Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

>Hello Sohib EditorOnline, thank you for joining me in this article where we will be discussing how to delete files that cannot be deleted on Android devices. We often faced with a problem where we are unable to delete a file or folder due to an error message, and this can be frustrating. However, do not worry, as there are ways to delete these files without any hassle.

1. Periksa Apakah File Sedang Digunakan

Salah satu alasan file tidak bisa dihapus di Android adalah file tersebut sedang digunakan oleh aplikasi atau sistem operasi. Oleh karena itu, sebelum mencoba menghapus file tersebut, pastikan bahwa file tersebut tidak sedang digunakan.

Untuk mengecek hal tersebut, Anda bisa mencoba untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan kemudian mencoba untuk menghapus file tersebut kembali.

Jika file tersebut masih tidak bisa dihapus, Anda bisa mencoba untuk restart perangkat Android Anda dan kemudian mencoba menghapus file tersebut kembali.

2. Periksa Izin Akses

Selain itu, ada kemungkinan bahwa file tersebut tidak bisa dihapus karena aplikasi atau sistem operasi tidak memiliki izin akses untuk menghapus file tersebut.

Anda bisa mencoba untuk memberikan izin akses pada aplikasi atau sistem operasi terkait dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Pilih Aplikasi atau Aplikasi dan Notifikasi tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.
  3. Cari dan pilih aplikasi atau sistem operasi terkait.
  4. Pilih Izin Aplikasi atau Izin.
  5. Aktifkan izin untuk mengakses file atau folder.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus file atau folder yang tidak bisa dihapus di Android.

Berikut adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan:

Nama Aplikasi Deskripsi
ES File Explorer Aplikasi file manager dengan fitur lengkap, termasuk kemampuan untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus.
Clean Master Aplikasi pembersih Android dengan fitur untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus.
SD Maid Aplikasi utilitas file manager dengan fitur lengkap, termasuk kemampuan untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus.

4. Menghapus File Secara Paksa

Langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan menghapus file secara paksa. Namun, perlu diingat bahwa langkah ini bisa menyebabkan kerusakan pada sistem operasi Android Anda.

TRENDING 🔥  Cara Menyimpan Foto dari Google ke Galeri

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus file secara paksa:

  1. Buka aplikasi Terminal Emulator di perangkat Android Anda.
  2. Ketikkan perintah rm -rf /sdcard/nama_file atau rm -rf /sdcard/nama_folder untuk menghapus file atau folder tertentu.
  3. Tekan Enter untuk menjalankan perintah tersebut.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah aman menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android?

Ya, asalkan Anda menggunakan aplikasi yang terpercaya dan aman.

2. Apa yang harus dilakukan jika file yang tidak bisa dihapus adalah file sistem Android?

Sebaiknya jangan menghapus file sistem Android kecuali Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan dan memiliki pengetahuan teknis tentang Android.

3. Apa yang harus dilakukan jika file yang tidak bisa dihapus adalah file yang dikunci?

Anda bisa mencoba untuk membuka file tersebut terlebih dahulu dengan aplikasi yang sesuai dan kemudian mencoba untuk menghapusnya kembali.

4. Apakah saya bisa menghapus file atau folder yang terproteksi dengan aplikasi ini?

Tergantung pada jenis proteksi yang diberikan pada file atau folder tersebut. Namun, sebaiknya jangan mencoba untuk menghapus file atau folder yang terproteksi kecuali Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan.

5. Apakah ada cara untuk mengembalikan file yang telah dihapus secara paksa?

Tidak, setelah file dihapus secara paksa, tidak ada cara untuk mengembalikannya kecuali Anda memiliki cadangan file yang Anda buat sebelumnya.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menghapus file atau folder yang tidak bisa dihapus di Android. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android