Cara Menggunakan Vlookup

>Hello Sohib EditorOnline! Do you want to learn how to use Vlookup function in Microsoft Excel? Vlookup is very useful to find specific data in large spreadsheet. In this article, we will guide you step-by-step on how to use Vlookup.

1. Apa itu Vlookup?

Vlookup merupakan salah satu fungsi di Microsoft Excel yang berfungsi untuk mengambil data dengan menggunakan kunci tertentu. Fungsi ini sangat berguna untuk mencari data secara spesifik pada spreadsheet yang cukup besar. Dalam bahasa Indonesia, Vlookup dikenal dengan fungsi “Cari Nilai”.

Vlookup bekerja dengan cara mencocokkan satu data kunci pada satu kolom, kemudian mencari data lain yang ditentukan pada kolom yang sama dengan kunci tersebut. Fungsi ini juga memungkinkan Anda untuk mencari data yang berada pada kolom yang berbeda dengan data kunci.

1.1. Cara Kerja Vlookup

Cara kerja Vlookup sebenarnya cukup sederhana. Fungsi ini akan mencocokkan data kunci pada satu kolom dengan data kunci pada satu kolom lainnya. Kemudian, fungsi ini akan mengembalikan nilai dari kolom lain yang sesuai dengan kunci tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh berikut:

No Nama NIM Nilai
1 Andi 123456 85
2 Budi 987654 90
3 Caca 654321 75

Jika Anda ingin mencari nilai dari NIM mahasiswa “Andi”, maka Anda bisa menggunakan Vlookup sebagai berikut:

=VLOOKUP(123456,A2:D4,4,FALSE)

Penjelasan:

  • 123456 adalah data kunci yang ingin dicari di kolom NIM
  • A2:D4 adalah rentang sel yang ingin dicari
  • 4 adalah nomor kolom yang ingin ditampilkan (karena nilai yang dicari adalah nilai, maka kita perlu menampilkan kolom keempat)
  • FALSE menunjukkan bahwa pencarian harus dilakukan secara eksak (tanpa memperhitungkan nilai yang hampir sama)

Dalam contoh di atas, hasilnya adalah 85 karena nilai dari Andi adalah 85. Dengan Vlookup, Anda bisa mencari data dengan kunci tertentu dengan cara yang lebih mudah dan cepat.

1.2. Keuntungan Menggunakan Vlookup

Menggunakan Vlookup memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Mudah digunakan karena hanya membutuhkan beberapa argumen sederhana
  • Dapat digunakan untuk mencari data pada kolom yang berbeda dengan data kunci
  • Dapat digunakan untuk mencari data pada rentang sel yang cukup besar

1.3. Kapan Sebaiknya Menggunakan Vlookup?

Vlookup sebaiknya digunakan jika Anda ingin mencari data dengan kunci tertentu pada rentang sel yang cukup besar. Misalnya, jika Anda memiliki data mahasiswa sebanyak 1000 baris, dan ingin mencari nilai mahasiswa tertentu, maka menggunakan Vlookup akan lebih efisien daripada mencari data secara manual.

2. Cara Menggunakan Vlookup pada Microsoft Excel

Setelah mengetahui apa itu Vlookup, mari kita pelajari cara menggunakannya pada Microsoft Excel. Berikut ini langkah-langkahnya:

2.1. Menentukan Data Kunci dan Rentang Sel

Pertama, tentukan data kunci yang ingin dicari serta rentang sel yang ingin dicari. Misalnya, Anda ingin mencari nilai mahasiswa dengan NIM “123456” pada rentang sel A2:D1000.

TRENDING 🔥  Cara Mengurus SIUP

2.2. Menentukan Nomor Kolom yang Ingin Ditampilkan

Setelah itu, tentukan nomor kolom yang ingin ditampilkan. Misalnya, Anda ingin menampilkan nilai dari mahasiswa tersebut, yang terletak pada kolom keempat.

2.3. Menentukan Mode Pencarian

Pilih mode pencarian yang sesuai dengan kebutuhan. Ada dua mode pencarian yang tersedia, yaitu:

  • TRUE: pencarian akan dilakukan dengan mencari nilai yang hampir sama dengan data kunci
  • FALSE: pencarian akan dilakukan secara eksak (tanpa memperhitungkan nilai yang hampir sama)

Pada umumnya, mode FALSE lebih sering digunakan karena lebih akurat.

