Apa itu jerawat batu?

>Hello Sohib EditorOnline, today we are going to discuss about “cara menghilangkan jerawat batu yang mengeras”. Acne is one of the common skin concerns, but when it comes to cystic acne or acne cyst, it is a different story. Unlike regular acne that can be treated with over-the-counter solutions, cystic acne is much more stubborn and harder to get rid of. So, if you are someone who is struggling with cystic acne, then you have landed in the right place.

Sebelumnya, mari kita mulai dengan memahami apa itu jerawat batu. Jerawat batu adalah jenis jerawat yang lebih besar dan lebih dalam dari jerawat umum. Dalam kasus jerawat batu, pori-pori Anda tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati. Namun, jerawat batu jauh lebih sulit dibasmi karena infeksi ini terjadi di dalam kulit.

Mengapa jerawat batu terjadi?

Jerawat batu sangat umum terjadi pada remaja dan orang dewasa muda tetapi bisa juga terjadi pada setiap usia. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat batu, antara lain:

  1. Tingkat hormon yang tinggi
  2. Stres yang berlebihan
  3. Penggunaan produk kulit yang tidak cocok
  4. Kulit berminyak

Terlepas dari apa yang menyebabkan jerawat batu, kenyataannya adalah jerawat batu sangat menjengkelkan dan memalukan. Jadi, mari kita bahas cara menghilangkannya.

Cara menghilangkan jerawat batu yang mengeras

1. Jangan pernah mencoba memencet jerawat batu

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan seseorang saat memiliki jerawat batu adalah mencoba memencetnya. Ini akan membuat situasi semakin buruk dan bisa menyebabkan infeksi kulit yang lebih parah. Jadi, jangan pernah mencoba memencet jerawat batu.

2. Bersihkan wajah dengan lembut

Penting untuk membersihkan wajah Anda dengan lembut untuk membantu mempertahankan keseimbangan minyak kulit. Gunakan pembersih wajah yang lembut, hindari scrub yang kasar dan usap wajah Anda dengan lembut.

3. Gunakan produk yang tepat untuk kulit Anda

Tentu saja, produk yang tepat untuk kulit Anda sangat penting. Carilah produk yang tepat untuk jenis kulit Anda dan hindari produk yang bisa menyebabkan iritasi wajah seperti produk berbahan kimia terlalu keras atau scrub kasar.

4. Gunakan toner wajah

Toner wajah membantu mengontrol minyak dan menghilangkan kotoran yang tersisa setelah membersihkan wajah. Pilih toner yang tidak mengandung alkohol karena alkohol dapat membuat kulit lebih kering dan teriritasi.

TRENDING 🔥  Spirogyra Berkembang Biak Secara Generatif dengan Cara

5. Gunakan masker wajah

Masker wajah yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, dan sulfur dapat membantu mengatasi jerawat batu. Anda bisa menggunakan masker wajah seminggu sekali.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah jerawat batu bisa sembuh? Ya, jerawat batu bisa sembuh dengan perawatan yang tepat.
Apakah menggunakan jeruk nipis aman untuk menghilangkan jerawat batu? Tidak disarankan karena jeruk nipis bisa membuat kulit teriritasi dan merah.
Bisakah untuk menghilangkan jerawat batu hanya dengan perawatan topikal? Bagi beberapa orang, perawatan topikal bisa cukup. Namun, jika Anda memiliki jerawat batu yang parah, Anda mungkin memerlukan perawatan medis.

Itulah cara menghilangkan jerawat batu yang mengeras. Ingatlah bahwa jerawat batu butuh waktu untuk sembuh, jadi bersabarlah dan berikan waktu untuk perawatan yang Anda pilih. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Apa itu jerawat batu?