CARA MENGEMBALIKAN PENCIUMAN YANG HILANG KARENA COVID

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah Anda salah satu dari mereka yang mengalami kehilangan penciuman akibat terpapar virus COVID-19? Jika ya, maka Anda tidak sendirian. Kehilangan indra penciuman adalah salah satu gejala yang paling umum terjadi pada pasien COVID-19. Namun, jangan khawatir, karena di artikel ini kami akan membahas cara mengembalikan penciuman yang hilang akibat COVID-19 dengan 20 langkah yang mudah diikuti.

1. Kenali Gejala Kehilangan Penciuman

Sebelum membahas cara mengembalikan penciuman yang hilang, penting bagi kita untuk memahami gejala-gejala yang terkait dengan kehilangan penciuman. Beberapa gejala yang umum terjadi adalah:

Gejala Penjelasan
Tidak dapat mencium bau Penderita tidak dapat mencium bau yang biasanya mudah tercium
Hilangnya rasa makanan Penderita tidak dapat menikmati rasa makanan seperti biasanya karena tidak dapat mencium aroma makanan
Pengurangan sensitivitas penciuman Penderita masih dapat mencium aroma makanan tetapi dengan sensitivitas yang menurun

2. Lakukan Tes Penciuman Sederhana

Salah satu cara sederhana untuk mengecek apakah kita mengalami kehilangan penciuman adalah dengan melakukan tes penciuman sederhana. Caranya adalah dengan mencium benda-benda yang memiliki aroma kuat seperti kopi, bawang putih, atau cuka. Jika kita tidak dapat merasakan aroma tersebut, maka kemungkinan besar kita mengalami kehilangan penciuman. Oleh karena itu, mari kita lanjutkan ke langkah selanjutnya untuk mengembalikan penciuman yang hilang.

3. Istirahat dan Jaga Kesehatan

Setelah mengetahui bahwa kita mengalami kehilangan penciuman, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan istirahat dan menjaga kesehatan. Ini sangat penting karena tubuh kita memerlukan waktu untuk memerangi virus COVID-19 dan memulihkan diri dari infeksi tersebut. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan selama proses pemulihan dapat dilakukan dengan:

  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi
  • Minum banyak air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi
  • Istirahat yang cukup untuk mempercepat proses pemulihan
  • Menghindari merokok dan alkohol
  • Mengonsumsi suplemen yang dapat membantu mempercepat proses pemulihan seperti vitamin C atau zinc

4. Gunakan Pengharum Aroma

Salah satu cara sederhana untuk membantu mengembalikan penciuman yang hilang adalah dengan menggunakan pengharum aroma. Pengharum aroma seperti minyak esensial atau lilin aromaterapi dapat membantu memperbaiki sensitivitas penciuman kita. Beberapa aroma yang dapat membantu memulihkan penciuman kita adalah:

  • Peppermint
  • Lavender
  • Eucalyptus
  • Lemon
  • Rosemary

Saat menggunakan pengharum aroma, pastikan untuk menggunakannya dengan bijak dan jangan terlalu banyak menggunakan pengharum tersebut agar tidak membuat kita semakin tidak nyaman.

5. Coba Terapi Penciuman

Terapi penciuman adalah salah satu cara yang sedang populer untuk membantu mengembalikan sensitivitas penciuman yang hilang. Terapi ini biasanya dilakukan dengan menggunakan berbagai macam aroma dan bahan-bahan alami untuk membantu meningkatkan sensitivitas penciuman kita. Beberapa terapi penciuman yang dapat dicoba antara lain:

  • Terapi inhalasi
  • Terapi aromaterapi
  • Terapi yang menggunakan teknik pijat atau akupresur
TRENDING 🔥  Cara Screenshot Samsung A10 - Panduan Lengkap dari Sohib EditorOnline

Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau terapis ahli sebelum mencoba terapi penciuman.

6. Lakukan Latihan Penciuman

Lakukan latihan penciuman sederhana adalah salah satu cara efektif untuk membantu mengembalikan sensitivitas penciuman kita. Beberapa latihan sederhana yang dapat dicoba antara lain:

  • Coba mencium berbagai macam aroma seperti bumbu masakan atau minyak esensial dan coba mengidentifikasi aroma tersebut
  • Coba mencium berbagai jenis buah atau sayur dan berfokus pada aroma yang dihasilkan
  • Coba mencium aroma yang terkait dengan kenangan tertentu untuk meningkatkan koneksi otak dan penciuman

Dengan melakukan latihan penciuman secara rutin, sensitivitas penciuman kita akan semakin meningkat sehingga kita dapat merasakan aroma dengan lebih baik.

7. Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin C dan Zinc

Vitamin C dan zinc adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk mempercepat proses pemulihan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi-nutrisi tersebut seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, atau biji-bijian dapat membantu mempercepat proses pemulihan serta membantu meningkatkan sensitivitas penciuman kita.

8. Hindari Minuman Beralkohol dan Merokok

Merokok dan minuman beralkohol dapat memperburuk kehilangan penciuman yang kita alami serta memperlambat proses pemulihan. Oleh karena itu, hindari kedua hal tersebut selama masa pemulihan Anda.

9. Bersihkan Hidung Secara Teratur

Membasuh hidung dengan air garam dapat membantu membersihkan saluran hidung kita dan membantu mengembalikan sensitivitas penciuman yang hilang. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan satu cangkir air hangat dan menggunakan campuran tersebut untuk membilas hidung kita. Lakukan hal ini secara teratur untuk membantu meningkatkan sensitivitas penciuman kita.

10. Berkonsultasi dengan Dokter

Jika kita mengalami kehilangan penciuman yang parah dan tidak kunjung sembuh bahkan setelah mencoba berbagai cara di atas, maka sebaiknya kita segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan tindakan medis yang diperlukan untuk membantu mengembalikan penciuman kita.

FAQ

1. Apakah kehilangan penciuman akibat COVID-19 bisa sembuh?

Ya, kehilangan penciuman akibat COVID-19 bisa sembuh. Namun, durasi pemulihan dapat berbeda-beda pada setiap orang.

2. Apa yang menyebabkan kehilangan penciuman akibat COVID-19?

Kehilangan penciuman akibat COVID-19 disebabkan oleh kerusakan pada sel-sel penciuman yang ada di dalam hidung kita. Virus COVID-19 dapat memicu sistem kekebalan tubuh kita untuk menyerang sel-sel tersebut sehingga menyebabkan kehilangan penciuman.

3. Apakah terapi penciuman efektif?

Terapi penciuman dapat efektif dalam membantu mengembalikan sensitivitas penciuman yang hilang. Namun, efektivitas terapi tersebut dapat berbeda-beda pada setiap orang.

4. Apakah minyak esensial dapat membantu mengembalikan penciuman yang hilang?

Ya, minyak esensial seperti peppermint atau eucalyptus dapat membantu meningkatkan sensitivitas penciuman kita.

5. Apakah makanan dapat membantu meningkatkan penciuman yang hilang?

Ya, makanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan zinc dapat membantu mempercepat proses pemulihan dan meningkatkan sensitivitas penciuman kita.

CARA MENGEMBALIKAN PENCIUMAN YANG HILANG KARENA COVID