Cara Menggambar Burung Merpati

>

Cara Menggambar Burung Merpati – Artikel Jurnal

Halo Sohib EditorOnline! Bagaimana kabarmu hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini, saya akan berbagi tips menggambar burung merpati yang bisa kamu praktikkan di rumah. Yuk simak artikel ini sampai selesai!

1. Alat dan Bahan

Sebelum memulai menggambar, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar lengkapnya:

Alat Bahan
Pensil Kertas gambar
Penghapus Pensil warna
Penggaris Krayon
Pensil warna Spidol

1.1 Pensil

Pilih pensil dengan kekerasan yang sesuai dengan preferensimu. Jangan terlalu keras atau terlalu lembut, karena kedua jenis pensil tersebut akan sulit dihapus atau meninggalkan bekas yang terlalu gelap di atas kertas gambar.

Untuk menggambar burung merpati, kamu bisa menggunakan pensil dengan kekerasan 2B atau 4B. Pensil dengan kekerasan tersebut cukup lembut untuk menggambar bulu-bulu halus burung merpati.

1.2 Penghapus

Pilih penghapus yang lembut dan tidak meninggalkan bekas pada kertas gambar. Hindari penghapus yang terlalu keras atau kasar, karena dapat merusak kertas gambar atau membuat goresan yang tidak diinginkan pada gambar burung merpati milikmu.

1.3 Penggaris

Pilih penggaris yang tepat, yaitu penggaris dengan panjang minimal 30 cm. Hal ini akan memudahkan kamu dalam membuat garis lurus atau membatasi bagian tubuh burung merpati yang ingin digambar.

1.4 Pensil Warna

Pensil warna digunakan untuk memberikan warna pada gambar burung merpati. Pilih pensil warna yang berkualitas dan memiliki beragam warna yang sesuai dengan warna bulu burung merpati.

1.5 Kertas Gambar

Pilih kertas gambar yang berkualitas dan memiliki kehalusan yang cukup, agar gambar burung merpati yang kamu buat lebih halus dan detail. Hindari kertas gambar yang terlalu kasar atau tebal, karena akan sulit untuk menghapus atau membuat goresan dengan pensil.

1.6 Krayon

Krayon digunakan untuk memberikan sentuhan warna pada gambar burung merpati. Pilih krayon yang memiliki warna yang sesuai dengan warna bulu burung merpati.

1.7 Spidol

Spidol digunakan untuk membuat garis tebal atau menandai bagian-bagian yang penting dari gambar burung merpati. Pilih spidol yang mudah dihapus dan tidak meninggalkan bekas pada kertas gambar.

2. Langkah-langkah Menggambar Burung Merpati

Berikut adalah langkah-langkah menggambar burung merpati yang bisa kamu ikuti:

2.1 Gambar Bentuk Dasar

Gunakan pensil untuk menggambar bentuk dasar burung merpati, seperti bentuk kepala, badan, sayap, dan ekor. Gunakan penggaris untuk membuat garis lurus dan tepat.

TRENDING 🔥  Cara Pemakaian Propolis: Petunjuk Praktis Menggunakan Propolis untuk Kesehatan Tubuhmu

Jangan lupa untuk memperhatikan proporsi pada saat menggambar, yaitu pastikan ukuran antara bagian kepala, badan, sayap, dan ekor sesuai dengan ukuran yang sebenarnya.

2.2 Gambar Detail Bulu dan Wajah

Setelah bentuk dasar selesai digambar, lanjutkan dengan menggambar detail bulu dan wajah burung merpati. Gunakan pensil yang lebih lembut untuk membuat garis halus dan detail pada bagian-bagian tersebut.

Jangan lupa untuk memperhatikan warna dan pola pada bulu burung merpati. Kamu bisa membandingkan dengan gambar burung merpati asli atau mencari referensi di internet.

2.3 Beri Warna dan Bayangan

Setelah semua detail selesai digambar, saatnya memberikan warna pada gambar burung merpati. Gunakan pensil warna atau krayon untuk memberikan warna pada bulu burung merpati, dan spidol untuk memberikan garis tebal pada bagian-bagian yang ingin ditekankan.

Jangan lupa untuk memberikan bayangan pada bagian-bagian tertentu untuk memberikan kesan dimensi pada gambar burung merpati.

2.4 Selesai

Setelah semua selesai, jangan lupa untuk menandatangani gambar burung merpati tersebut sebagai tanda bahwa ini adalah hasil karyamu.

3. FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar cara menggambar burung merpati:

3.1 Apa yang harus diperhatikan saat menggambar burung merpati?

Yang harus diperhatikan saat menggambar burung merpati adalah proporsi, detail bulu dan wajah, serta warna dan bayangan pada gambar.

3.2 Apa yang harus dilakukan jika salah menggambar?

Jika salah menggambar, kamu bisa menghapus atau memperbaiki dengan pensil pada bagian yang salah. Jangan terlalu keras dalam menghapus, karena dapat merusak kertas gambar.

3.3 Apakah harus memiliki bakat untuk bisa menggambar burung merpati?

Tidak perlu memiliki bakat untuk bisa menggambar burung merpati. Dengan berlatih dan mengikuti tips yang sudah disebutkan di atas, siapa saja bisa menggambar burung merpati dengan baik.

3.4 Apa yang harus dilakukan setelah menggambar burung merpati?

Setelah menggambar burung merpati, kamu bisa memberikan lapisan pelindung ke atas gambar dengan menggunakan lakban atau plastik.

3.5 Bagaimana cara membuat gambar burung merpati yang realistis?

Untuk membuat gambar burung merpati yang realistis, kamu bisa mengamati burung merpati asli atau mencari referensi di internet. Kemudian, praktekkan teknik-teknik menggambar yang sudah disebutkan di atas.

Selesai sudah artikel tentang cara menggambar burung merpati. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin menambahkan keterampilan dalam menggambar, ya. Selamat berlatih!.

Cara Menggambar Burung Merpati