Cara Menghapus Background di Photoshop

>Hello Sohib EditorOnline, if you are looking for an easy tutorial on how to remove the background of an image using Adobe Photoshop, then you have come to the right place. In this article, we will give you a step-by-step guide on how to do it. You don’t need to be a professional graphic designer to do this. With some practice, you’ll be able to remove any background in no time.

1. Apa itu Background pada Foto?

Sebelum kita memulai pembahasan mengenai cara menghapus background pada foto, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu background. Background adalah latar belakang atau bagian belakang dari sebuah foto. Bisa berupa dinding, langit, atau apapun yang ada di belakang objek atau subjek pada foto tersebut. Kadang-kadang background juga bisa mengganggu kualitas sebuah foto. Oleh karena itu, kita perlu menghapusnya agar foto terlihat lebih profesional.

1.1 Apa yang Membuat Background Buruk?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, background bisa mengganggu kualitas foto. Ada beberapa alasan mengapa background bisa buruk, di antaranya:

  1. Background penuh dengan noise atau benda-benda lain yang dapat mengganggu tampilan foto
  2. Background terlalu ramai sehingga objek utama menjadi sulit terlihat
  3. Background terlalu terang atau terlalu gelap sehingga mengganggu kualitas foto

Dalam hal ini, kita perlu menghapus background untuk mendapatkan foto yang lebih profesional.

2. Menggunakan Magic Wand Tool

Salah satu cara termudah untuk menghapus background pada foto adalah menggunakan Magic Wand Tool di Photoshop. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Adobe Photoshop dan buka foto yang ingin dihapus backgroundnya.
  2. Pilih Magic Wand Tool dari toolbar di sebelah kiri.
  3. Klik pada bagian background yang ingin dihapus.
  4. Klik pada tombol delete pada keyboard atau pilih Edit > Cut dari menu bar.

Anda akan melihat bahwa background telah terhapus dari gambar. Namun, jika gambar memiliki background yang sulit dihapus, Anda bisa menggunakan teknik lain seperti pen tool. Teknik ini akan kita bahas pada bagian selanjutnya.

3. Menggunakan Pen Tool

Jika Anda memiliki background yang sulit dihapus menggunakan Magic Wand Tool, Anda bisa menggunakan pen tool. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Adobe Photoshop dan buka foto yang ingin dihapus backgroundnya.
  2. Pilih pen tool dari toolbar di sebelah kiri.
  3. Buat path di sekitar objek yang ingin dipertahankan (bukan background)
  4. Pilih inverse selection atau tekan Shift + Ctrl + I pada keyboard untuk memilih background.
  5. Klik pada tombol delete pada keyboard atau pilih Edit > Cut dari menu bar.

Dengan menggunakan teknik ini, Anda dapat mempersiapkan path yang sesuai dengan bagian gambar yang ingin dipertahankan dan menghapus bagian background dengan mudah.

4. Cara Menghapus Background pada Foto dengan Rambut

Salah satu tantangan dalam menghapus background pada foto adalah bagaimana cara menghapus background pada foto dengan rambut. Kita akan bahas caranya pada bagian ini.

  1. Buka Adobe Photoshop dan buka foto yang ingin dihapus backgroundnya.
  2. Pilih Lasso Tool dari toolbar di sebelah kiri.
  3. Pilih Polygonal Lasso Tool dan mulai gambar garis mengikuti garis rambut.
  4. Pilih inverse selection atau tekan Shift + Ctrl + I pada keyboard untuk memilih background.
  5. Klik pada tombol delete pada keyboard atau pilih Edit > Cut dari menu bar.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Komik Digital

Anda akan melihat bahwa background telah terhapus dari gambar dengan rambut yang lebih rapi. Anda bisa memperhalus garis rambut dan menghilangkan background lebih maksimal menggunakan teknik masking. Teknik ini akan kita bahas pada bagian selanjutnya.

5. Masking pada Adobe Photoshop

Masking memungkinkan gambar untuk ditampilkan pada area tertentu dengan cara yang lebih halus daripada penghapusan langsung. Ada beberapa jenis masking di Photoshop, di antaranya:

  1. Layer Masking
  2. Clipping Masking
  3. Alpha Masking

Kita akan fokus pada layer masking. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Adobe Photoshop dan buka foto yang ingin dihapus backgroundnya.
  2. Tambahkan layer baru dengan menekan Ctrl + Shift + N pada keyboard.
  3. Pilih brush tool pada toolbar di sebelah kiri dan atur opacity brush pada layer baru menjadi sekitar 50%.
  4. Lukis pada area yang ingin dipertahankan pada layer baru yang telah dibuat.
  5. Ketik tombol bawah pada layer baru di panel layers untuk memask layer baru itu pada layer asli.
  6. Klik pada layer asli dan hapus background dengan memilih inverse selection atau tekan Shift + Ctrl + I pada keyboard untuk memilih background.
  7. Klik pada tombol delete pada keyboard atau pilih Edit > Cut dari menu bar.

Dengan teknik masking ini, Anda dapat lebih mudah menghapus background pada gambar dengan mempertahankan area yang penting dan menjadikan gambar lebih halus.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya harus membayar untuk menggunakan Photoshop? Ya, Photoshop adalah produk berbayar yang disediakan oleh Adobe. Namun, Anda bisa mencoba versi trial terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berlangganan.
Apakah saya harus memiliki pengalaman dalam desain grafis untuk menggunakan Photoshop? Tidak, meskipun pengalaman dalam desain grafis akan sangat membantu, namun Adobe Photoshop juga mudah digunakan oleh pemula.
Apakah saya bisa menggunakan aplikasi lain untuk menghapus background di foto? Tentu saja, ada banyak aplikasi yang tersedia untuk menghapus background di foto seperti GIMP, Canva, atau Fotor.
Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak puas dengan hasil penghapusan background? Anda bisa mencoba teknik lain seperti masking atau mencari inspirasi di internet. Jangan lupa untuk selalu berlatih dan menjaga kesabaran.
Apakah Adobe Photoshop tersedia untuk sistem operasi Mac? Ya, Adobe Photoshop tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac.

Demikianlah cara menghapus background di Photoshop. Semoga tutorial ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berlatih agar semakin mahir dalam menggunakan Photoshop. Terima kasih telah membaca, Sohib EditorOnline.

Cara Menghapus Background di Photoshop