Cara Mengatasi Windows 7 Build 7601 This Copy of Windows is Not Genuine

>

Cara Mengatasi Windows 7 Build 7601 This Copy of Windows is Not Genuine

Hello Sohib EditorOnline, jika kamu menggunakan Windows 7 dan menemukan pesan “this copy of windows is not genuine” pada desktopmu, jangan khawatir karena kamu bukan satu-satunya. Masalah ini sering terjadi pada pengguna Windows 7 dan bisa diatasi dengan beberapa cara yang akan dibahas dalam artikel ini.

Apa itu Windows 7 Build 7601 This Copy of Windows is Not Genuine?

Sebelum membahas cara mengatasi masalah ini, mari kita bahas dulu apa itu Windows 7 Build 7601 This Copy of Windows is Not Genuine. Pesan ini muncul ketika Windows mendeteksi bahwa lisensi Windows yang kamu gunakan tidak valid atau telah kadaluarsa. Pesan ini juga bisa muncul jika kamu menggunakan Windows bajakan.

Jadi, jika kamu membeli lisensi Windows 7 dan masih mendapatkan pesan ini, pastikan kamu mengaktifkan lisensi secara benar dan tidak menggunakan lisensi bajakan.

Cara Mengatasi Windows 7 Build 7601 This Copy of Windows is Not Genuine

1. Aktifkan Ulang Lisensi Windows

Langkah pertama dalam mengatasi masalah ini adalah dengan mengaktifkan ulang lisensi Windows. Kamu bisa melakukannya dengan cara berikut:

Langkah Cara
1 Buka Control Panel dan klik System and Security
2 Pilih System dan klik Activate Windows Now
3 Masukkan Product Key yang kamu dapatkan saat membeli lisensi Windows
4 Klik Next dan tunggu proses aktivasi selesai

Jika proses aktivasi berhasil, pesan “this copy of windows is not genuine” akan hilang dari desktop mu. Namun, jika kamu masih mendapatkan pesan tersebut, kamu bisa mencoba cara berikut.

2. Restart Windows Update Service

Kadang-kadang pesan ini muncul karena ada masalah dengan Windows Update Service. Kamu bisa mencoba restart service ini dengan cara berikut:

1 Buka Command Prompt dengan Run as Administrator
2 Ketik “net stop wuauserv” dan tekan Enter
3 Ketik “net start wuauserv” dan tekan Enter

Setelah service di restart, coba periksa kembali apakah pesan “this copy of windows is not genuine” masih muncul atau tidak.

3. Gunakan Windows Loader

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan Windows Loader. Windows Loader adalah aplikasi yang dapat memasukkan lisensi yang valid ke dalam sistem kamu tanpa harus membeli lisensi Windows.

TRENDING 🔥  Cara Menyalin Teks di Laptop

Perlu diingat, penggunaan Windows Loader adalah ilegal dan bisa merusak sistem kamu jika tidak digunakan dengan benar. Jadi, gunakan aplikasi ini dengan risiko sendiri.

FAQ

Apa yang harus saya lakukan jika saya menggunakan lisensi bajakan?

Jika kamu menggunakan lisensi bajakan, kamu harus membeli lisensi Windows yang valid untuk mengatasi masalah ini. Jangan mencoba menggunakan aplikasi atau cara-cara ilegal untuk mengaktifkan lisensi Windows karena itu bisa merusak sistem kamu.

Apakah pesan “this copy of windows is not genuine” berbahaya?

Tidak, pesan ini tidak berbahaya dan hanya memberitahukan bahwa lisensi Windows yang kamu gunakan tidak valid. Namun, kamu tidak akan bisa melakukan update Windows dan beberapa fitur akan dibatasi jika kamu tidak mengatasi masalah ini.

Apakah cara-cara di atas bisa digunakan pada Windows 8 atau 10?

Tidak, cara-cara di atas hanya untuk mengatasi masalah ini pada Windows 7. Jika kamu mengalami masalah serupa pada Windows 8 atau 10, kamu harus mencari cara-cara yang sesuai untuk sistem operasi tersebut.

Cara Mengatasi Windows 7 Build 7601 This Copy of Windows is Not Genuine