Cara Menghidupkan Motor PCX

>Selamat datang Sohib EditorOnline! Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghidupkan motor PCX dengan benar. Bagi yang pertama kali memiliki motor jenis ini, mungkin merasa kesulitan saat akan menghidupkannya. Namun, jangan khawatir karena dengan beberapa langkah sederhana, motor PCX akan siap digunakan. Yuk, kita mulai!

1. Cek Tekanan Bensin

Sebelum menghidupkan motor PCX, pastikan terlebih dahulu bahwa tekanan bensin dalam tangki mencukupi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa mesin bisa hidup dengan baik. Untuk mengeceknya, cukup pandangi indikator tekanan bensin pada panel speedometer. Apabila masih dalam kondisi penuh atau setengah penuh, maka tekanan bensin dalam tangki masih cukup.

Jika tekanan bensin sudah menipis, maka segera lakukan pengisian bensin terlebih dahulu. Ingat, jangan biarkan tangki kosong karena bisa berdampak buruk pada mesin motor.

2. Pastikan Kunci Kontak Dalam Posisi Off

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa kunci kontak pada motor PCX berada dalam posisi off. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada mesin akibat kelistrikan yang terus mengalir. Pastikan juga bahwa kunci kontak sudah dikeluarkan dari lubang kunci.

3. Nyalakan Lampu Hazard

Setelah memastikan bahwa kunci kontak dalam posisi off, nyalakan lampu hazard pada motor PCX. Langkah ini berguna untuk mengetes kelistrikan pada motor sebelum dihidupkan.

Untuk menghidupkan lampu hazard, caranya cukup mudah. Pada panel speedometer, cari tombol berlabel “Hazard” dan tekan satu kali. Lampu hazard pada motor PCX akan menyala dan menandakan bahwa kelistrikan pada motor masih bagus.

4. Masukkan Kunci Kontak ke dalam Lubang Kunci

Setelah memastikan kunci kontak dalam posisi off, selanjutnya adalah memasukkan kunci kontak ke dalam lubang kunci pada motor PCX. Pastikan kunci kontak masuk dengan baik dan bisa diputar dengan mudah.

5. Putar Kunci Kontak ke Arah Kanan

Setelah kunci kontak terpasang dengan baik, selanjutnya adalah memutar kunci kontak ke arah kanan dengan satu tangan sambil tangan lainnya menahan motor agar tidak jatuh. Perhatikan panel speedometer, apabila indikator pada panel sudah aktif, maka mesin sudah siap dihidupkan.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana jika mesin tidak hidup setelah diputar kunci? Periksa kembali apakah kunci kontak sudah diputar dengan benar. Pastikan juga bahwa tekanan bensin dalam tangki masih mencukupi dan kelistrikan pada motor masih bagus.
Apakah harus menekan tombol gas saat menghidupkan motor PCX? Tidak perlu menekan tombol gas saat menghidupkan motor PCX, cukup putar kunci kontak ke arah kanan dan tunggu beberapa saat hingga mesin hidup.
Bagaimana jika mesin hanya berbunyi tapi tidak hidup? Cek kembali apakah bahan bakar dalam tangki mencukupi. Jika bahan bakar masih mencukupi, periksa juga filter bensin dan busi apakah kotor atau sudah aus dan harus diganti.

6. Tekan Tombol Start

Setelah mesin sudah siap dihidupkan, selanjutnya adalah menekan tombol start pada motor PCX. Tombol ini terletak pada sebelah kiri panel speedometer dan berlabel “Start”.

Tekan tombol start dengan lembut dan tahan beberapa saat hingga mesin benar-benar hidup. Perhatikan suara mesin, jika terdengar halus dan tidak berisik maka mesin sudah bisa digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Menggunakan Microlax

7. Matikan Lampu Hazard

Setelah mesin hidup, jangan lupa untuk mematikan lampu hazard pada motor PCX. Caranya cukup dengan menekan tombol “Hazard” pada panel speedometer sekali lagi.

