Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja yang Sudah Dibeli

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu sudah membeli kursus pelatihan prakerja? Saat ini, pelatihan prakerja menjadi salah satu opsi untuk meningkatkan keterampilan dan mencari pekerjaan yang lebih baik. Namun, terkadang mengikuti pelatihan prakerja bisa menjadi tantangan tersendiri karena banyaknya persyaratan dan aturan yang harus diikuti. Oleh karena itu, pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengikuti pelatihan prakerja yang sudah dibeli.

1. Apa itu Pelatihan Prakerja

Sebelum masuk ke panduan cara mengikuti pelatihan prakerja, sebaiknya Sohib EditorOnline mengetahui terlebih dahulu apa itu pelatihan prakerja. Pelatihan prakerja adalah program bantuan dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan produktivitas tenaga kerja di Indonesia. Program ini memberikan dana sebesar Rp 3,55 juta untuk mendaftar dan mengikuti pelatihan.

Program ini juga memberikan sertifikat setelah peserta selesai mengikuti pelatihan. Sertifikat ini bisa digunakan sebagai bukti keterampilan yang dimiliki oleh peserta dan menjadi nilai tambah saat mencari pekerjaan.

2. Cara Mendaftar Pelatihan Prakerja

Sebelum mengikuti pelatihan prakerja, Sohib EditorOnline harus mendaftar terlebih dahulu. Berikut adalah cara mendaftar pelatihan prakerja:

Langkah Deskripsi
Langkah 1 Buka situs resmi Pelatihan Prakerja di https://www.prakerja.go.id/.
Langkah 2 Klik tombol “Daftar” dan isi data diri seperti nama, nomor KTP, tanggal lahir, dan alamat email.
Langkah 3 Setelah mengisi data diri, klik tombol “Verifikasi”. Setelah itu, akan muncul kode OTP yang akan dikirimkan ke alamat email yang sudah diisi sebelumnya.
Langkah 4 Masukkan kode OTP yang telah diterima ke dalam kolom yang tersedia. Setelah itu, klik tombol “Verifikasi”.
Langkah 5 Setelah berhasil melakukan verifikasi, Sohib EditorOnline akan mendapatkan halaman dashboard Prakerja. Di halaman ini, klik tombol “Lanjutkan Pendaftaran”.

3. Cara Membeli Kursus Pelatihan Prakerja

Setelah mendaftar, Sohib EditorOnline harus membeli kursus pelatihan prakerja terlebih dahulu sebelum bisa mengikuti pelatihan. Berikut adalah cara membeli kursus pelatihan prakerja:

Langkah Deskripsi
Langkah 1 Login ke halaman dashboard Prakerja.
Langkah 2 Pilih menu “Cari Pelatihan” untuk mencari kursus pelatihan yang diinginkan.
Langkah 3 Pilih kursus pelatihan yang diinginkan dan klik tombol “Beli”. Pastikan Sohib EditorOnline memilih kursus pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan.
Langkah 4 Ikuti proses pembayaran sampai selesai. Setelah selesai, Sohib EditorOnline akan mendapatkan akses ke kursus pelatihan yang sudah dibeli.

4. Cara Mengikuti Kursus Pelatihan Prakerja

Setelah membeli kursus pelatihan prakerja, Sohib EditorOnline bisa langsung mengikuti kursus. Berikut adalah cara mengikuti kursus pelatihan prakerja:

Langkah Deskripsi
Langkah 1 Login ke halaman dashboard Prakerja.
Langkah 2 Pilih menu “Kursus Saya” untuk melihat semua kursus yang sudah dibeli.
Langkah 3 Pilih kursus yang ingin diikuti dan klik tombol “Lanjutkan Belajar”.
Langkah 4 Ikuti semua modul yang tersedia dan selesaikan tugas-tugas yang diberikan. Setelah selesai, Sohib EditorOnline akan mendapatkan sertifikat.
TRENDING 🔥  Cara Rename Zoom di Hp: Panduan Praktis untuk Sohib EditorOnline

5. FAQ

1. Apakah Pelatihan Prakerja Gratis?

Tidak, Pelatihan Prakerja tidak gratis. Program ini memberikan dana sebesar Rp 3,55 juta untuk mendaftar dan mengikuti pelatihan. Namun, peserta diharapkan tidak membayar biaya tambahan apapun selain biaya mengikuti pelatihan.

2. Apakah Sertifikat Pelatihan Prakerja Berlaku di Seluruh Indonesia?

Ya, sertifikat pelatihan prakerja berlaku di seluruh Indonesia. Sertifikat ini dapat digunakan sebagai bukti keterampilan yang dimiliki peserta dan menjadi nilai tambah saat mencari pekerjaan.

3. Apakah Ada Batasan Waktu untuk Mengikuti Pelatihan Prakerja?

Ya, ada batasan waktu untuk mengikuti pelatihan prakerja. Saat ini, peserta diberikan waktu selama 4 bulan untuk menyelesaikan kursus. Namun, jika peserta tidak berhasil menyelesaikan kursus dalam waktu 4 bulan, peserta masih dapat mengajukan perpanjangan waktu selama 2 bulan.

4. Apakah Ada Batasan Jumlah Kursus yang Dapat Dibeli?

Ya, ada batasan jumlah kursus yang dapat dibeli. Saat ini, setiap peserta hanya dapat membeli maksimal 2 kursus pelatihan prakerja. Namun, setelah menyelesaikan 1 kursus, peserta dapat membeli 1 kursus lagi.

5. Bagaimana Jika Saya Tidak Bisa Mengikuti Pelatihan Karena Alasan Tertentu?

Jika Sohib EditorOnline tidak bisa mengikuti pelatihan karena alasan tertentu, seperti sakit atau keperluan mendadak, maka peserta dapat meminta perpanjangan waktu selama 2 bulan. Namun, peserta hanya dapat meminta perpanjangan waktu sekali saja.

Itulah panduan lengkap tentang cara mengikuti pelatihan prakerja yang sudah dibeli. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Sohib EditorOnline dalam meningkatkan keterampilan dan mencari pekerjaan yang lebih baik.

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja yang Sudah Dibeli