Cara Mengecek Plagiat Skripsi Online

>Halo Sohib EditorOnline! Apakah Anda sedang mencari cara untuk mengecek plagiat skripsi online? Jangan khawatir, kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai cara-cara untuk melakukan pengecekan plagiat skripsi secara online. Sebagai seorang mahasiswa atau peneliti, tentunya meneliti dan menulis skripsi dengan benar dan original adalah hal yang sangat penting. Oleh karena itu, pengecekan plagiat menjadi hal yang harus diutamakan sebelum mengajukan skripsi. Simak artikel ini hingga selesai ya!

Pengertian Plagiat Skripsi

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mengecek plagiat skripsi online, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu plagiat skripsi. Plagiat skripsi adalah tindakan menjiplak atau mengambil ide atau tulisan dari orang lain tanpa memberikan sumber atau kredit pada penulis aslinya. Plagiat juga bisa diartikan sebagai penggunaan kata-kata atau kalimat yang sama dengan tulisan orang lain tanpa memberikan tanda kutip atau sumber.

Plagiat skripsi merupakan pelanggaran etika akademik yang sangat serius dan bisa berdampak buruk pada karir akademik dan profesional seseorang. Oleh karena itu, setiap mahasiswa atau peneliti harus menghindari tindakan plagiat dan melakukan pengecekan plagiat sebelum mengajukan skripsi atau hasil penelitian.

Cara Mengecek Plagiat Skripsi Online

1. Gunakan Alat Pengecek Plagiat Online

Salah satu cara yang paling mudah dan efektif untuk mengecek plagiat skripsi adalah dengan menggunakan alat pengecek plagiat online. Terdapat banyak alat pengecek plagiat online yang bisa Anda gunakan, seperti Turnitin, Plagiarism Checker, DupliChecker, dan sebagainya. Anda hanya perlu mengunggah file skripsi atau dokumen yang ingin diperiksa ke alat tersebut dan alat akan melakukan pengecekan plagiat secara otomatis.

Anda bisa menggunakan alat pengecek plagiat online secara gratis atau berbayar. Meskipun alat berbayar cenderung lebih akurat dan bisa memberikan hasil yang lebih lengkap, namun alat gratis juga bisa digunakan dengan cukup baik. Pastikan Anda memilih alat pengecek plagiat yang terpercaya dan sudah terbukti akurat.

2. Gunakan Google atau Mesin Pencari Lainnya

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek plagiat skripsi adalah dengan menggunakan mesin pencari seperti Google. Anda bisa melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci atau frasa tertentu dari dokumen skripsi Anda dan mencari tahu apakah ada dokumen dengan konten serupa atau sama yang sudah ada di internet.

Jika hasil pencarian menunjukkan adanya dokumen yang sama atau mirip dengan dokumen skripsi Anda, pastikan Anda membaca dokumen tersebut dengan seksama dan mencatat sumber atau kredit penulis aslinya.

3. Minta Bantuan Dari Dosen Pembimbing atau Peneliti Lain

Anda juga bisa meminta bantuan dari dosen pembimbing atau peneliti lain untuk mengecek plagiat skripsi. Minta mereka untuk membantu Anda melakukan pengecekan dengan menggunakan alat pengecek plagiat online atau dengan melakukan pengecekan manual. Dosen pembimbing atau peneliti lain juga bisa memberikan saran atau masukan mengenai cara untuk menghindari plagiat atau melakukan penulisan skripsi yang lebih baik.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Risol Sayur

4. Cek Plagiat Dalam Bahasa Lain

Jika Anda memperoleh referensi dari luar negeri dan tidak menemukan penjelasan tersebut di dalam bahasa Indonesia, Anda perlu mengecek penulisan referensi tersebut dalam bahasa aslinya. Hal ini dilakukan untuk memastikan apa yang anda kutip dalam skripsi tidak terindikasi plagiat.

FAQ

No Pertanyaan Jawaban
1 Apakah mengecek plagiat skripsi itu penting? Sangat penting, karena plagiat skripsi merupakan pelanggaran etika akademik yang serius dan bisa berdampak buruk pada karir akademik dan profesional seseorang.
2 Apa yang harus dilakukan jika hasil pengecekan plagiat menunjukkan adanya kesamaan dengan dokumen lain? Pastikan Anda membaca dokumen tersebut dengan seksama dan mencatat sumber atau kredit penulis aslinya.
3 Apakah alat pengecek plagiat online yang berbayar lebih akurat? Ya, alat pengecek plagiat online yang berbayar cenderung lebih akurat dan bisa memberikan hasil yang lebih lengkap, namun alat gratis juga bisa digunakan dengan cukup baik.
4 Bolehkah menggunakan referensi orang lain dalam penulisan skripsi? Boleh, namun Anda harus memberikan sumber atau kredit pada penulis aslinya dengan benar dan jelas.
5 Berapa persen kesamaan dokumen yang diizinkan dalam skripsi? Tidak ada persentase kesamaan dokumen yang diizinkan dalam skripsi. Namun sebaiknya Anda tidak menjiplak atau mengambil tulisan orang lain secara utuh dan tanpa memberikan sumber atau kredit.

Kesimpulan

Demikianlah cara mengecek plagiat skripsi online yang bisa Anda lakukan untuk memastikan keaslian dan kebenaran skripsi yang Anda ajukan. Ingatlah bahwa plagiat merupakan tindakan yang sangat tidak etis dan bisa berdampak buruk pada karir akademik dan profesional seseorang. Oleh karena itu, lakukan pengecekan plagiat dengan baik dan benar sebelum mengajukan skripsi atau hasil penelitian.

Cara Mengecek Plagiat Skripsi Online