Cara Menggabungkan 2 Kolom di Excel

>Hello Sohib EditorOnline, dalam dunia kerja, tentu kita tak lepas dari penggunaan Microsoft Excel. Salah satu fitur dasar di dalam Excel adalah menggabungkan data di dalam beberapa kolom. Namun, mungkin masih banyak di antara kita yang belum tahu bagaimana cara menggabungkan 2 kolom di Excel yang tepat. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara menggabungkan 2 kolom di Excel secara lengkap.

Apa itu menggabungkan 2 kolom di Excel?

Sebelum memulai tutorial cara menggabungkan 2 kolom di Excel, kita perlu tahu dulu apa itu menggabungkan 2 kolom di Excel. Penggabungan kolom merupakan proses penggabungan dua atau lebih kolom ke dalam satu kolom baru. Ini bisa dilakukan pada dataset dengan terlalu banyak kolom. Cara ini akan membantu Anda menyederhanakan tampilan data dan memudahkan Anda dalam pengambilan keputusan.

Kenapa menggabungkan 2 kolom di Excel penting?

Menggabungkan dua kolom di Excel sangat penting untuk memudahkan pengelolaan data. Misalnya, jika Anda ingin menggabungkan data alamat dengan data kota dalam satu lembar kerja Excel. Sehingga, hasil dari penggabungan kolom ini akan lebih mudah dipahami oleh Anda.

Cara Menggabungkan 2 Kolom di Excel

Nah, sekarang kita akan membahas cara menggabungkan 2 kolom di Excel secara lengkap. Ada dua metode yang bisa dilakukan, yaitu :

Metode 1: Gunakan Formula CONCAT

Formula CONCAT digunakan untuk menggabungkan teks dari dua atau lebih sel ke dalam satu sel. Berikut cara menggabungkan 2 kolom dengan menggunakan formula CONCAT :

Langkah-langkah Penjelasan
1. Pilih Sel Pertama Pilih sel yang pertama tempat data akan digabungkan
2. Ketik Formula CONCAT Ketik formula CONCAT pada sel yang akan digabungkan, contohnya: =CONCAT(A1,” “,B1)
3. Tekan Enter Tekan tombol Enter untuk menggabungkan dua kolom

Dengan menggunakan metode ini, Anda bisa menggabungkan teks dari dua atau lebih sel ke dalam satu sel. Contohnya, jika Anda ingin menggabungkan kolom A dan kolom B, maka Anda bisa mengetik formula CONCAT seperti ini: =CONCAT(A1,” “,B1).

Metode 2: Gunakan Operator &

Operator & digunakan untuk menggabungkan teks dari dua atau lebih sel ke dalam satu sel. Berikut langkah-langkah menggabungkan 2 kolom dengan menggunakan operator & :

Langkah-langkah Penjelasan
1. Pilih Sel Pertama Pilih sel yang pertama tempat data akan digabungkan
2. Ketik Operator & Ketik tanda & pada sel yang akan digabungkan, contohnya: =A1 & ” ” & B1
3. Tekan Enter Tekan tombol Enter untuk menggabungkan dua kolom
TRENDING 🔥  Cara Mendaftarkan WhatsApp Tanpa Kode Verifikasi

Dengan menggunakan metode ini, Anda bisa menggabungkan teks dari dua atau lebih sel ke dalam satu sel. Contohnya, jika Anda ingin menggabungkan kolom A dan kolom B, maka Anda bisa mengetik formula seperti ini: =A1 & ” ” & B1.

FAQ

1. Perlukah saya mengetikkan spasi untuk menggabungkan dua kolom di Excel?

Iya. Ketika Anda mengetikkan “&” atau formula “CONCAT”, maka perlu membuat spasi di dalam tanda kutip seperti ini: “ ”.

2. Bagaimana cara menambahkan data baru dari kolom ketiga pada data yang sudah digabungkan?

Anda perlu menambahkan operator “&” atau formula “CONCAT” pada data kedua dan data ketiga. Misalnya, jika Anda ingin menggabungkan kolom A, B, dan C, maka formula yang harus digunakan adalah =A1 & ” ” & B1 & ” ” & C1.

3. Apakah saya bisa menggabungkan lebih dari 3 kolom dalam satu sel?

Iya. Anda bisa menggabungkan lebih dari 3 kolom dalam satu sel dengan menggunakan metode yang sama seperti menggabungkan 2 kolom di Excel. Namun, pastikan spasi dan tanda kutip di dalam formula sudah benar.

4. Apakah saya bisa menambahkan tanda koma untuk memisahkan teks di Excel?

Iya. Anda bisa menambahkan tanda koma (,) atau tanda lainnya untuk memisahkan teks di Excel. Namun, pastikan spasi dan tanda kutip di dalam formula sudah benar.

Kesimpulan

Itulah tadi cara menggabungkan 2 kolom di Excel. Anda bisa memilih salah satu metode yang dirasa lebih mudah dan cepat dilakukan. Namun, pastikan data yang dihasilkan sudah benar dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Menggabungkan 2 Kolom di Excel