Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kamu pernah mengalami kejadian dimana kamu menghapus sebuah video penting tapi tiba-tiba kamu butuh video tersebut lagi? Jika iya, jangan khawatir karena dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengembalikan video yang terhapus permanen.

Apa itu Video Terhapus Permanen?

Sebelum kita membahas cara mengembalikan video yang terhapus permanen, ada baiknya kita memahami apa itu video terhapus permanen. Video terhapus permanen artinya video tersebut tidak dapat dipulihkan dengan menggunakan fitur restore atau recycle bin di komputer. Hal ini terjadi karena video sudah dihapus secara permanen dan tidak dapat ditemukan di tempat sampah.

Ketika video dihapus secara permanen, tidak semua orang tahu bahwa video tersebut masih dapat dipulihkan asalkan kamu tahu caranya. Nah, inilah yang akan kita bahas selanjutnya.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di Windows

Langkah 1: Hentikan Pemakaian Komputer atau Laptop Kamu Setelah Video Tersebut Terhapus

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin mengembalikan video yang terhapus permanen adalah dengan segera menghentikan pemakaian komputer atau laptop kamu. Hal ini dilakukan agar file yang telah terhapus tidak tertimpa dengan file baru yang akan kamu buat. Tertimpanya file baru pada area penyimpanan yang dulunya menyimpan file yang terhapus akan membuat file yang ingin kamu kembalikan hilang secara permanen.

Langkah 2: Use a Data Recovery Software

Langkah kedua adalah dengan menggunakan software pemulihan data. Kamu dapat mencari software tersebut di internet dengan kata kunci ‘data recovery software’. Beberapa software pemulihan data yang terkenal adalah Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan Disk Drill.

Setelah kamu menentukan software mana yang akan digunakan, kamu dapat mengunduh dan memasang software tersebut di komputer kamu.

Langkah 3: Install and Run the Data Recovery Software

Setelah software pemulihan data terpasang di komputer kamu, kamu dapat menjalankan software tersebut. Setelah software dijalankan, kamu akan melihat beberapa pengaturan dan pilihan yang harus kamu lakukan untuk memulai proses pemulihan.

Jangan lupa untuk memilih drive atau lokasi penyimpanan dimana video tersebut terhapus. Setelah itu, kamu dapat mengikuti setiap langkah yang diberikan oleh software pemulihan data dan menunggu hingga prosesnya selesai.

Langkah 4: Save the Recovered Video

Setelah proses pemulihan telah selesai, kamu akan melihat beberapa file yang dapat dipulihkan. Kamu dapat memilih video yang ingin dipulihkan dan menyimpannya dengan cara mengklik tombol ‘save’ atau ‘recover’. Video tersebut akan dipulihkan dan kembali tersimpan pada tempat yang telah kamu tentukan sebelumnya.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di Mac

Langkah 1: Stop Using Your Mac After the Video is Deleted

Seperti halnya di Windows, ketika kamu ingin mengembalikan video yang terhapus permanen di Mac, kamu harus segera menghentikan penggunaan MacBook kamu.

Langkah 2: Use Data Recovery Software

Kamu dapat menggunakan software penyelamat data untuk Mac seperti Disk Drill atau EaseUS Data Recovery Wizard for Mac. Setelah mendownload dan memasang software tersebut, kamu dapat langsung menjalankan software tersebut. Software pemulihan data untuk Mac biasanya lebih mahal ketimbang software untuk Windows, namun kualitasnya terjamin dan proses pemulihannya sangat mudah dilakukan.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Bacaan Tiktok

Langkah 3: Select Recovery Disk and Scanning Mode

Setelah kamu menjalankan software pemulihan data, kamu dapat memilih recovery disk atau lokasi penyimpanan dimana file yang terhapus terletak. Setelah itu, kamu dapat memilih mode scanning yang akan dijalankan oleh software tersebut. Ada dua mode scanning yang dapat dilakukan, yaitu quick scan dan deep scan. Quick scan akan membantu kamu mencari file yang terhapus secara cepat, sementara deep scan akan memakan waktu yang lebih lama namun dapat menemukan file yang terhapus secara lebih akurat.

Langkah 4: Preview and Recover Deleted Video Files

Setelah proses scanning selesai, software akan menampilkan semua file yang dapat dipulihkan. Kamu dapat memilih video yang ingin dipulihkan dan melakukan preview terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Setelah itu, kamu dapat menyimpan video tersebut dan video akan dipulihkan kembali.

Tips untuk Mencegah Kehilangan Video

Selain cara mengembalikan video yang terhapus permanen yang telah kamu pelajari di atas, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kehilangan video di masa depan.

Back Up Your Videos Regularly

Cara paling ampuh untuk mencegah kehilangan video adalah dengan melakukan backup secara teratur. Kamu dapat melakukan backup menggunakan software backup atau dengan menyimpan video pada cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox.

Use Reliable Storage Devices

Penting untuk menggunakan perangkat penyimpanan yang andal seperti hard disk atau SD card agar video kamu tidak hilang secara tiba-tiba. Perangkat penyimpanan murah dapat merusak file kamu dengan cepat dan menyebabkan kehilangan data.

Check Your Recycle Bin before Emptying It

Penting untuk mengecek recycle bin sebelum mengosongkannya. Terkadang video yang terhapus secara tidak sengaja masih dapat ditemukan di recycle bin dan kamu dapat mengembalikannya dari sana.

Sekarang kamu sudah mengetahui cara mengembalikan video yang terhapus permanen dan tips untuk mencegah kehilangan video di masa depan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu! Jangan lupa untuk mengingat tips yang telah kami berikan agar kamu tidak kehilangan video yang penting lagi.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apa arti video terhapus permanen? Video terhapus permanen artinya video tersebut tidak dapat dipulihkan dengan menggunakan fitur restore atau recycle bin di komputer. Hal ini terjadi karena video sudah dihapus secara permanen dan tidak dapat ditemukan di tempat sampah.
Bisakah video yang terhapus permanen dipulihkan? Ya, video yang terhapus permanen masih dapat dipulihkan asalkan kamu menggunakan software pemulihan data yang tepat.
Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemulihan data? Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemulihan data tergantung pada ukuran file yang terhapus dan seberapa banyak file yang terhapus. Proses pemulihan data dapat memakan waktu antara beberapa menit hingga beberapa jam.
Bagaimana cara mencegah kehilangan video di masa depan? Kamu dapat mencegah kehilangan video di masa depan dengan melakukan backup secara teratur, menggunakan perangkat penyimpanan yang andal, dan mengecek recycle bin sebelum mengosongkannya.
Apakah semua jenis file dapat dipulihkan? Tidak, tidak semua jenis file dapat dipulihkan dengan software pemulihan data. Namun, sebagian besar jenis file dapat dipulihkan asalkan kamu menggunakan software yang tepat.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen