Cara Menghilangkan Putih di Lidah Bayi

>Salam Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan putih di lidah bayi. Banyak orang tua yang merasa khawatir ketika melihat putih di lidah bayi mereka, namun sebenarnya hal tersebut wajar terjadi pada bayi. Namun, jika putih di lidah bayi terlalu banyak atau terus menerus muncul, bisa jadi itu pertanda adanya masalah kesehatan pada bayi. Oleh karena itu, kita akan membahas apa saja penyebab putih di lidah bayi dan bagaimana cara menghilangkannya.

Penyebab Putih di Lidah Bayi

Sebelum membahas cara menghilangkan putih di lidah bayi, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Berikut beberapa penyebab putih di lidah bayi:

Penyebab Keterangan
Candida Bakteri candida yang berlebihan di mulut bayi
Susu formula Sisa susu formula yang menempel di lidah bayi
Dehidrasi Bayi yang tidak minum cukup air
Infeksi saluran pernapasan Infeksi yang bisa membuat lidah bayi terlihat putih

Dari keempat penyebab di atas, yang paling umum adalah candida atau biasa disebut sebagai jamur mulut. Hal tersebut biasa terjadi pada bayi yang sistem kekebalan tubuhnya masih lemah dan belum terbentuk sempurna.

Cara Menghilangkan Putih di Lidah Bayi

Setelah mengetahui penyebab putih di lidah bayi, kita bisa mencoba beberapa cara untuk menghilangkannya. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan:

1. Membersihkan Lidah Bayi dengan Kapas

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan lidah bayi menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat. Caranya, balut kapas di jari dan gosokkan perlahan ke lidah bayi. Lakukan dengan gerakan melingkar agar putih di lidah bisa terangkat. Setelah selesai, bilas mulut bayi dengan air.

2. Membersihkan Lidah Bayi dengan Larutan Garam

Cara kedua adalah dengan membersihkan lidah bayi menggunakan larutan garam. Caranya, campurkan satu sendok teh garam dengan secangkir air hangat. Kemudian basahi kapas ke dalam larutan tersebut dan gosokkan ke lidah bayi seperti cara pertama. Setelah selesai, bilas mulut bayi dengan air bersih.

3. Membersihkan Lidah Bayi dengan Lidah Kucing

Cara ketiga adalah dengan menggunakan lidah kucing atau lidah buaya. Caranya, potong lidah kucing atau lidah buaya menjadi beberapa bagian kemudian gosokkan ke lidah bayi dengan gerakan melingkar. Hal tersebut bisa membantu membersihkan lidah bayi dan menghilangkan putih di lidah.

4. Memberikan ASI Eksklusif

Jika putih di lidah bayi disebabkan karena sisa susu formula, maka solusinya adalah memberikan ASI eksklusif. ASI tidak hanya lebih sehat dan mengandung nutrisi yang lebih baik bagi bayi, tetapi juga bisa membantu membunuh bakteri candida pada mulut bayi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Gambar Kucing

5. Beri Bayi Banyak Air Putih

Jika putih di lidah bayi disebabkan karena dehidrasi, maka solusinya adalah memberikan bayi banyak air putih. Penting untuk memastikan bayi minum cukup air agar tubuhnya tidak kekurangan cairan dan terhindar dari dehidrasi.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah putih di lidah bayi berbahaya?

Tidak selalu. Putih di lidah bayi bisa terjadi karena beberapa hal seperti bakteri candida atau sisa susu formula. Namun, jika putih di lidah bayi terlalu banyak atau menyebabkan bayi kesulitan makan dan minum, segera konsultasikan ke dokter.

2. Apakah cara menghilangkan putih di lidah bayi aman?

Ya, cara menghilangkan putih di lidah bayi yang telah disebutkan di atas aman dilakukan. Namun, jika putih di lidah bayi tidak hilang atau terus menerus muncul, segera hubungi dokter.

3. Apakah bayi yang sering muncul putih di lidah rentan terhadap infeksi?

Tidak selalu. Namun, jika putih di lidah bayi disertai dengan gejala demam atau susah makan, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Kapan harus menghubungi dokter?

Jika putih di lidah bayi tidak hilang setelah melakukan beberapa cara di atas atau disertai dengan gejala lain seperti demam, susah makan, dan menangis terus-menerus, segera hubungi dokter.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan putih di lidah bayi. Ingat, penting untuk memeriksakan ke dokter jika putih di lidah bayi tidak hilang atau disertai dengan gejala lain yang mencurigakan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Cara Menghilangkan Putih di Lidah Bayi