Cara Menghitung FPB dan KPK

>Hello Sohib EditorOnline! Dalam matematika, kita sering mendengar istilah FPB dan KPK. FPB atau Faktor Persekutuan Terbesar merupakan bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis dua bilangan bulat tersebut. Sedangkan KPK atau Kelipatan Persekutuan Terkecil adalah bilangan bulat positif terkecil yang kelipatan dari dua bilangan bulat tersebut. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari cara menghitung FPB dan KPK dengan mudah. Simak baik-baik yah!

Apa Itu FPB?

FPB atau Faktor Persekutuan Terbesar merupakan bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis dua bilangan bulat tersebut. Dalam matematika, FPB digunakan untuk menemukan bilangan bulat terkecil yang dapat membagi dua bilangan bulat. Dalam hal ini, FPB sering digunakan dalam operasi pecahan, pengurangan pecahan, atau operasi lain yang melibatkan bilangan bulat.

Cara menghitung FPB dapat dilakukan dengan menggunakan metode faktorisasi. Faktorisasi adalah proses menguraikan suatu bilangan menjadi faktor-faktor bilangan yang lebih kecil. Berikut adalah contoh cara menghitung FPB:

Bilangan Faktorisasi
24 2 x 2 x 2 x 3
36 2 x 2 x 3 x 3

Dalam contoh di atas, kita dapat melihat bahwa faktorisasi dari 24 adalah 2 x 2 x 2 x 3, dan faktorisasi dari 36 adalah 2 x 2 x 3 x 3. FPB dari 24 dan 36 adalah hasil perkalian faktor-faktor bilangan yang sama. Dalam hal ini, FPB dari 24 dan 36 adalah 2 x 2 x 3 = 12.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apa itu bilangan bulat?

Bilangan bulat adalah bilangan yang tidak memiliki pecahan atau desimal. Contohnya adalah 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya.

2. Apa itu faktorisasi?

Faktorisasi adalah proses menguraikan suatu bilangan menjadi faktor-faktor bilangan yang lebih kecil. Contohnya, faktorisasi dari 24 adalah 2 x 2 x 2 x 3.

3. Apa fungsi dari FPB?

FPB digunakan untuk menemukan bilangan bulat terkecil yang dapat membagi dua bilangan bulat. FPB sering digunakan dalam operasi pecahan, pengurangan pecahan, atau operasi lain yang melibatkan bilangan bulat.

4. Apa bedanya FPB dan KPK?

FPB merupakan bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis dua bilangan bulat tersebut. Sedangkan KPK merupakan bilangan bulat positif terkecil yang kelipatan dari dua bilangan bulat tersebut.

5. Apa cara mudah untuk menghitung FPB?

Cara mudah untuk menghitung FPB adalah dengan menggunakan metode faktorisasi. Kita dapat menguraikan bilangan menjadi faktor-faktor bilangan yang lebih kecil, lalu mencari faktor yang sama dari kedua bilangan.

Apa Itu KPK?

KPK atau Kelipatan Persekutuan Terkecil adalah bilangan bulat positif terkecil yang kelipatan dari dua bilangan bulat tersebut. Dalam matematika, KPK digunakan untuk menemukan bilangan bulat terkecil yang dapat digunakan untuk mencari hasil perkalian dari dua bilangan bulat. Dalam hal ini, KPK sering digunakan dalam operasi pecahan, penjumlahan pecahan, atau operasi lain yang melibatkan bilangan bulat.

Cara menghitung KPK dapat dilakukan dengan menggunakan metode faktorisasi. Berikut adalah contoh cara menghitung KPK:

TRENDING 🔥  Cara Screen Shot HP Samsung A12
Bilangan Faktorisasi
4 2 x 2
5 5

Dalam contoh di atas, kita dapat melihat bahwa faktorisasi dari 4 adalah 2 x 2, dan faktorisasi dari 5 adalah 5. KPK dari 4 dan 5 adalah hasil perkalian faktor-faktor bilangan yang berbeda. Dalam hal ini, KPK dari 4 dan 5 adalah 2 x 2 x 5 = 20.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apa itu KPK?

KPK atau Kelipatan Persekutuan Terkecil adalah bilangan bulat positif terkecil yang kelipatan dari dua bilangan bulat tersebut. KPK sering digunakan dalam operasi pecahan, penjumlahan pecahan, atau operasi lain yang melibatkan bilangan bulat.

2. Apa cara mudah untuk menghitung KPK?

Cara mudah untuk menghitung KPK adalah dengan menggunakan metode faktorisasi. Kita dapat menguraikan bilangan menjadi faktor-faktor bilangan yang lebih kecil, lalu mencari faktor yang berbeda dari kedua bilangan.

3. Apa bedanya KPK dan FPB?

KPK merupakan bilangan bulat positif terkecil yang kelipatan dari dua bilangan bulat tersebut. Sedangkan FPB merupakan bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis dua bilangan bulat tersebut.

4. Apa fungsi dari KPK?

KPK digunakan untuk menemukan bilangan bulat terkecil yang dapat digunakan untuk mencari hasil perkalian dari dua bilangan bulat. KPK sering digunakan dalam operasi pecahan, penjumlahan pecahan, atau operasi lain yang melibatkan bilangan bulat.

5. Apa itu faktorisasi?

Faktorisasi adalah proses menguraikan suatu bilangan menjadi faktor-faktor bilangan yang lebih kecil.

Kesimpulan

Itulah cara menghitung FPB dan KPK dengan mudah. Dalam matematika, FPB dan KPK sering digunakan dalam operasi pecahan, pengurangan pecahan, penjumlahan pecahan, atau operasi lain yang melibatkan bilangan bulat. Dengan memahami cara menghitung FPB dan KPK, kita dapat menyelesaikan permasalahan matematika dengan lebih mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu!

Cara Menghitung FPB dan KPK