Cara Mengecek Penerima UMKM

>Hello Sohib EditorOnline, jika Anda saat ini sedang mencari informasi tentang cara mengecek penerima UMKM, maka artikel ini akan memberikan jawabannya. UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, terkadang masih banyak UMKM yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Oleh karena itu, penting untuk mengecek apakah Anda atau rekan Anda yang memiliki UMKM termasuk dalam daftar penerima bantuan dari pemerintah.

Apa itu UMKM?

Sebelum membahas cara mengecek penerima UMKM, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu UMKM. Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2008, UMKM adalah unit usaha ekonomi yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 2 Milyar (tidak termasuk tanah dan bangunan) dan pendapatan tahunan paling banyak Rp 50 Milyar, serta memiliki jumlah karyawan paling banyak 200 orang. UMKM dibagi menjadi tiga jenis, yaitu mikro, kecil, dan menengah.

Jenis-jenis UMKM

1. Mikro: memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50 Juta dan pendapatan tahunan paling banyak Rp 300 Juta, serta memiliki jumlah karyawan paling banyak 5 orang.

2. Kecil: memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 50 Juta sampai dengan Rp 500 Juta atau pendapatan tahunan lebih dari Rp 300 Juta sampai dengan Rp 2,5 Milyar, serta memiliki jumlah karyawan paling banyak 25 orang.

3. Menengah: memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 500 Juta sampai dengan Rp 2 Milyar atau pendapatan tahunan lebih dari Rp 2,5 Milyar sampai dengan Rp 50 Milyar, serta memiliki jumlah karyawan paling banyak 200 orang.

Cara Mengecek Penerima UMKM

1. Melalui Website Resmi

Salah satu cara untuk mengecek apakah UMKM Anda atau rekan Anda termasuk dalam daftar penerima bantuan dari pemerintah adalah melalui website resmi. Pemerintah telah menyediakan website resmi untuk informasi terkait UMKM, yaitu https://www.umkm.go.id/.

Anda dapat mengakses website ini dan memilih menu “Penerima Bantuan” untuk mengecek daftar penerima bantuan UMKM. Untuk memudahkan pencarian, Anda dapat menggunakan fitur pencarian dengan memasukkan nama atau Nomor Induk Kependudukan (NIK).

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah website ini dapat diakses oleh semua orang? Ya, website ini dapat diakses oleh siapa saja.
Apakah informasi yang disediakan di website ini valid? Iya, informasi yang disediakan di website ini berasal dari pemerintah dan valid.
Apakah ada biaya untuk mengecek daftar penerima bantuan di website ini? Tidak, tidak ada biaya untuk mengecek daftar penerima bantuan di website ini.

2. Melalui Aplikasi

Selain melalui website, Anda juga dapat mengecek daftar penerima bantuan UMKM melalui aplikasi resmi yang telah disediakan. Aplikasi tersebut adalah Aplikasi Peduli UMKM.

TRENDING 🔥  Cara Mendapatkan Uang 100 Juta dalam 1 Hari

Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store atau App Store. Setelah mengunduh dan membuka aplikasi, Anda dapat memilih menu “Penerima Bantuan” untuk mengecek daftar penerima bantuan UMKM.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah aplikasi ini gratis? Ya, aplikasi ini gratis dan dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store.
Apakah aplikasi ini tersedia untuk semua jenis smartphone? Ya, aplikasi ini tersedia untuk smartphone Android dan iPhone.
Apakah daftar penerima bantuan di aplikasi ini sama dengan di website? Ya, daftar penerima bantuan di aplikasi ini sama dengan di website.

3. Melalui Call Center

Jika Anda kesulitan untuk mengecek daftar penerima bantuan UMKM melalui website atau aplikasi, Anda juga dapat menghubungi Call Center yang telah disediakan. Call Center ini dapat dihubungi pada jam kerja, yaitu Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB.

Nomor Call Center yang dapat dihubungi adalah 1500045 atau 0811-1500045.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah Call Center ini gratis? Ya, Call Center ini gratis dan dapat dihubungi pada jam kerja.
Dapatkah saya menanyakan detail informasi mengenai penerima bantuan melalui Call Center? Ya, Anda dapat menanyakan detail informasi mengenai penerima bantuan melalui Call Center.
Adakah biaya yang harus saya bayar untuk mengecek penerima bantuan melalui Call Center? Tidak, tidak ada biaya yang harus Anda bayar untuk mengecek penerima bantuan melalui Call Center.

Kesimpulan

Itulah tiga cara yang dapat dilakukan untuk mengecek penerima UMKM. Tidak ada salahnya untuk mengecek apakah UMKM Anda atau rekan Anda termasuk dalam daftar penerima bantuan UMKM dari pemerintah. Dengan mengecek, Anda atau rekan Anda dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk pengembangan usaha.

Cara Mengecek Penerima UMKM