8. Aktifkan Rem Tangan

Sebelum mengendarai motor PCX, pastikan untuk mengaktifkan rem tangan terlebih dahulu. Rem tangan berguna untuk mencegah motor bergerak saat sedang diparkir dan juga memudahkan saat akan menghidupkan mesin kembali.

Untuk mengaktifkan rem tangan pada motor PCX, caranya cukup mudah. Tarik tuas rem tangan di bagian kiri setang dan pastikan motor tidak bergerak saat diangkat dari samping.

9. Tekan Rem Belakang

Setelah mengaktifkan rem tangan, selanjutnya adalah menekan rem belakang pada motor PCX. Hal ini untuk memastikan motor tidak meloncat saat melakukan akselerasi dan juga memudahkan saat akan mengemudikan motor.

Tekan rem belakang dengan kaki kanan dan pastikan motor tidak bergerak saat dipijak. Periksa juga apakah rem belakang masih dalam kondisi baik dan tidak licin.

10. Aktifkan Kopling

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan kopling pada motor PCX. Hal ini untuk memudahkan mengemudikan motor dan juga melindungi mesin dari kerusakan akibat akselerasi yang terlalu keras.

Aktifkan kopling dengan menekan tuas di sebelah kiri setang. Perhatikan indikator di panel speedometer, apabila sudah berubah dari N ke angka lain, maka kopling sudah aktif.

11. Pindahkan Gigi ke Netral

Sebelum menghidupkan motor PCX, pastikan bahwa gigi yang dipilih dalam posisi netral. Hal ini untuk mencegah motor melompat saat melakukan akselerasi. Periksa juga apakah gigi masih dalam kondisi baik dan tidak aus.

Untuk memindahkan gigi ke netral, caranya cukup mudah. Tekan dulu tuas rem belakang dan kopling, lalu putar tuas gigi dengan lembut hingga netral terpilih. Perhatikan juga indikator gigi pada panel speedometer.

12. Tekan Tombol Gas dengan Lembut

Setelah semua langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, selanjutnya adalah menekan tombol gas dengan lembut. Hal ini untuk memulai akselerasi motor PCX dan memastikan mesin berjalan dengan baik.

Tekan tombol gas dengan lembut dan perlahan, jangan terlalu cepat dan keras karena bisa berdampak buruk pada mesin. Perhatikan juga akselerasi dan kecepatan motor saat dikemudikan.

13. Periksa Fungsi Indikator pada Panel Speedometer

Saat menghidupkan motor PCX, pastikan juga bahwa indikator pada panel speedometer masih berfungsi dengan baik. Indikator ini berguna untuk memberikan informasi tentang kondisi motor seperti tekanan bensin, gigi yang dipakai, kecepatan, dan lain sebagainya.

Perhatikan juga apakah lampu indikator masih menyala, apabila ada yang mati maka periksalah terlebih dahulu apakah ada kerusakan atau hanya masalah kelistrikan ringan.

14. Pastikan Kondisi Motor dalam Keadaan Baik

Sebelum mengemudikan motor PCX, pastikan juga bahwa kondisi motor dalam keadaan baik dan layak untuk digunakan. Periksa bagian-bagian penting seperti ban, rem, lampu, dan lain sebagainya.

Apabila ada yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik, segera lakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum menggunakan motor PCX. Jangan biarkan motor dalam kondisi yang tidak layak karena bisa berdampak buruk pada keselamatan pengemudi dan orang lain di sekitarnya.

15. Jalankan Motor PCX dengan Lancar

Setelah semua langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, selanjutnya adalah mengemudikan motor PCX dengan lancar. Nikmati pengalaman mengendarai motor yang nyaman dan aman dengan mesin yang bertenaga dan terawat dengan baik.

Perhatikan juga tata cara berkendara yang baik dan benar, seperti menggunakan helm yang sesuai, mematuhi aturan lalu lintas, dan menghindari kecepatan yang terlalu tinggi di jalan raya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sohib EditorOnline yang ingin menghidupkan motor PCX dengan benar dan aman. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

TRENDING 🔥  Cara Mengatasi Ikan Channa Stress

Cara Menghidupkan Motor PCX