Cara Mengirim Lamaran Melalui Email

>Hello Sohib EditorOnline, kita semua tahu bahwa proses mencari pekerjaan tidaklah mudah. Pendaftaran pekerjaan yang dilakukan secara online merupakan suatu hal yang umum dilakukan sekarang ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengirim lamaran pekerjaan melalui email dengan benar.

Persiapan

Sebelum mengirim lamaran pekerjaan melalui email, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan:

1. Siapkan CV dan Surat Lamaran dalam Bentuk File

Satu-satunya cara untuk mengirim lamaran pekerjaan melalui email adalah dengan menyertakan file CV dan surat lamaran pekerjaan. Pastikan file yang diupload sudah dalam format yang tepat seperti PDF atau docx dan memiliki ukuran file yang cukup kecil agar mudah terkirim.

2. Tentukan Alamat Email Tujuan

Sebelum mengirimkan email, pastikan alamat email yang dituju adalah alamat yang benar dan valid. Hal ini akan mempermudah proses penerimaan lamaran pekerjaan oleh perusahaan yang dituju.

3. Periksa Kembali Isi CV dan Surat Lamaran

Sebelum mengirim lamaran pekerjaan melalui email, pastikan bahwa isi dari CV dan surat lamaran pekerjaan sudah benar dan tidak ada kesalahan dalam penulisan. Pastikan juga CV dan surat lamaran sudah sesuai dengan posisi pekerjaan yang sedang dibuka.

4. Tentukan Subjek Email

Subjek email adalah bagian penting dalam pengiriman lamaran pekerjaan melalui email. Pastikan subjek email yang ditulis jelas dan mudah dipahami agar tidak tercampur dengan email yang lain.

Pengiriman Lamaran

Setelah persiapan dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah mengirimkan email dengan attachment CV dan surat lamaran pekerjaan. Berikut adalah langkah-langkah pengiriman lamaran pekerjaan melalui email:

1. Tulis Isi Email dengan Tepat

Sebelum memasukkan attachment CV dan surat lamaran, pastikan isi email yang ditulis sesuai dengan etika bisnis yang baik dan benar. Jangan menggunakan bahasa yang tidak sopan dan jangan menyinggung agama, suku, ras, dan jenis kelamin.

2. Sertakan Attachment CV dan Surat Lamaran

Setelah menuliskan isi email, langkah selanjutnya adalah menyertakan attachment CV dan surat lamaran pekerjaan. Pastikan kedua file tersebut sudah dalam format yang benar dan ukuran file yang cukup kecil agar mudah terkirim. Jangan lupa memberikan nama file yang jelas dan sesuai dengan isi CV dan surat lamaran.

3. Periksa Kembali Email

Sebelum mengirim email, pastikan kembali bahwa isi email dan attachment sudah benar dan tidak ada kesalahan penulisan atau kesalahan file. Jangan lupa untuk mencatat alamat email tujuan dan subjek email yang telah ditentukan.

TRENDING 🔥  Cara Menurunkan Cahaya Komputer

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah perlu menyertakan foto dalam CV? Tidak perlu menyertakan foto dalam CV kecuali diminta oleh perusahaan yang dituju.
2. Apakah perlu mencantumkan riwayat hidup dalam CV? Tidak perlu mencantumkan riwayat hidup dalam CV kecuali diminta oleh perusahaan yang dituju.
3. Apa yang harus dilakukan jika lamaran pekerjaan tidak mendapatkan respons dari perusahaan yang dituju? Anda bisa menunggu beberapa waktu atau menghubungi perusahaan melalui email atau telepon untuk menanyakan status lamaran yang telah dikirim.
4. Apakah boleh mencantumkan penghasilan yang diinginkan dalam surat lamaran? Sebaiknya tidak mencantumkan penghasilan yang diinginkan dalam surat lamaran kecuali diminta oleh perusahaan yang dituju.
5. Apakah boleh mengirimkan lamaran pekerjaan pada jam-jam yang tidak biasa? Tidak ada batasan waktu untuk mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email, namun sebaiknya dikirimkan pada jam kerja.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips dan cara mengirim lamaran pekerjaan melalui email yang benar. Jangan lupa untuk selalu melakukan persiapan dengan baik, menuliskan isi email dengan tepat, serta melampirkan attachment CV dan surat lamaran dengan benar. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam mencari pekerjaan!

Cara Mengirim Lamaran Melalui Email