Cara Mengerjakan Bilangan Bulat

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kamu seringkali merasa kesulitan dalam mengerjakan soal matematika yang berkaitan dengan bilangan bulat? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini saya akan membahas cara mudah mengerjakan bilangan bulat.

Pengenalan Bilangan Bulat

Sebelum memulai pembahasan, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu bilangan bulat. Bilangan bulat adalah bilangan yang tidak mempunyai koma atau pecahan, dan bisa berupa bilangan positif atau negatif. Contohnya: 1, 2, 3, -1, -2, -3.

Dalam mengerjakan bilangan bulat, kita seringkali menggunakan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Berikut adalah cara mudah mengerjakan bilangan bulat.

Penjumlahan Bilangan Bulat

Penjumlahan bilangan bulat dilakukan dengan cara menjumlahkan bilangan-bilangan tersebut. Jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang sama, maka kita hanya perlu menjumlahkan bilangan itu dan menuliskan tanda yang sama dengan bilangan tersebut. Contohnya: 3 + 4 = 7 atau -3 + (-4) = -7.

Namun, jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang berbeda, maka kita harus melakukan pengurangan dengan mengurangkan bilangan negatif dari bilangan positif. Contohnya: 3 + (-4) = -1 atau -3 + 4 = 1.

Tabel Penjumlahan Bilangan Bulat

+ Positif Negatif
Positif Positif + Positif = Positif Positif + Negatif = Hasilnya yang lebih besar dengan tanda positif
Negatif Negatif + Positif = Hasilnya yang lebih besar dengan tanda positif Negatif + Negatif = Negatif + Negatif = Hasilnya yang lebih kecil dengan tanda negatif

Pengurangan Bilangan Bulat

Pengurangan bilangan bulat dilakukan dengan cara mengurangkan bilangan-bilangan tersebut. Jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang sama, maka kita hanya perlu mengurangkan bilangan itu dan menuliskan tanda yang sama dengan bilangan tersebut. Contohnya: 5 – 2 = 3 atau -5 – (-2) = -3.

Namun, jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang berbeda, maka kita harus melakukan penjumlahan dengan menjumlahkan bilangan negatif dengan bilangan positif. Contohnya: 5 – (-2) = 7 atau -5 – 2 = -7.

Tabel Pengurangan Bilangan Bulat

Positif Negatif
Positif Positif – Positif = Selisihnya dengan tanda yang sama dengan bilangan positif Positif – Negatif = Hasilnya yang lebih besar dengan tanda positif
Negatif Negatif – Positif = Hasilnya yang lebih kecil dengan tanda negatif Negatif – Negatif = Selisihnya dengan tanda yang sama dengan bilangan negatif

Perkalian Bilangan Bulat

Perkalian bilangan bulat dilakukan dengan cara mengalikan bilangan-bilangan tersebut. Jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang sama, maka hasilnya akan positif. Contohnya: 2 x 3 = 6 atau -2 x (-3) = 6.

Namun, jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang berbeda, maka hasilnya akan negatif. Contohnya: -2 x 3 = -6 atau 2 x (-3) = -6.

Tabel Perkalian Bilangan Bulat

x Positif Negatif
Positif Positif x Positif = Positif Positif x Negatif = Negatif
Negatif Negatif x Positif = Negatif Negatif x Negatif = Positif
TRENDING 🔥  Cara Topup Dana lewat Pulsa

Pembagian Bilangan Bulat

Pembagian bilangan bulat dilakukan dengan cara membagi bilangan-bilangan tersebut. Jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang sama, maka hasilnya akan positif. Contohnya: 6 : 2 = 3 atau -6 : (-2) = 3.

Namun, jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang berbeda, maka hasilnya akan negatif. Contohnya: -6 : 2 = -3 atau 6 : (-2) = -3.

Tabel Pembagian Bilangan Bulat

: Positif Negatif
Positif Positif : Positif = Positif Positif : Negatif = Negatif
Negatif Negatif : Positif = Negatif Negatif : Negatif = Positif

Negasi Bilangan Bulat

Negasi bilangan bulat dilakukan dengan cara membalikkan tanda bilangan tersebut. Contohnya: negasi dari 4 adalah -4 atau negasi dari -5 adalah 5.

FAQ Tentang Cara Mengerjakan Bilangan Bulat

Apa itu bilangan bulat?

Bilangan bulat adalah bilangan yang tidak mempunyai koma atau pecahan, dan bisa berupa bilangan positif atau negatif.

Bagaimana cara penjumlahan bilangan bulat?

Penjumlahan bilangan bulat dilakukan dengan cara menjumlahkan bilangan-bilangan tersebut. Jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang sama, maka kita hanya perlu menjumlahkan bilangan itu dan menuliskan tanda yang sama dengan bilangan tersebut. Namun, jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang berbeda, maka kita harus melakukan pengurangan dengan mengurangkan bilangan negatif dari bilangan positif.

Bagaimana cara pengurangan bilangan bulat?

Pengurangan bilangan bulat dilakukan dengan cara mengurangkan bilangan-bilangan tersebut. Jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang sama, maka kita hanya perlu mengurangkan bilangan itu dan menuliskan tanda yang sama dengan bilangan tersebut. Namun, jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang berbeda, maka kita harus melakukan penjumlahan dengan menjumlahkan bilangan negatif dengan bilangan positif.

Bagaimana cara perkalian bilangan bulat?

Perkalian bilangan bulat dilakukan dengan cara mengalikan bilangan-bilangan tersebut. Jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang sama, maka hasilnya akan positif. Namun, jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang berbeda, maka hasilnya akan negatif.

Bagaimana cara pembagian bilangan bulat?

Pembagian bilangan bulat dilakukan dengan cara membagi bilangan-bilangan tersebut. Jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang sama, maka hasilnya akan positif. Namun, jika kedua bilangan tersebut memiliki tanda yang berbeda, maka hasilnya akan negatif.

Apa itu negasi bilangan bulat?

Negasi bilangan bulat dilakukan dengan cara membalikkan tanda bilangan tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai cara mudah mengerjakan bilangan bulat. Dengan menguasai teknik-teknik dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan negasi, diharapkan kamu bisa lebih mudah dalam mengerjakan soal matematika yang berkaitan dengan bilangan bulat. Jangan lupa untuk selalu latihan agar semakin terbiasa!

Cara Mengerjakan Bilangan Bulat