Cara Mengirim Surat Lamaran Melalui Email

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu sedang mencari tips untuk mengirim surat lamaran melalui email? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini saya akan memberikan 20 langkah yang mudah dan jelas tentang cara mengirim surat lamaran melalui email. Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

1. Perhatikan Format Email

Sebelum kamu memulai mengirim surat lamaran melalui email, pastikan kamu memperhatikan format email dengan baik. Usahakan untuk menggunakan font yang mudah dibaca dan tidak terlalu kecil. Format surat lamaran melalui email yang baik akan memudahkan pihak perusahaan dalam membaca dan memahami isi surat lamaranmu.

Selain itu, usahakan untuk menggunakan format file yang umum digunakan seperti .pdf atau .docx. Hal ini akan memudahkan pihak perusahaan dalam membuka dan membaca surat lamaranmu dan juga bisa menjaga format surat agar tidak berubah ketika dibuka di email penerima.

Jangan lupa untuk menambahkan subject email yang jelas agar pihak perusahaan bisa dengan mudah mengenali isi emailmu. Usahakan untuk menuliskan nama lengkapmu dan posisi yang kamu lamar sebagai subject email. Contohnya: “Lamaran Pekerjaan – Nama Lengkap – Posisi Marketing”.

2. Perhatikan Isi Surat Lamaran

Isi surat lamaranmu harus jelas dan mudah dimengerti oleh pihak perusahaan. Usahakan untuk memperhatikan hal-hal berikut:

3.1 Profil Diri

Sebelum memulai menulis surat lamaran, tuliskanlah profil dirimu dengan singkat dan jelas. Tuliskan nama lengkapmu, alamat, nomor telepon, dan email yang bisa dihubungi. Hal ini memudahkan pihak perusahaan untuk menghubungi kamu jika ada hal yang perlu ditanyakan.

3.2 Tujuan Lamaran

Tuliskan tujuan lamaranmu secara jelas dan terperinci. Sebutkan posisi yang kamu lamar dan kenapa kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini akan menunjukkan keseriusanmu dalam melamar pekerjaan.

3.3 Pendidikan dan Pengalaman Kerja

Tuliskan pendidikanmu serta pengalaman kerjamu secara terperinci. Sebutkan nama institusi pendidikanmu, jurusan, dan tahun lulus. Kemudian, tuliskan pengalaman kerjamu, termasuk jabatanmu, nama perusahaan, dan lamanya bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi yang kamu lamar.

3.4 Keahlian

Sebutkan keahlianmu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jika kamu memiliki sertifikasi atau pelatihan tertentu yang berkaitan dengan posisi tersebut, sebutkan juga. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

4. Buat Surat Lamaran dengan Bahasa yang Baik dan Benar

Perhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam surat lamaranmu. Jangan gunakan bahasa yang terlalu formal atau bahasa yang terlalu santai, cukup gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti. Selain itu, perhatikan juga tata bahasa dan pengejaan kata agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

5. Jangan Mengirim Surat Lamaran ke Banyak Perusahaan Sekaligus

Jangan mengirim surat lamaran ke banyak perusahaan secara bersamaan. Lebih baik kamu fokus mengirimkan surat lamaran ke beberapa perusahaan yang kamu anggap cocok dengan kualifikasi dan minatmu. Hal ini akan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

TRENDING 🔥  Cara Memainkan Terompet

6. Gunakan Alamat Email yang Profesional

Jangan gunakan alamat email yang tidak profesional saat mengirim surat lamaran. Lebih baik kamu menggunakan alamat email yang terkesan profesional dan mudah diingat oleh pihak perusahaan. Hindari menggunakan alamat email yang terlalu personal seperti alamat email yang berisi nama hewan peliharaan atau nama panggilanmu.

7. Jangan Menggunakan Bahasa yang Kurang Tepat atau Kasar

Jangan menggunakan bahasa yang kurang tepat atau kasar dalam surat lamaranmu. Hindari menggunakan bahasa yang mengandung unsur SARA atau bahasa yang terlalu kasar. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu tidak memiliki etika dan sopan santun dalam berbicara.

8. Cantumkan Lampiran yang Diperlukan

Perhatikan lampiran yang diperlukan dalam surat lamaranmu. Jangan lupa untuk mencantumkan CV, sertifikat, atau dokumen penting lainnya yang bisa mendukung lamaranmu. Lampiran yang terlalu banyak bisa membuat pihak perusahaan malas membaca surat lamaranmu, jadi cantumkan hanya lampiran yang penting dan relevan.

9. Jangan Terlalu Panjang

Hindari membuat surat lamaran yang terlalu panjang. Usahakan untuk membuat surat lamaranmu singkat, padat, dan jelas. Usahakan untuk hanya mencantumkan informasi yang relevan dan penting saja.

10. Perhatikan Keselarasan Surat Lamaran dengan Posisi yang Dilamar

Perhatikan keselarasan antara isi surat lamaranmu dengan posisi yang kamu lamar. Pastikan bahwa surat lamaranmu menunjukkan bahwa kamu memiliki kualifikasi dan minat yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

11. Revisi dan Perbaiki

Setelah menulis surat lamaranmu, revisi dan perbaiki surat lamaranmu dengan baik. Mintalah saran dari orang lain atau temanmu untuk memperbaiki surat lamaranmu. Hal ini akan membantu kamu dalam memperbaiki surat lamaranmu agar lebih baik dan mudah dimengerti oleh pihak perusahaan.

12. Jangan Lupa Tanda Tangan

Jangan lupa untuk menandatangani surat lamaranmu di bagian akhir surat. Tanda tanganmu akan menunjukkan bahwa surat lamaranmu adalah hasil dari usaha dan keseriusanmu dalam melamar pekerjaan tersebut.

13. Kirimkan Surat Lamaran pada Waktu yang Tepat

Kirimkan surat lamaranmu pada waktu yang tepat. Usahakan untuk mengirimkan surat lamaranmu pada hari dan waktu kerja agar pihak perusahaan bisa dengan mudah membaca dan memproses surat lamaranmu.

14. Perhatikan Kebenaran Alamat Email Penerima

Perhatikan kebenaran alamat email penerima surat lamaranmu. Pastikan bahwa alamat email yang kamu gunakan benar dan tepat sehingga surat lamaranmu bisa sampai ke pihak perusahaan dengan baik dan tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman email.

15. Jangan Mengirim Email Berulang-ulang

Jangan mengirimkan email surat lamaranmu berulang-ulang ke pihak perusahaan. Hal ini bisa membuat pihak perusahaan terganggu dan merasa tidak nyaman denganmu. Kirimkan surat lamaranmu hanya satu kali, atau jika kamu mengirimkan email reminder, tunggu beberapa hari sebelum mengirimkannya kembali.

16. Cantumkan Penghargaan pada Akhir Surat Lamaran

Cantumkan penghargaan pada akhir surat lamaranmu. Ucapkan terima kasih atas waktu dan perhatian pihak perusahaan dalam membaca surat lamaranmu. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu memiliki etika yang baik dan menghargai pihak perusahaan.

17. Tunggu Jawaban dari Pihak Perusahaan

Tunggu dengan sabar jawaban dari pihak perusahaan. Jangan mengirim email bertanya tentang hasil dari lamaranmu terlalu sering. Berikan waktu bagi pihak perusahaan untuk memproses lamaranmu dan memberikan jawaban.

18. Jangan Pernah Menyerah

Jangan pernah menyerah dalam mencari pekerjaan. Jika kamu tidak mendapatkan jawaban positif dari satu perusahaan, teruslah mencari di perusahaan lain. Jangan biarkan kegagalan menghalangimu untuk mencapai tujuanmu.

19. FAQ

1 Apakah surat lamaran melalui email lebih efektif dari pada surat lamaran cetak?
Jawaban: Surat lamaran melalui email lebih efektif karena lebih cepat dan mudah diakses oleh pihak perusahaan.
2 Haruskah saya mencantumkan foto dalam surat lamaran melalui email?
Jawaban: Tidak perlu mencantumkan foto dalam surat lamaran melalui email kecuali diminta oleh pihak perusahaan.
3 Bagaimana jika saya tidak memiliki pengalaman kerja?
Jawaban: Jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja, usahakan untuk mencantumkan keahlian dan prestasi yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.
4 Apakah saya perlu menuliskan riwayat hidup dalam surat lamaran melalui email?
Jawaban: Tidak perlu menuliskan riwayat hidup dalam surat lamaran melalui email kecuali diminta oleh pihak perusahaan.
5 Haruskah saya mencantumkan referensi dalam surat lamaran melalui email?
Jawaban: Tidak perlu mencantumkan referensi dalam surat lamaran melalui email kecuali diminta oleh pihak perusahaan.
TRENDING 🔥  Cara Mengatur Margin di Word

20. Kesimpulan

Dalam mengirim surat lamaran melalui email, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti format email, isi surat lamaran, bahasa yang baik dan benar, serta pengiriman email pada waktu yang tepat. Dengan mengikuti panduan dalam artikel ini, kamu bisa meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Jangan pernah menyerah dalam mencari pekerjaan dan teruslah berusaha mencapai tujuanmu. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Cara Mengirim Surat Lamaran Melalui Email