Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop

>Hello Sohib EditorOnline, have you ever accidentally deleted important files from your laptop? It is definitely frustrating, especially when we realize that we have permanently deleted the files. However, do not despair just yet because there are ways to recover those files. In this article, we will discuss different methods to restore permanently deleted files from your laptop.

1. Apa itu File Terhapus Permanen?

Sebelum kita membahas cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop, ada baiknya kita memahami apa itu file terhapus permanen. Ketika kita menghapus file, sebenarnya file tersebut masih tersimpan di tempat yang disebut sebagai Recycle Bin.

Namun, ketika kita menghapus file secara permanen dengan menggunakan tombol Shift + Delete atau melalui command prompt, maka file tersebut tidak lagi dapat ditemukan di Recycle Bin dan dianggap terhapus permanen. File tersebut dihapus secara permanen dari hard drive dan tidak dapat diakses lagi.

2. Apakah File Terhapus Permanen Bisa Dikembalikan?

Meskipun file terhapus secara permanen, tetapi sebenarnya file tersebut masih tersimpan di hard drive komputer atau laptop kita. Hal ini terjadi karena ketika kita menghapus file, hanya informasi file tersebut yang dihapus dari index, sehingga tidak dapat ditemukan lagi oleh sistem operasi.

Namun, sebenarnya file tersebut masih ada di hard drive dan dapat dipulihkan jika kita menggunakan metode yang tepat. Oleh karena itu, jangan langsung panik dan mencoba metode yang akan kami bahas berikut ini.

3. Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen dengan Command Prompt

Salah satu cara memulihkan file terhapus permanen adalah dengan menggunakan command prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka command prompt dengan menggunakan shortcut Windows + R dan ketik “cmd” kemudian tekan enter.
  2. Ketik “chkdsk D: /f” (D adalah drive tempat file terhapus berada) dan tekan enter untuk memeriksa dan memperbaiki error pada drive tersebut.
  3. Ketik “attrib -h -r -s /s /d D:*.*” (D adalah drive tempat file terhapus berada) dan tekan enter untuk mengembalikan atribut file tersebut.
  4. Cari file terhapus dengan menggunakan perintah “dir /a” dan perintah “dir *.ext” (ext adalah ekstensi file) untuk mencari file yang ingin dipulihkan.
  5. Ketik “copy /y D:folderfile.ext C:folder” (D adalah drive tempat file terhapus berada dan C adalah drive tempat file akan dipulihkan) dan tekan enter untuk memulihkan file.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat memulihkan file yang terhapus permanen dengan mudah. Namun, metode ini hanya berlaku untuk file yang terhapus secara tidak sengaja atau karena kesalahan pengguna. Jika file telah dihapus dengan sengaja, maka metode ini mungkin tidak berhasil.

4. Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen dengan Software Recovery

Jika metode sebelumnya tidak berhasil, maka Anda dapat mencoba menggunakan software recovery untuk mengembalikan file terhapus permanen. Berikut adalah beberapa software recovery yang dapat Anda gunakan:

Nama Software Kelebihan Kekurangan
Recuva Gratis, mudah digunakan Tidak mendukung recovery file dari hard drive rusak
Stellar Data Recovery Mendukung recovery dari berbagai jenis penyimpanan data, dapat memulihkan file dengan format yang berbeda Tidak gratis, membutuhkan waktu yang lama untuk proses scanning
EaseUS Data Recovery Wizard Mudah digunakan, mendukung recovery dari berbagai jenis penyimpanan data Tidak gratis, membutuhkan waktu yang lama untuk proses scanning
TRENDING 🔥  Cara Sujud Tilawah: Panduan untuk Mengeksplorasi Arti Makna Al-Quran

Setelah menginstal software recovery, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan file terhapus permanen:

  1. Buka software recovery dan pilih jenis file yang ingin dipulihkan.
  2. Pilih lokasi drive tempat file terhapus berada dan tekan scan.
  3. Setelah proses scanning selesai, pilih file yang ingin dipulihkan dan tekan recover.
  4. Pilih lokasi drive tempat file akan dipulihkan dan tekan OK.
  5. Tunggu proses recovery selesai.

Dengan menggunakan software recovery, Anda dapat memulihkan file yang terhapus permanen dengan mudah. Namun, pastikan untuk menggunakan software yang terpercaya dan sudah teruji, agar tidak terjadi kerusakan pada data yang masih tersimpan di hard drive.

5. Cara Mencegah File Terhapus Permanen di Masa Depan

Untuk menghindari terjadinya file terhapus permanen di masa depan, Anda dapat mengikuti tips-tips berikut:

  1. Jangan langsung menghapus file yang tidak diperlukan tanpa memeriksa terlebih dahulu.
  2. Gunakan Recycle Bin untuk menghapus file, sehingga dapat dipulihkan jika diperlukan.
  3. Jangan menggunakan tombol Shift + Delete untuk menghapus file.
  4. Backup data secara berkala, agar data tidak hilang jika terjadi kerusakan pada hard drive.

6. Kesimpulan

Memulihkan file yang terhapus permanen dari laptop memang tidak mudah, namun dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memulihkan file tersebut dengan mudah. Selain itu, pastikan untuk melakukan backup data secara berkala dan mengikuti tips untuk mencegah file terhapus permanen di masa depan.

FAQ

Q: Apakah semua file yang terhapus permanen dapat dikembalikan?

A: Tidak semua file yang terhapus permanen dapat dikembalikan. Jika file tersebut telah di-overwrite oleh data lain, maka file tersebut tidak dapat dipulihkan.

Q: Apakah software recovery dapat memulihkan semua jenis file?

A: Ya, software recovery dapat memulihkan berbagai jenis file, seperti foto, video, dokumen, dan lain sebagainya.

Q: Apakah menggunakan software recovery aman untuk data saya?

A: Ya, menggunakan software recovery yang terpercaya dan sudah teruji dapat memulihkan data tanpa merusak data yang masih tersimpan di hard drive. Namun, pastikan untuk memilih software yang terpercaya dan mengikuti instruksi dengan benar.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop