Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

>Hello Sohib EditorOnline! Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah yang cantik, mulus, dan bebas komedo? Namun, sayangnya komedo sering kali menghiasi wajah kita. Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo adalah pasta gigi. Yuk, simak cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi dengan mudah dan murah di bawah ini!

Apa itu Komedo?

Sebelum membahas cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi, alangkah baiknya jika kita tahu terlebih dahulu apa itu komedo. Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum terjadi. Komedo biasanya mengisi pori-pori kulit, terutama di sekitar hidung, dahi, serta dagu.

Komedo sendiri terbentuk karena adanya penumpukan minyak dan sel kulit mati di dalam pori-pori kulit. Komedo yang terbuka akan tampak seperti bintik hitam, sedangkan komedo tertutup akan menonjol di permukaan kulit.

Apa Penyebab Komedo?

Sebelum kita membahas tentang cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab komedo. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan komedo antara lain:

Faktor Penyebab Komedo Keterangan
Produksi Minyak Berlebih Jumlah minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous di kulit berlebihan
Kulit yang Terlalu Kering Jika kulit terlalu kering, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk menjaga keseimbangan kelembaban
Penumpukan Sel Kulit Mati Penumpukan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan komedo
Stres Stres dapat menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat memperburuk kondisi kulit
Pemakaian Produk Kosmetik Tertentu Produk kosmetik tertentu seperti bedak berlebihan atau pelembab berminyak dapat menyebabkan komedo

Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

Setelah mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu komedo dan apa penyebabnya, kini saatnya untuk membahas cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi.

1. Siapkan Bahan-Bahannya

Sebelum mulai, pastikan kamu menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • Pasta gigi (bukan pasta gigi berwarna atau pasta gigi dengan kandungan pewarna)
  • Sikat gigi yang sudah tidak terpakai
  • Air hangat
  • Handuk bersih

2. Bersihkan Wajah

Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit.

3. Aplikasikan Pasta Gigi

Selanjutnya, aplikasikan pasta gigi pada daerah yang terdapat komedo. Gunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk mengoleskan pasta gigi secara perlahan. Hindari penggunaan sikat gigi yang digunakan untuk membersihkan gigi karena bisa mengandung bakteri.

TRENDING 🔥  cara mengembalikan penciuman

4. Diamkan Selama 5-10 Menit

Biarkan pasta gigi mengering dan menempel pada daerah dengan komedo selama 5-10 menit. Hindari berbicara atau menggerakkan wajah agar pasta gigi tidak mudah terlepas.

5. Bilas dengan Air Hangat

Setelah 5-10 menit, bilas wajah dengan air hangat untuk membersihkan pasta gigi. Bilas hingga benar-benar bersih dan keringkan wajah dengan menggunakan handuk bersih.

6. Gunakan Pelembab

Terakhir, aplikasikan pelembab pada wajah setelah menghilangkan komedo dengan pasta gigi. Pelembab membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit terlalu kering.

FAQ Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

1. Apakah pasta gigi bisa menghilangkan komedo?

Ya, pasta gigi mengandung bahan-bahan yang dapat membantu membersihkan kulit dari komedo, seperti fluoride dan sodium bicarbonate.

2. Apakah pasta gigi bisa digunakan untuk semua jenis kulit?

Iya, pasta gigi dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, pastikan untuk memilih pasta gigi yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

3. Berapa kali dalam seminggu pasta gigi bisa digunakan untuk menghilangkan komedo?

Disarankan untuk menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan komedo maksimal 2 kali dalam seminggu. Penggunaan yang berlebihan dapat mengiritasi kulit dan membuatnya terlalu kering.

4. Apakah pasta gigi dapat menyebabkan kulit iritasi?

Jika digunakan dengan benar dan tidak berlebihan, pasta gigi tidak akan menyebabkan kulit iritasi. Namun, bagi kulit yang sensitif lebih baik mencoba terlebih dahulu pada area yang kecil untuk melihat apakah timbul iritasi atau tidak.

5. Apa saja bahan-bahan yang perlu dihindari dalam pasta gigi untuk menghilangkan komedo?

Hindari penggunaan pasta gigi yang mengandung pewarna, parfum, dan aroma buatan, karena bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Kesimpulan

Nah, itulah cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi yang mudah dan murah. Namun, selain menghilangkan komedo dengan pasta gigi, sebaiknya kamu juga rutin merawat kulitmu dengan menjaga kebersihan wajah, menghindari makanan yang tidak sehat, dan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulitmu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, Sohib EditorOnline!

Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi