Cara Menggunakan Turnitin: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

>Assalamualaikum Sohib EditorOnline, jika Anda sering menulis makalah dan artikel, Turnitin mungkin bukan sesuatu yang asing bagi Anda. Turnitin adalah layanan yang digunakan untuk memeriksa kesamaan teks di antara makalah yang diserahkan oleh banyak pengguna. Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan lengkap tentang cara menggunakan Turnitin untuk memeriksa kesamaan dan menghindari plagiarisme. Mari mulai!

1. Mendaftar di Turnitin

Sebelum Anda dapat menggunakan Turnitin, Anda perlu mendaftar akun terlebih dahulu. Anda dapat mendaftar di situs web Turnitin atau melalui institusi Anda yang telah berlangganan dengan Turnitin. Setelah mendaftar, Anda akan menerima email dengan informasi login Anda.

Setelah login, Anda akan melihat Dashboard Turnitin yang berisi informasi tentang kelas dan makalah yang sudah diserahkan oleh Anda atau oleh pengguna lain yang terdaftar di kelas yang sama.

FAQ:

Q: Berapa biaya untuk mendaftar di Turnitin?
A: Biaya bergantung pada langganan institusi atau individu. Silakan kunjungi situs web Turnitin untuk informasi lebih lanjut.
Q: Apakah saya perlu mendaftar akun baru jika saya sudah memiliki akun di institusi yang berlangganan dengan Turnitin?
A: Tidak perlu. Anda dapat menggunakan akun institusi yang sudah ada untuk login ke Turnitin.

2. Membuat Kelas dan Tugas

Setelah login, Anda dapat membuat kelas dan tugas untuk siswa atau untuk diri sendiri. Untuk membuat kelas baru, klik tombol “Add Class” di Dashboard Turnitin. Isi informasi tentang kelas Anda, seperti nama kelas, deskripsi, dan jadwal pengumpulan tugas.

Setelah membuat kelas, Anda dapat membuat tugas untuk siswa di kelas tersebut. Untuk membuat tugas baru, masuk ke kelas dan klik tombol “Add Assignment”. Isi informasi tentang tugas, seperti judul, instruksi, dan tanggal pengumpulan. Anda juga dapat menentukan apakah siswa dapat melihat kesamaan teks mereka sebelum mengirimkan tugas.

FAQ:

Q: Berapa banyak kelas dan tugas yang dapat saya buat di Turnitin?
A: Jumlah kelas dan tugas yang dapat Anda buat tergantung pada langganan institusi atau individu. Silakan kunjungi situs web Turnitin untuk informasi lebih lanjut.
Q: Apakah saya perlu membuat kelas dan tugas baru setiap kali saya ingin memeriksa kesamaan teks tugas?
A: Tidak perlu. Setelah membuat kelas dan tugas, Anda dapat menggunakan tugas yang sama untuk memeriksa kesamaan teks tugas yang diberikan sebelumnya.

3. Mengirim Tugas ke Turnitin

Setelah siswa selesai menyelesaikan tugas, mereka dapat mengirimkannya ke Turnitin melalui situs web atau melalui plugin yang terintegrasi dengan aplikasi pengolah kata, seperti Microsoft Word atau Google Docs. Siswa juga dapat menyerahkan tugas dalam format lain, seperti PDF atau teks biasa.

Setelah tugas diserahkan, Turnitin akan memeriksa kesamaan teks dengan makalah lain yang diserahkan ke Turnitin dan dengan sumber-sumber online. Hasilnya akan ditampilkan dalam laporan kesamaan teks yang dihasilkan oleh Turnitin.

TRENDING 🔥  Cara Menyembuhkan Pusing

FAQ:

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa kesamaan teks dengan Turnitin?
A: Waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa kesamaan teks tergantung pada panjangnya tugas dan jumlah tugas yang sedang diproses oleh Turnitin. Biasanya, waktu yang dibutuhkan adalah beberapa menit hingga beberapa jam.
Q: Apakah Turnitin hanya menunjukkan hasil kesamaan teks atau juga memberikan saran untuk memperbaiki kesamaan teks?
A: Turnitin hanya menunjukkan hasil kesamaan teks dan tidak memberikan saran untuk memperbaiki kesamaan teks.

4. Menganalisis Laporan Kesamaan Teks

Setelah Turnitin selesai memeriksa kesamaan teks, Anda dapat melihat laporan kesamaan teks di situs web Turnitin. Laporan ini menunjukkan persentase kesamaan teks antara tugas yang diserahkan dengan makalah lain yang telah diperiksa oleh Turnitin. Laporan juga menunjukkan sumber kesamaan teks, seperti makalah atau website lain.

Untuk menganalisis laporan kesamaan teks, Anda dapat menggunakan fitur seperti Highlight atau Source View yang disediakan oleh Turnitin. Anda juga dapat mengunduh laporan kesamaan teks dalam format PDF atau teks biasa.

FAQ:

Q: Berapa banyak persentase kesamaan teks yang masih dapat diterima?
A: Standar yang digunakan untuk menentukan kesamaan teks yang dapat diterima bervariasi di antara institusi dan pengajar. Sebaiknya Anda menghubungi institusi atau pengajar Anda untuk informasi lebih lanjut.
Q: Apakah saya dapat menghapus tugas yang sudah diserahkan ke Turnitin?
A: Tidak ada fitur untuk menghapus tugas yang sudah diserahkan ke Turnitin. Namun, pengajar dapat menghapus tugas dari kelas jika diperlukan.

5. Menghindari Plagiarisme dengan Turnitin

Setelah melihat laporan kesamaan teks, Anda dapat menggunakan informasi yang diberikan oleh Turnitin untuk menghindari plagiarisme di masa depan. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah:

  • Paraphrase atau menulis ulang dengan kata-kata Anda sendiri.
  • Mengutip sumber dengan benar dan tepat waktu.
  • Menghindari menyalin teks dari makalah atau website lain tanpa menyebutkan sumbernya.

Dengan menggunakan Turnitin, Anda dapat membantu mencegah plagiarisme dan meningkatkan kualitas tulisan Anda. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda, Sohib EditorOnline. Terima kasih telah membacanya sampai akhir.

Cara Menggunakan Turnitin: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline