.

4. Bertindak Proaktif

Bertindak proaktif sangat penting dalam mengatasi pengangguran friksional. Bertindak proaktif dapat membuka peluang untuk mendapatkan peluang pekerjaan yang lebih banyak. Beberapa tindakan proaktif yang dapat Anda lakukan di antaranya:

a. Menjadi Relawan

Menjadi relawan atau volunteer dapat meningkatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki kesamaan dengan Anda. Selain itu, menjadi relawan dapat meningkatkan keterampilan dan pengalaman dalam bidang yang diminati.

b. Menjadi Entrepreneur

Menjadi entrepreneur atau wiraswasta dapat membuka peluang untuk menjadi pengusaha yang sukses. Dalam menjalankan usaha sendiri, Anda memiliki kebebasan untuk menentukan target serta mengembangkan kreatifitas dan keahlian yang dimiliki.

c. Mencari Mentor

Mencari mentor atau pembimbing dapat membantu melihat kelebihan dan kekurangan serta mendapatkan saran dalam menghadapi tantangan dalam mencari pekerjaan.

d. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Meningkatkan keterampilan sosial dapat membuka peluang untuk membangun jaringan dan memperluas persahabatan. Keterampilan sosial dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain tanpa ada perasaan minder atau takut.

FAQ

1. Apa itu pengangguran friksional?
Jawaban: Pengangguran friksional adalah kondisi dimana seseorang mengalami masa transisi dari pekerjaan lama ke pekerjaan baru atau sedang mencari pekerjaan untuk pertama kalinya.
2. Apa yang harus dilakukan jika mengalami pengangguran friksional?
Jawaban: Ada beberapa cara mengatasi pengangguran friksional yang dapat dilakukan, antara lain meningkatkan kemampuan pencarian pekerjaan, menyiapkan diri dengan pekerjaan sementara, mengembangkan keterampilan, dan bertindak proaktif.
3. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan pencarian pekerjaan?
Jawaban: Cara meningkatkan kemampuan pencarian pekerjaan adalah dengan membuat CV yang menarik, bertemu dengan penyedia kerja, mengikuti pelatihan kerja, meningkatkan keterampilan bahasa asing, dan memperbarui informasi terbaru.

Mengatasi pengangguran friksional membutuhkan kesabaran, tekad, dan keterampilan yang baik. Dalam setiap perjuangan, akan selalu ada rintangan dan tantangan yang harus dihadapi. Oleh karena itu, penting untuk tetap bersemangat dan terus mencari solusi untuk mencapai kesuksesan dalam karir Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengatasi pengangguran friksional dan mencapai kesuksesan dalam karir Anda.

Cara Mengatasi Pengangguran Friksional