Cara Menghilangkan Cicak di Rumah

>Hello Sohib EditorOnline, welcome to this journal article about getting rid of lizards in your home. Lizards can be a nuisance and even scary for some people. In this article, we will provide you with various ways to remove them effectively.

Identifikasi Spesies Cicak yang Terlihat

Ada beberapa spesies cicak yang biasa hidup di rumah dan setiap spesies membutuhkan penanganan yang berbeda. Beberapa spesies yang sering dijumpai di rumah adalah cicak rumah, cicak dinding, dan cicak ekor bercabang.

Cicak Rumah

Cicak rumah biasa dikenal dengan ukurannya yang kecil dan cenderung hidup di tempat-tempat yang lembap seperti kamar mandi dan dapur.

Cicak Dinding

Cicak dinding lebih besar dari cicak rumah. Mereka biasanya hidup di dinding dan bisa melompat jarak yang cukup jauh.

Cicak Ekor Bercabang

Cicak ekor bercabang memiliki ukuran yang lebih besar lagi dari cicak dinding. Mereka biasanya hidup di lantai dan dinding. Cicak ekor bercabang ini memiliki ciri khas ekor yang bercabang dan seringkali suka berbunyi.

Cara Menghilangkan Cicak di Rumah

Menggunakan Pelekat Perangkap Serangga

Cara ampuh untuk menangkap cicak di rumah adalah dengan menggunakan pelekat perangkap serangga. Letakkan pelekat ini pada tempat-tempat yang sering dilintasi oleh cicak seperti dinding, pintu, dan jendela.

Setelah beberapa waktu, pelekat perangkap serangga akan terisi oleh berbagai jenis serangga termasuk cicak. Pelekat ini bisa dibeli di toko serba ada atau supermarket terdekat.

Memanfaatkan Getah Pepaya

Ambil getah pepaya lalu usapkan pada dinding atau tempat-tempat cicak sering muncul. Beberapa saat kemudian, cicak akan terlihat muntah-muntah dan mati.

Getah pepaya bersifat alami dan tidak berbahaya bagi manusia, sehingga cara ini menjadi pilihan yang baik jika Anda ingin menghilangkan cicak tanpa menggunakan bahan kimia.

Menggunakan Bahan Kimia

Jika ingin menggunakan bahan kimia untuk membunuh cicak, pastikan untuk memilih produk yang aman untuk lingkungan dan manusia, seperti baygon.

Gunakan produk ini dengan benar dan sesuai dengan petunjuk di kemasannya. Jangan lupa untuk menjaga agar produk ini tidak terkena air atau terkena sinar matahari langsung.

Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya berguna untuk memasak, namun juga bisa digunakan untuk mengusir cicak. Iris bawang putih dan letakkan pada tempat-tempat yang dilalui oleh cicak.

Bawang putih memiliki bau yang tidak disukai oleh cicak sehingga mereka akan menjauh dari tempat tersebut. Cara ini tergolong aman dan ramah lingkungan.

TRENDING 🔥  Cara Daftar Bansos E-KTP: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

Membuat Perangkap dengan Botol Plastik

Cara lain untuk menangkap cicak adalah dengan menggunakan botol plastik bekas. Potong bagian atas botol dan masukkan es krim atau cokelat di dalamnya.

Cicak akan tertarik dengan aroma makanan dan menjelajah ke dalam botol. Namun, begitu masuk, cicak tidak bisa lagi bergerak dan terjebak di dalamnya.

Tips dan Trik Menghindari Cicak di Rumah

Ciptakan Kondisi yang Kering

Cicak suka hidup pada tempat yang lembap. Usahakan untuk menjaga kondisi rumah tetap kering dengan mengurangi kelembapan di dalam rumah.

Usahakan untuk selalu membersihkan tempat yang rawan lembap seperti kamar mandi dan dapur.

Hindari Membiarkan Sisa Makanan

Cicak suka makanan yang tersisa atau terjatuh di lantai. Usahakan untuk selalu membersihkan sisa makanan dan minuman yang tercecer di dalam rumah.

Bersihkan dapur setelah memasak dan jangan biarkan piring kotor menumpuk terlalu lama di wastafel.

Jaga Kebersihan Rumah

Rumah yang kotor dan berantakan seringkali menjadi tempat berkumpulnya berbagai jenis serangga, termasuk cicak. Usahakan untuk selalu membersihkan rumah secara rutin.

Bersihkan debu dan sampah yang menumpuk di dalam rumah. Jangan biarkan pakaian kotor menumpuk terlalu lama di dalam kamar.

FAQ: Pertanyaan dan Jawaban seputar Cara Menghilangkan Cicak di Rumah

1. Apakah pelekat perangkap serangga aman digunakan di dalam rumah?

Iya, pelekat perangkap serangga aman digunakan di dalam rumah karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Namun, pastikan untuk menjauhkannya dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

2. Apakah bahan pengusir cicak seperti bawang putih ampuh?

Ya, bawang putih terbukti ampuh sebagai pengusir cicak karena memiliki bau yang tidak disukai oleh serangga tersebut. Namun, jangan terlalu banyak menggunakannya agar bau tidak menyebar ke seluruh rumah.

3. Apakah produk baygon aman digunakan untuk membunuh cicak?

Iya, produk baygon aman digunakan untuk membunuh cicak jika digunakan dengan benar. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera di kemasannya dan jangan terlalu sering menggunakannya agar tidak merusak lingkungan.

4. Apakah perangkap botol plastik efektif untuk menangkap cicak?

Ya, perangkap botol plastik terbukti efektif untuk menangkap cicak. Namun, pastikan untuk memilih makanan yang disukai oleh cicak agar mereka tertarik untuk masuk ke dalam botol.

5. Apa yang harus dilakukan jika cicak tidak kunjung hilang meski sudah menerapkan berbagai macam cara?

Jika cicak tidak juga hilang, sebaiknya segera hubungi jasa pengendalian hama untuk mendapatkan solusi yang lebih profesional.

No Kategori Cara Menghilangkan Cicak di Rumah
1 Alami Getah pepaya
2 Kimia Produk baygon
3 Pelekat Pelekat perangkap serangga
4 Pengusir Bawang putih
5 Perangkap Botol plastik bekas

Cara Menghilangkan Cicak di Rumah