Cara Mengembalikan Foto WA yang Terhapus

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu pernah kehilangan foto di aplikasi WhatsApp? Tentu sangat menjengkelkan ketika foto yang dianggap berharga bisa hilang begitu saja. Namun, tenang saja karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan foto WA yang terhapus. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menggunakan Fitur Chat Backup

WhatsApp memiliki fitur chat backup yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto WA yang terhapus. Fitur ini secara otomatis menyimpan chat dan media WhatsApp kamu di Google Drive atau iCloud.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu harus memastikan bahwa akun Google Drive atau iCloud terhubung ke akun WhatsApp kamu. Kemudian, pilih “Settings” di menu WhatsApp dan pilih “Chats”. Di bawah “Chat Backup”, kamu dapat memilih “Backup Now” untuk menyimpan chat dan media secara manual, atau memilih “Auto Backup” untuk menyimpan data secara otomatis.

Jika kamu ingin mengembalikan foto yang terhapus, kamu bisa melakukan restore data dari backup yang telah kamu buat sebelumnya. Caranya cukup mudah, kamu tinggal uninstall WhatsApp dan reinstall aplikasi tersebut dari App Store atau Google Play. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengembalikan data dari backup yang telah dibuat sebelumnya.

FAQ:

1. Apakah data yang telah dihapus dapat dipulihkan dari backup?
Jawaban: Ya, data yang telah dihapus dapat dipulihkan dari backup asalkan backup tersebut telah dibuat sebelum data dihapus.
2. Apakah foto yang dihapus secara permanen dapat dipulihkan melalui backup?
Jawaban: Tidak, foto yang telah dihapus secara permanen tidak dapat dipulihkan melalui backup. Backup hanya dapat digunakan untuk mengembalikan data yang telah dihapus secara tidak sengaja.
3. Apakah ada batasan ukuran backup?
Jawaban: Ya, Google Drive dan iCloud memiliki batasan ukuran backup. Kamu dapat memilih untuk membeli ruang tambahan jika kapasitas yang diberikan tidak mencukupi.

2. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika metode pertama tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data untuk mengembalikan foto WA yang terhapus. Ada banyak aplikasi yang tersedia di App Store atau Google Play, seperti EaseUS MobiSaver, DiskDigger, atau Dumpster.

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstall aplikasi pemulihan data yang kamu pilih. Kemudian, jalankan aplikasi dan pilih jenis file yang ingin kamu pulihkan. Setelah itu, kamu bisa memilih folder atau lokasi di mana foto yang hilang terakhir kali disimpan. Setelah proses scanning selesai, pilih foto yang ingin kamu pulihkan dan tekan tombol “Restore”.

FAQ:

1. Apakah aplikasi pemulihan data gratis?
Jawaban: Tidak semua aplikasi pemulihan data gratis. Beberapa aplikasi memerlukan biaya untuk mendapatkan versi penuhnya.
2. Apakah aplikasi pemulihan data bisa dipakai untuk mengembalikan data yang terhapus dari aplikasi WhatsApp?
Jawaban: Ya, beberapa aplikasi pemulihan data bisa dipakai untuk mengembalikan data yang terhapus dari aplikasi WhatsApp.
3. Apakah aplikasi pemulihan data aman?
Jawaban: Ya, asalkan kamu menginstall aplikasi dari sumber yang terpercaya dan melakukan backup data sebelum menggunakan aplikasi pemulihan data.
TRENDING 🔥  Cara Live IG: Tips and Tricks to Boost Your Instagram Live Experience

3. Menghubungi Tim Dukungan WhatsApp

Jika kedua metode di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba menghubungi tim dukungan WhatsApp untuk meminta bantuan. Namun, sebelum menghubungi tim dukungan, pastikan kamu telah melakukan backup data secara teratur dan mencatat nomor telepon dan informasi akun WhatsApp kamu.

Kamu bisa menghubungi tim dukungan melalui email atau melalui fitur “Contact Us” di aplikasi WhatsApp. Sampaikan masalah kamu dengan jelas dan lengkap, serta sertakan informasi yang diperlukan seperti nomor telepon dan informasi akun. Tim dukungan WhatsApp akan mencoba membantu kamu dalam mengembalikan foto yang terhapus.

FAQ:

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses permintaan dukungan melalui email atau fitur “Contact Us”?
Jawaban: Waktu yang dibutuhkan untuk memproses permintaan dukungan bisa bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan masalah dan jumlah permintaan yang diterima oleh tim dukungan.
2. Apa yang harus dilakukan jika tim dukungan WhatsApp tidak bisa mengembalikan foto yang terhapus?
Jawaban: Jika tim dukungan WhatsApp tidak bisa mengembalikan foto yang terhapus, kamu bisa mencoba metode lain yang telah dijelaskan di atas atau menerima kenyataan bahwa foto tersebut telah hilang secara permanen.
3. Apakah tim dukungan WhatsApp menyediakan layanan pemulihan data secara langsung?
Jawaban: Tidak, tim dukungan WhatsApp tidak menyediakan layanan pemulihan data secara langsung. Tim dukungan hanya akan memberikan saran atau solusi dalam mengembalikan data yang terhapus.

Demikianlah cara mengembalikan foto WA yang terhapus yang bisa kamu lakukan. Pastikan kamu melakukan backup data secara teratur dan mengaktifkan fitur chat backup agar data penting kamu aman dan terlindungi.

Cara Mengembalikan Foto WA yang Terhapus