2.4. Mengetikkan Formula Vlookup

Setelah menentukan argumen-argumen di atas, saatnya mengetikkan rumus Vlookup pada sel yang kosong. Berikut contoh rumusnya:

=VLOOKUP(123456,A2:D1000,4,FALSE)

Penjelasan:

  • 123456 adalah data kunci yang ingin dicari di kolom NIM
  • A2:D1000 adalah rentang sel yang ingin dicari
  • 4 adalah nomor kolom yang ingin ditampilkan (karena nilai yang dicari adalah nilai, maka kita perlu menampilkan kolom keempat)
  • FALSE menunjukkan bahwa pencarian harus dilakukan secara eksak (tanpa memperhitungkan nilai yang hampir sama)

3. Tips Menggunakan Vlookup

Berikut beberapa tips dan trik dalam menggunakan Vlookup:

3.1. Hati-hati dengan Format Data

Jika data pada kolom kunci dan kolom yang ingin dicari tidak memiliki format yang sama, maka fungsi Vlookup tidak akan bekerja. Pastikan format data pada kedua kolom tersebut sama (misalnya, kedua kolom tersebut memiliki format angka).

3.2. Hati-hati dengan Penulisan Formula

Jika terdapat kesalahan saat mengetikkan rumus Vlookup, maka hasilnya akan salah atau bahkan tidak muncul sama sekali. Pastikan Anda mengetikkan rumus dengan benar dan hati-hati.

3.3. Perhatikan Urutan Kolom

Perhatikan urutan kolom pada rumus Vlookup. Jika urutan kolom tidak sesuai, maka hasilnya akan salah. Pastikan urutan kolom pada rumus Vlookup sesuai dengan urutan kolom pada spreadsheet.

3.4. Gunakan Fungsi IFERROR

Gunakan fungsi IFERROR untuk menghindari pesan kesalahan yang muncul jika Vlookup tidak menemukan data yang dicari. Misalnya:

=IFERROR(VLOOKUP(123456,A2:D1000,4,FALSE),”Data Tidak Ditemukan”)

Dalam contoh di atas, jika Vlookup tidak menemukan NIM yang dicari, maka akan muncul pesan “Data Tidak Ditemukan”.

3.5. Kombinasikan dengan Fungsi Lain

Vlookup dapat dikombinasikan dengan fungsi lain seperti IF, SUM, dan COUNTIF untuk menghasilkan laporan atau analisis yang lebih kompleks.

4. FAQ Mengenai Vlookup

4.1. Apakah Vlookup Bisa Digunakan pada Google Sheets?

Ya, Vlookup juga tersedia pada Google Sheets. Namun, rumus Vlookup pada Google Sheets sedikit berbeda dengan rumus pada Microsoft Excel. Namun, cara kerjanya sama.

4.2. Bagaimana Cara Menggunakan Vlookup untuk Mencari Data yang Mirip?

Gunakan mode pencarian TRUE untuk mencari data yang mirip. Namun, perlu diingat bahwa mode TRUE kurang akurat dan dapat menghasilkan kekeliruan.

4.3. Saya Sudah Mengetikkan Rumus Vlookup dengan Benar, Tetapi Kenapa Hasilnya Salah?

Kemungkinan beberapa argumen (seperti rentang sel atau nomor kolom) tidak sesuai dengan spreadsheet Anda. Periksa kembali argumen-argumen tersebut dan pastikan sesuai dengan spreadsheet Anda.

4.4. Bagaimana Cara Menggunakan Vlookup untuk Mencari Data pada Spreadsheet yang Berbeda?

Anda bisa menggunakan rumus Vlookup dengan menambahkan nama spreadsheet pada argumen rentang sel. Misalnya:

=VLOOKUP(123456,[Nama Spreadsheet.xlsx]Sheet1!A2:D1000,4,FALSE)

Dalam contoh di atas, Vlookup akan mencari data dengan kunci “123456” pada range A2:D1000 pada spreadsheet “Nama Spreadsheet.xlsx”.

4.5. Apakah Vlookup Bisa Digunakan pada Mac?

Ya, Vlookup juga tersedia pada Microsoft Excel untuk Mac. Namun, cara kerjanya sama dengan pada Microsoft Excel untuk Windows.

5. Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah mempelajari bagaimana cara menggunakan Vlookup pada Microsoft Excel. Vlookup sangat berguna untuk mencari data tertentu pada spreadsheet yang cukup besar. Selain itu, Vlookup juga mudah digunakan dan dapat dikombinasikan dengan fungsi lain untuk menghasilkan laporan atau analisis yang lebih kompleks. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mempelajari Vlookup.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Memperoleh Informasi dari Teks Petunjuk

Cara Menggunakan Vlookup